Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Tips & Trik

6 Tips Ini Bisa Bantu Atur Keuangan Kamu Lebih Mudah

by Lakuuu 27 October 2021

atur-keuangan-lebih-mudah
Mengatur keuangan merupakan salah satu hal yang penting agar keuangan bisa dikelola dengan baik. Mengatur keuangan juga bisa membuat kondisi finansial semakin membaik. Bagi Sobat Lakuuu yang bingung bagaimana cara mengatur keuangan yang baik, maka berikut dibawah ini adalah tips mengatur keuangan yang bisa Sobat Lakuuu lakukan.

1. Atur kembali anggaran pengeluaran perbulan 

Cara mengatur keuangan pertama yang bisa Sobat Lakuuu lakukan adalah dengan mengatur kembali anggaran pengeluaran per bulan. Karena anggaran yang Sobat Lakuuu buat setiap bulannya sebagai pedoman, belum tentu sesuai dengan kebutuhan maka ada baiknya jika Sobat Lakuuu mengatur kembali anggaran pengeluaran per bulan Sobat Lakuuu. Dengan begini maka Sobat Lakuuu bisa mendapatkan gambaran yang lebih nyata sehingga yang yang Sobat Lakuuu keluarkan bisa sesuai dengan yang sudah direncanakan. 

Mengatur kembali anggaran pengeluaran per bulan memang tidak mudah dan memerlukan kejelian sehingga luangkan waktu Sobat Lakuuu untuk menyusun rencana keuangan perbulan tersebut sehingga Sobat Lakuuu juga bisa menyusun rencana keuangan perbulan dengan tepat. Selanjutnya, Sobat Lakuuu bisa menggunakan anggaran tersebut untuk pedoman anggaran bulan selanjutnya.

2. Dahulukan kebutuhan sehari-hari 

Selanjutnya, apabila Sobat Lakuuu ingin memiliki kondisi finansial yang lebih baik, maka Sobat Lakuuu harus mendahulukan kebutuhan sehari-hari dibandingkan dengan keinginan Sobat Lakuuu semata. Kebutuhan bulanan yang harus Sobat Lakuuu prioritaskan termasuk kebutuhan makanan, minuman, air, internet, listrik, dan biaya transportasi. Jadi, usahakan agar Sobat Lakuuu bisa mendahulukan beberapa kebutuhan pokok di atas, sebelum memenuhi kebutuhan Sobat Lakuuu lainnya. Dengan begini, maka Sobat Lakuuu bisa menghemat uang yang dimiliki tanpa harus mengeluarkannya untuk sesuatu yang tidak penting atau mendesak.

3. Mengikuti gaya hidup yang membuat bisa berhemat 

Beda orang pasti juga akan berbeda pula gaya hidupnya, ada orang yang berhemat, mewah dan banyak pula yang biasa-biasa saja. Nah, apabila Sobat Lakuuu ingin mengatur keuangan maka ada baiknya Sobat Lakuuu mencoba untuk menerapkan gaya hidup yang bisa membuat Sobat Lakuuu menjadi lebih hemat. Misalnya, Sobat Lakuuu bisa mengurangi beberapa pos yang anggarannya terlalu berlebihan kemudian mengalokasikannya pada pos yang anggarannya masih kurang. 

Namun, perlu diingat juga bahwa Sobat Lakuuu haruslah menerapkan gaya hidup hemat sesuai dengan versi Sobat Lakuuu sendiri. Sesuaikanlah hal tersebut dengan total pendapatan serta pengeluaran Sobat Lakuuu dalam satu bulan. Dengan demikian Sobat Lakuuu bisa menentukan pada bagian apa harus berhemat, sehingga penghematan tersebut bisa lebih efektif serta efisien.

4. Ayo menabung 

Tips mengatur keuangan yang bisa Sobat Lakuuu lakukan selanjutnya adalah dengan cara rajin menabung. Menabung adalah salah satu cara terbaik untuk mengumpulkan uang yang bisa Sobat Lakuuu gunakan di kemudian hari. Menabung juga bisa membantu Sobat Lakuuu dalam mewujudkan mimpi serta rencana yang selama ini Sobat Lakuuu miliki seperti membeli rumah, membeli mobil, membeli jam tangan mewah, pergi Umrah, dan juga jalan-jalan keluar negeri. 

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa menabung memang bisa memberikan banyak manfaat bagi Sobat Lakuuu, jadi jangan ragu untuk mulai menabung dari sekarang. Soabt laku bisa mencoba untuk menabung 20% hingga 30% dari total penghasilan Sobat Lakuuu dalam satu bulan. Dengan cara seperti ini maka Sobat Lakuuu bisa lebih mudah memperbaiki kondisi finansial Sobat Lakuuu yang sedang buruk. Menabung memang banyak godaannya, namun dengan niat serta tekad yang kuat pasti Sobat Lakuuu bisa menabung dengan sepenuh hati.

5. Memenuhi kebutuhan dana darurat 

Hal yang tidak terduga-duga bisa kapan saja terjadi, oleh karena itu langkah mengatur keuangan yang bisa Sobat Lakuuu lakukan selanjutnya adalah dengan memenuhi kebutuhan dana darurat. Sehingga, jika suatu saat ada kebutuhan darurat, Sobat Lakuuu tidak perlu menguras isi tabungan Sobat Lakuuu karena sudah ada dana darurat yang siap untuk digunakan. 

Jadi, jangan lupa untuk mengalokasikan dana darurat setiap bulannya sekitar 20% hingga 25% dari total gaji Sobat Lakuuu setiap bulannya. Entah dana darurat tersebut dipakai atau tidak bukanlah hal yang utama, karena yang paling penting Sobat Lakuuu sudah mengalokasikan dana ini sehingga tidak akan mengganggu alokasi dana untuk kebutuhan yang lainnya.

6. Mempersiapkan mental untuk hidup hemat 

Meskipun terlihat sepele, namun Sobat Lakuuu perlu tahu bahwa hidup hemat bukanlah hal yang mudah. Terlebih lagi bagi Sobat Lakuuu yang sudah terbiasa hidup mewah dan serba berkecukupan. Akan tetapi, jika Sobat Lakuuu ingin memiliki kondisi finansial yang lebih baik, maka Sobat Lakuuu harus mencobanya setiap hari agar menjadi terbiasa hidup hemat. Hal ini bisa Sobat Lakuuu mulai dengan cara mengurangi anggaran, setelah itu mulailah juga mengurangi penggunaan credit card dan lain sebagainya. 

Namun, hal penting yang harus Sobat Lakuuu lakukan untuk memulai hidup hemat adalah mempersiapkan mental. Dengan demikian Sobat Lakuuu akan mudah terbiasa nantinya ketika mulai menjalani hidup yang lebih hemat. Apabila Sobat Lakuuu secara konsisten bisa hidup lebih hemat maka kondisi finansial Sobat Lakuuu pun akan bisa menjadi lebih baik. 
Demikianlah beberapa tips mengatur keuangan yang bisa Sobat Lakuuu lakukan. Semoga dengan tips tersebut keuangan Sobat Lakuuu menjadi lebih baik dan teratur sehingga kondisi finansial Sobat Lakuuu pun juga akan jauh semakin membaik.