Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

Apa Itu Search Intent?

by Lakuuu Team Updated at 5 October 2022

apa-itu-search-intent
Search intent merupakan maksud atau tujuan yang ingin dicapai oleh pengguna internet terutama para pebisnis atau pengusaha untuk melakukan penelusuran keyword. Dalam dunia digital marketing, keberadaan search intent penting adanya dalam menentukan keyword paling relevan dalam pencarian. Dengan begitu barang yang Sobat Lakuuu jual akan lebih mudah tampil dihalaman pertama google dan jumlah orang yang mengunjunginya semakin besar.
 
Ketika akn mencari apapun di google, setiap orang tentu memiliki informasi tertentu yang ingin ditemukan. Meksi keyword yang digunakan hampir sama tetapi hal tersebut tetap memiliki perbedaan. Misalnya terdapat dua keyword “aksesoris mobil avanza” dan “beli aksesoris mobil avanza”. Maka kedua keyword tersebut akan menghasilkan pencarian yang berbeda.

Jenis-Jenis Search Intent

Itulah yang dimaksud dengan search intent. Dimana meski kata kunci yang Sobat Lakuuu masukkan hampir sama atau mirip. Namun tujuan serta hasil dari penggunaan keyword tersebut berbeda-beda. Berikut ini beberapa jenis search intent:

  • Informational

Jenis Search Intent yang pertama adalah informational. Dilansir dari Ypast, bahwasanya search intent informational merupakan pencarian yang digunakan untuk memperoleh jawaban. Sebelum memperoleh jawaban tentunya Sobat Lakuuu harus mengetahui terlebih dahulu apa pertanyaan yang jawabannya ingin Sobat Lakuuu ketahui.

Misalnya saja ketika Sobat Lakuuu mengetik "arti SEO" pada halaman pencarian Google. Itu artinya Sobat Lakuuu sedang mencari informasi seputar teknik SEO. Penelusuran tersebut dapat dikatakan sebagai jenis search intent informational.

  • Transaksional

Dalam dunia digital marketing, jenis search intent selanutnya yang dikenal adalah transacsional. Secara sederhana search intent ini merupakan pencarian yang lebih mengarah pada tindakan jual beli.

Singkatnya para konsumen akan melakukan penelusuran pada halaman search engine, untuk mengetahui atau membeli suatu produk. Misalnya saja Sobat Lakuuu mengetik "beli mobil murah Surabaya". Maka informasi yang akan Sobat Lakuuu peroleh berupa informasi yang berkaitan dengan tempat untuk membeli mobil murah di Surabaya.

  • Navigational

Sobat Lakuuu tentu pernah ingin mengunjungi suatu halaman blog atau website. Namun karena lupa atau tidak tahu nama domain website tersebut. Sobat Lakuuu memutuskan untuk menuliskan nama brand pada search engine Google. Misalnya jika Sobat Lakuuu akan mencari merpati website namun tidak mengetahui  URL nya secara lengkap. Maka Sobat Lakuuu memutuskan untuk mengetiknya di search engine.

Dalam salah satu ulasan dari Yoast menyebutkan terkait dari search intent untuk kebutuhan digital marketing tersebut. Bahwa jenis navigational ini akan berfungsi secara maksimal jika nama website yang akan dimasukkan tersebut berfungsi dengan baik.

  • Commercial Navigation

Jenis search intent yang terakhir yakni commercial Investigation. Mirip dengan search intent transaksional, pengguna search intent ini mengarah pada tindakan melakukan transaksi jual beli. Namun dalam hal penelusuran mereka lebih berniat dalam mencari perbandingan. Sehingga sebelum memutuskan untuk membeli mereka akan melakukan investigasi pada produk.

Misalnya saat Sobat Lakuuu ingin membeli sebuah ponsel dengan merk X, Maka kemungkinan besarnya Sobat Lakuuu akan melakukan berbagai penelusuran untuk mendapatkan informasi mengenai ponsel tersebut. Mulai dari review para penggunanya, harga, spesifikasi dan lain sebagainya.

Nah itulah beberapa jenis search intent yang perlu Sobat Lakuuu ketahui. Dengan memahami apa itu search intent secara detail, maka Sobat Lakuuu akan lebih mudah dalam membidik para konsumen paling relevan dalam digital marketing. Jika keyword nya sesuai maka bukan mustahil jika toko online Sobat Lakuuu akan tampil di halaman utama google dan mendapatkan banyak pengunjung dan juga pembeli.