Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

5 Brand yang Berkolaborasi dengan Artis, Tertarik Mencoba?

by Lakuuu - 12 April 2022

5-brand-yang-berkolaborasi-dengan-artis-tertarik-mencoba
Source: cewekbanget.grid.id


Banyak bermunculan brand yang berkolaborasi dengan artis, selebgram, hingga influencer ternama, dan hal ini tidak dapat dihindari. Seiring persaingan antar merk di Indonesia yang semakin sengit, inovasi sangat diperlukan.

Salah satunya adalah co-branding, yaitu sebuah konsep untuk menaikkan nama jasa atau produk melalui proyek-proyek kolaborasi tertentu. Perusahaan bisa menggandeng siapa saja, asalkan dapat menghasilkan return berupa keuntungan lebih banyak.

Saat ini banyak sekali perusahaan melakukan strategi co-branding dengan memanfaatkan apa yang sedang dicari dan populer. Mulai bidang industri makanan, peralatan elektronik, hingga produk kecantikan semuanya melakukan ini.

Bahkan start-up unicorn seperti Tokopedia juga melakukan co-branding bersama berbagai bintang K-Pop agar lebih dikenal dan digunakan banyak orang. Strategi ini bukan hanya sekadar ikut-ikutan tren, namun ada alasan kuat.

Make Up Brand yang Berkolaborasi dengan Artis


Apa rasanya jika melihat artis idola ternyata melakukan kolaborasi bersama brand ternama? Pasti ingin segera mencoba produk tersebut bukan, karena saat ini produk lokal sedang hype, siapa saja artis tersebut?

1.  Bunga Citra Lestari X EQSA

Bunga Citra Lestari menjadi salah satu penyanyi dan aktris terpopuler di Indonesia, pada tahun 2018 silam, BCL sempat melakukan sebuah collab dengan ESQA. Merk kosmetik ESQA meluncurkan lipstik ketika itu.

Hasilnya adalah launching 3 varian warna gloss lip liquid, BCL merasa senang karena bisa melakukan kolaborasi. ESQA diketahui memiliki tekstur sesuai dengan bibir, sudah bersertifikat halal, serta vegan.

2.  Putri Marino X Rollover Reaction

Aktris cantik Putri Marino digandeng oleh Rollover Reaction, meskipun namanya cenderung ke barat-baratan, namun merk ini adalah produk lokal. Kolaborasi keduanya diberi nama Kala Senja, menghasilkan produk cantik.

Varian warna dalam project ini adalah Kala, perpaduan nude brown dengan hint orange, serta Senja, sebuah warna deep terracota red. Terinspirasi dari matahari terbenam dan dikombinasikan dengan kecantikan wanita Indonesia.

3.  Chaty Sharon X URBANLIPS

Artis cantik Chaty Sharon pada tahun 2017 lalu melakukan sebuah proyek kolab dengan merk kosmetik lokal URBANLIPS. Proyek ini terinspirasi dari keindahan batik mega mendung, yang terlihat dari kemasan produk.

4.  Eva Celia X BLP

Artis muda Eva Celia bersama BLP (By Lizzie Parra) serta Duma Official melakukan kolaborasi untuk menyambut datangnya hari kasih sayang, valentine. Eva Celia menjadi creative collaborator pada proyek tersebut.

5.  Vanesha Priscilla X Y.O.U Cosmetics

Siapa yang tidak tahu film remaja, Dilan 1990? Aktris cantik Vanesha Priscilla sebagai lawan main Iqbal CJR digandeng oleh Y.O.U untuk merilis produk make up modern pada tahun 2018 lalu.

Brand yang Berkolaborasi dengan K-Pop Star


Somethinc, salah satu merk perawatan wajah lokal terpopuler saat ini menghebohkan dunia per-skincare-an dengan proyek kolaborasi terbarunya. Top 50 brand Indonesia ini didirikan oleh Irene Ursula.

Somethinc berhasil menempati jajaran teratas dengan hashtag views 57,3 juta kali di platform TikTok berdasarkan data tanggal 30 Desember 2021. Awal ketenaran muncul ketika berhasil menyediakan solusi kulit wanita Indonesia.

Popularitasnya semakin memuncak setelah melakukan beberapa kali kolaborasi bersama para influencer, selebgram, bahkan artis ternama. Kini beredar kabar bahwa merk lokal ini juga akan menggaet bintang K-Pop.

NCT Dream, salah satu K-Pop Band asal Korea Selatan memang tengah naik daun dengan deretan prestasinya. NCT Dream dikabarkan akan menciptakan kombinasi sempurna dengan produk perawatan wajah Somethinc.

Brand yang berkolaborasi mulai ramai dibicarakan oleh NCTzen, sebutan fans NCT, setelah mengetahui clue di akun media sosial Somethinc. Clue tersebut berupa suara dari beberapa anggota member K-Pop, NCT Dream.

Sementara itu, masih dari produk buatan lokal, Scarlett Whitening juga sebelumnya telah meluncurkan proyek kolaborasi dengan Twice. Girl group Twice merupakan salah satu K-Pop Band dengan popularitas nomor satu dunia.

Awalnya muncul dengan menawarkan produk whitening body lotion, scrub, juga sabun mandi, kini Scarlett juga menambahkan produk perawatan wajah. Rangkaian skincare terbaru yang rilis adalah essence toner.

Menggandeng Twice sebagai Brand Ambassador, media sosial dibanjiri foto anggota girl group tersebut. Jika sedang menonton YouTube, Sobat Lakuuu juga pasti akan melihat iklan Scarlett X Twice bertebaran.

Fenomena menggandeng bintang K-Pop sebagai brand ambassador memang saat ini tengah gencar dilakukan berbagai merk lokal. Tujuannya tidak lain adalah meraih audiens dan pasar lebih luas lagi.


Brand yang Berkolaborasi dengan Nama Besar, Untungnya Apa?


Berdasarkan The Branding Journal, ada beberapa kelebihan yang akan diperoleh sebuah merek ketika memutuskan akan melakukan strategi co-branding. Produk tersebut akan menarik perhatian konsumen loyal dan konsumen baru.

Ketika dilakukan dengan tepat, strategis, serta efektif, maka brand recognition juga akan meningkat. Merk tersebut akan memperoleh prestise, respect, serta kredibilitas ketika berani melakukan strategi ini.

Co-branding ternyata juga bisa menghemat pengeluaran ketika ingin meluncurkan produk baru, karena konsumen sudah mengetahui bahwa produk tersebut digunakan nama besar. Melalui brand yang berkolaborasi, adalah seperti menebarkan bibit loyalitas.
Bagikan artikel

Artikel Terkait

endorsement-dan-paid-promote
Insight
Pengaruh Endorsement dan Paid Promote Terhadap Kenaikan Profit Bisnis
Bisnis menjadi bidang paling luas yang diciptakan manusia untuk meraup untung dalam waktu ...
game-gratis
Inspirasi
7 Game Gratis Yang Bisa Kamu Mainkan Bareng Temen #dirumahaja
Dengan memanfaatkan perkembangan digital yang semakin hari semakin beragam. Permainan yang bisa kita akses melalui ...
memilih-selebgram-untuk-endorse
Insight
Langkah Tepat Memilih Selebgram untuk Endorse Produkmu!
Dalam memasarkan sebuah produk, kebanyakan pelaku bisnis lebih memilih menggandeng beberapa selebgram untuk ...
hidup-sederhana-dan-bahagia
Inspirasi
Inilah 5 Cara Agar Dapat Hidup Sederhana dan Bahagia
Untuk hidup bahagia memang tak selalu dapat diukur dengan kekayaan yang melimpah. Namun, tak ada salahnya jika ...