Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

Ini 5 Daftar Bisnis Rumahan 2021 yang Menguntungkan

by Lakuuu Team Updated at 5 October 2022

bisnis-rumahan-yang-menguntungkan
Pada tahun ini, peluang usaha rumahan tengah marak dan digandrungi oleh berbagai kalangan. Bagaimana tidak? Anda dapat dengan mudah menjalankan bisnis ini dari mana saja dan kapan saja, bahkan dari dalam rumah sekalipun. 
 
Adapun 5 usaha modal kecil berikut bisa menjadi bisnis rumahan yang cukup menjanjikan serta berpotensi mendatangkan keuntungan bagi Anda di tahun 2021.
 
Pada Tahun 2021 Transaksi E-commerce di Indonesia Mengalami Lonjakan, Apa Alasannya?

Sebelum masuk ke dalam topik pembahasan, Anda tentu sudah mengetahui bahwa pada tahun 2019, transaksi pembelian secara online di e-commerce Indonesia mengalami kenaikan.

Lebih lengkap, dikutip dari situs Keuangan Kontan, hingga kuartal I-2021 kegiatan transaksi jual beli di e-commerce telah menembus angka sebesar 548 juta transaksi dengan nominal mencapai Rp 88 triliun.

Kenaikan angka di atas disebabkan bukan tanpa alasan. Hal di atas terjadi dikarenakan adanya pembatasan kegiatan luar ruangan, serta pengetatan protokol kesehatan yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia untuk memerangi kasus baru covid-19.

Dengan demikian, pemanfaatan media online dalam mengembangkan bisnis Anda merupakan langkah yang perlu dipertimbangkan, terutama dalam kondisi seperti sekarang ini.
 
Di samping itu, kehadiran bisnis yang didukung oleh adanya website bisnis mampu menarik lebih banyak pelanggan untuk melakukan transaksi pembelian.
  
Berikut 5 daftar peluang usaha yang menjanjikan dengan modal usaha kecil yang dapat Anda lakukan di tahun 2021.
 
1.   Menjadi Seorang Dropshipper

Photo by Bench Accounting on Unsplash


Salah satu bisnis rumahan tanpa modal yang bisa Anda coba adalah dengan menjadi seorang dropshipper.

Menjadi seorang dropshipper sangatlah mudah. Anda hanya perlu memasarkan atau menjual produk supplier Anda kembali, tanpa mengharuskan Anda untuk membeli atau menyetok produknya terlebih dahulu.
 
Karena Anda bertugas hanya untuk menjual produk kembali, maka pengiriman akan dilakukan oleh pihak supplier dengan meletakkan nama pribadi atau nama toko Anda saat pengirimannya. 
 
Di samping kemudahan di atas, Anda juga dapat menentukan sendiri selisih harga produk sesuai dengan keinginan sebagai keuntungan Anda. 

2.
   Usaha Katering


Bagi Anda yang memiliki hobi dan bakat dibidang kuliner, membuka peluang usaha katering bisa menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan penghasilan di zaman sekarang. 
 
Faktanya, kehadiran pegawai kantoran yang super sibuk dan gaya masyarakat modern yang ingin serba cepat, membuat usaha Anda menjadi sebuah solusi bagi mereka yang menginginkan makanan lezat serta mudah didapat. 
 
Usaha katering juga memiliki potensi besar untuk Anda kembangkan lagi, terutama dalam variasi makanannya. Anda dapat membuat paket makanan khusus untuk diet, pegawai kantoran, ibu hamil, dan lain sebagainya.  
 
Apabila Anda gigih dalam menjalankan usaha katering ini, omset puluhan juta per tahun bukan lagi sebuah mimpi.

3.
   Membuka Bisnis Laundry 


Membuka jasa binatu atau laundry merupakan salah satu usaha yang menguntungkan
 
Bisnis rumahan ini paling banyak dicari dan disukai oleh berbagai kalangan, mengingat Anda cukup membayar sejumlah uang tertentu dan pakaian Anda pun menjadi bersih dan rapi. 
 
Untuk peluang bisnis laundry, modal usaha yang harus dikeluarkan tergantung dengan seberapa besar usaha binatu yang ingin Anda bangun. 
 
Bahkan, kediaman Anda sendiri pun juga bisa menjadi salah satu modal awal untuk memulai usaha laundry. 
 
Agar usaha laundry Anda dapat berkembang, manfaatkanlah jaringan internet untuk menjangkau lebih banyak orang, serta memudahkan pelanggan dalam menghubungi dan menggunakan layanan binatu Anda. 

4.
   Menjadi Seorang Penulis Lepas

Photo by Nick Morrison on Unsplash

 
Peluang usaha yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang gemar menulis dan menginginkan karya-karya nya untuk dipublikasi serta mendapatkan keuntungan.  
 
Anda bisa memulai usaha yang menguntungkan ini dengan mendaftarkan diri ke platform-platform yang dapat membantu Anda untuk mendapatkan projek, serta membebaskan Anda dalam mematok harga sesuai dengan keinginan.

5.
   Menciptakan Kerajinan Tangan

Photo by Annie Spratt on Unsplash

 
Peluang bisnis terakhir yang bisa Anda kerjakan dari rumah adalah membuat kerajinan tangan. Usaha modal kecil ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki keterampilan dalam menciptakan kerajinan yang kreatif serta bernilai tinggi. 
 
Untuk membuat produk yang unik, menarik dan minim modal, Anda dapat mendaur ulang sampah-sampah yang tak terpakai menjadi berbagai produk kerajinan yang memiliki harga jual tinggi, seperti tas, dompet, baju, bahkan celana. 
 
Agar bisnis rumahan Anda berkembang dan mudah ditemukan oleh para pengguna internet, membuat sebuah website bisnis adalah langkah yang bijak untuk dilakukan. 
 
Anda dapat meminta bantuan atau menyewa jasa pembuat website, untuk membantu Anda dalam membuat website jualan yang sesuai dengan keinginan, serta budget yang Anda miliki.
 
Umumnya, mereka menyediakan beragam paket berlangganan yang dilengkapi dengan fitur-fitur menarik sesuai dengan kebutuhan, sehingga dapat memaksimalkan modal usaha bisnis Anda.
 
Bagi Anda yang pemula dan bingung bagaimana cara melakukan promosi, para website builder juga menyediakan konsultasi digital marketing setiap bulannya, sehingga Anda akan mendapatkan lebih banyak ilmu tentang digital marketing untuk mempromosikan bisnis Anda.
 
Itu tadi 5 daftar bisnis rumahan yang bisa Anda kerjakan di tahun 2021 dengan modal kecil namun menjanjikan. Bisnis mana yang sudah Anda jalankan?