Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

5 Pilihan Pekerjaan untuk Orang Kreatif di Tahun 2022

by Lakuuu 17 April 2022

5-pilihan-pekerjaan-untuk-orang-kreatif-di-tahun-2022

Melakukan pekerjaan untuk orang kreatif harus disertai dengan passion dan bakat penunjang, sehingga satu per satu tugas bisa terselesaikan. Melakukan sesuatu yang kurang disukai akan sangat mempengaruhi mood.

Karier merupakan bagian dari kehidupan manusia, oleh karena itu sangat penting menentukannya sesuai keinginan. Tidak mungkin juga manusia mampu membawa beban berat melakukan sesuatu yang dibencinya.

Jika Sobat Lakuuu termasuk orang-orang kreatif, serta perlu menyalurkan pemikiran dengan ekspresif, maka rekomendasi di bawah akan sangat membantu. Pertimbangkan pilihan agar tidak menyesal di masa depan.

Dengan menentukan pilihan secara tepat, maka karier di masa depan bisa terjamin dan stabil sesuai usaha. Ketika sudah cocok, maka apapun rintangannya pasti akan dilalui dengan mudah dan percaya diri.

Pekerjaan untuk Orang Kreatif di Bidang Desain


Menurut penelitian Business Insider, terdapat beberapa pilihan karier bagi orang kreatif yang menghasilkan gaji fantastis. Mungkin opsi ini akan membantu Sobat Lakuuu untuk menentukan jalan kehidupan di masa depan.

1.  Desain Interior

Profesi ini membutuhkan kemampuan berpikir kreatif sebesar 97 dari 100, karena melakukan perancangan interior. Selain itu juga menyediakan kebutuhan untuk bagian dalam tempat tinggal, serta berbagai bangunan lain.

Profesi ini menentukan gelar lebih tinggi, yaitu lulusan S1 bidang desain interior, arsitek, hingga jurusan lain. Tidak hanya gelar, namun keterampilan menguasai software seperti AutoCAD, juga dibutuhkan.

2.  Perancang Pameran dan Event Digital

Membutuhkan kemampuan creative sebesar 97 dari 100, mengatur serta memamerkan film, set televisi, teater, bahkan pameran khusus lain. Seiring berkembangnya dunia digital, profesi ini menuntut penggunaan teknologi canggih.

3.  Teknolog atau Desainer Instruksional

Pekerjaan seorang teknolog adalah merancang ulang berbagai program berbasis teknologi untuk mengembangkan produk instruksional serta bahan ajar. Tentunya sesuai dengan kebutuhan serta tujuan pembelajaran di sekolah.

Keberadaan profesi ini sangat berperan penting dalam proses belajar mengajar, sehingga para peserta didik bisa memahami substansi. Diperlukan kemampuan creative thinking sebesar 94 dari 100.

4.  Arsitek Landscape

Profesi ini tugasnya adalah merencanakan serta merancang lahan untuk kepentingan pembuatan taman bandara, jalan raya, sekolah, rumah sakit, dan sebagainya. Sehingga diperlukan tingkat pemikiran sebesar 95 dari 100.

Jika merancang dilakukan sembarangan, maka rancangan tersebut tidak bisa direalisasikan menjadi bentuk nyata. Oleh karena itu, dalam prosesnya Sobat Lakuuu perlu mempertimbangkan berbagai hal sebagai pendukung.

5.  Guru Arsitektur

Hampir sama seperti seorang arsitektur, profesi ini membagikan ilmu tentang arsitektur secara umum. Mencari serta menemukan cara unik dan inovatif untuk membantu para siswa adalah tugas paling utama.

Pekerjaan untuk Orang Kreatif di Creative Industry


Bagi Sobat Lakuuu yang lelah dengan dunia eksak seperti matematika serta lebih menyukai proses berpikir secara kreatif, rekomendasi berikut akan membantu. Ekspresikan diri melalui profesi pilihan di bawah ini.

1.  Art Director

Art director merupakan salah profesi populer saat ini, tugasnya adalah menjembatani klien, tim desainer, serta pekerja lainnya. Art director bertugas untuk membuat sebuah karya menarik tanpa melewatkan detail apapun.

Art director juga menentukan cara terbaik menampilkan konsep secara visual, serta menentukan elemen desain pendukung dalam karya. Profesi ini mengharuskan membuat tampilan dari berbagai karya visual.

2.  Creative Director

Creative director menempati jabatan di atas art director, pekerjaannya lebih kepada eksekutif. Seorang creative director merupakan rantai paling akhir, berperan penting dalam penentuan apakah produksi sudah sesuai.

Apabila Sobat Lakuuu mempunyai background di dunia desain, komunikasi, advertising, hingga seni, profesi ini mungkin cocok. Tidak ada salahnya mencoba sesuatu yang baru dan membutuhkan kemampuan khusus.

3.  Writer

Menjadi penulis merupakan pekerjaan untuk orang kreatif dan menjanjikan di masa depan, Sobat Lakuuu bisa memilih ingin menjadi penulis buku atau content writer. Banyak opsi terbuka luas di dunia penulisan.

Ada juga karier sebagai copywriter, tugasnya adalah membuat sebuah tulisan menarik untuk iklan atau kepentingan lain. Jika merasa pintar merangkai kata sampai menjadikannya menarik, boleh dicoba saja.

4.  Content Creator

Content creator sedang diminati di creative industry, tanggung jawabnya adalah pembuatan konten untuk kepentingan dunia digital. Contoh paling banyak ditemui adalah menjadi YouTuber, dengan keahlian berbagai bidang tertentu.

5.  Voice Over Artist

Untuk menekuni profesi sebagai voice over artist, maka Sobat Lakuuu wajib mengetahui penggunaan intonasi tertentu serta menyesuaikan dengan karakter. Voice over dperlukan untuk mengisi suara kartun, iklan, hingga animasi.

Pekerjaan untuk Orang Kreatif Ternyata Bermanfaat


Berpikir secara kreatif akan membuat seseorang terus mencari alternatif dalam menyelesaikan tugas, tanggung jawab, masalah, hingga menentukan sebuah konsep. Serta banyak manfaat lain yang akan didapatkan.

Berpikir dengan menggunakan kreativitas juga membuat seseorang menjadi lebih tenang terbukti mengurangi stres. Masalah akan menjadi cepat selesai dengan ide-ide baru, segar, dan inovatif, tanpa harus bersusah payah.

Tanpa kemauan dan kerja keras, potensi dalam diri seseorang akan menjadi sia-sia dan tidak bermanfaat bagi sekitar. Pekerjaan untuk orang kreatif di atas adalah pilihan terbaik serta layak dibuktikan sendiri.