Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

Alasan Mengapa Produkmu Tidak Dilirik?

by Lakuuu Team Updated at 5 October 2022

alasan-produkmu-tidak-dilirik
Mendirikan bisnis sendiri itu tidak semudah seperti orang-orang di luaran sana, tetap saja banyak tantangan yang datang. Salah satunya adalah produk jarang atau bahkan tak dilirik sama sekali oleh para target pasar. Padahal cara memasarkan produk sudah maksimal tetapi tetap saja tidak bisa menarik hati konsumen.

Alasan Mengapa Produkmu Tidak Dilirik

Lalu, apa yang membuat produk menjadi tidak dilirik oleh para masyarakat? Jawabannya ada di sini:

1. Pemasaran yang Kurang Maksimal

Pertama, cara memasarkan produk masih kurang maksimal. Aku sudah bayar agensi iklan mahal-mahal tapi produk tetap tidak dilirik.

Tunggu dulu, sebenarnya untuk melakukan pemasaran bukan hanya terikat oleh mahal atau tidaknya agensi yang digunakan. Lalu apa? Sobat Lakuuu harus melihat di mana peluang untuk melakukan promosi.

Contohnya? Sobat Lakuuu bisa menggunakan iklan yang disediakan oleh media sosial di mana harganya bisa disesuaikan dengan budget tetapi lebih tepat sasaran. Tak perlu memasang iklan di billboard karena itu sudah kurang begitu efektif.

2. Pemasaran Kurang Menarik

Selain pemasaran yang kurang maksimal, konten pemasaran yang kurang menarik juga menjadi faktor utama. Lihatlah iklan-iklan jaman sekarang di mana kontennya bermacam-macam dan sangat menarik.

Ada konten berupa tulisan, foto, video, dan lainnya dengan kualitas yang bagus. Sobat Lakuuu harus memaksimalkannya agar tidak ketinggalan dam kalah dengan yang lain.

3. Produk Kurang Berkualitas

Selain karena pemasaran, masalah produk yang kurang berkualitas juga menjadi penyebab utama. Masyarakat kini sangat waspada dalam memilih produk di mana mereka hanya akan menerima barang dengan kualitas baik. Jika kualitasnya masih di bawah standar tentu tak akan dilirik sama sekali.

4. Harga Produk Terlalu Mahal

Liciknya dunia bisnis adalah masyarakat ingin barang yang berkualitas tetapi harganya juga tak mau mahal. Bagaimana caranya membuat produk murah tapi tetap berkualitas?

Tak perlu menurunkan harga, gunakan metode diskon, cashback, hadiah menarik, kupon undian, dan lain sebagainya. Itu semua akan meruntuhkan harganya yang mahal karena tertarik dengan promo yang diadakan.

5. Produk Tidak Menarik

Selain karena harga, tampilan produk yang kurang menarik juga menjadi masalah utama. Produk dengan tampilan yang biasa-biasa saja tentunya akan semakin tergerus dengan produk yang tampilannya luar biasa. Ya, tak perlu dipungkiri bahwa kini masih banyak masyarakat yang menilai semua hal dari tampilan luarnya saja.

6. Kemasan Produk Seadanya

Nah, selanjutnya ini adalah yang sering kali diabaikan oleh para pebisnis. Ya, kemasan produknya masih tidak diperhatikan.

Padahal penting sekali memperhatikan kemasan karena memberikan keamanan pada produk sekaligus meningkatkan nilai jual. Jika Sobat Lakuuu menggunakan kemasan produk seadanya di zaman sekarang, siap-siap saja tergerus oleh zaman.

7. Produk Terlalu Mainstream

Terakhir adalah karena produk yang masih terlalu mainstream dan banyak yang menjual. Jika memang terpaksa menjual produk yang juga banyak dijual perusahaan lain maka buatlah ciri khas.

Apa yang membuat produkmu unggul dan pantas untuk dibeli dibandingkan produk lainnya yang serupa? Sobat Lakuuu harus menonjolkannya agar calon pelanggan pun lebih mudah memutuskannya.

Itulah beberapa alasan mengapa produkmu tak dilirik oleh target pasar. Dengan penjelasan di atas maka Sobat Lakuuu harus melakukan modifikasi produk, memberikan kemasan yang terbaik, serta memperbarui cara memasarkan produk kepada pelanggan. Semoga informasi di atas dapat membuka pikiran kita untuk selalu maju dan terus meningkatkan kepuasan pelanggan agar bisa sukses.