Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
UMKM

6 Tips Sukses Mengembangkan Bisnis UMKM Go Digital

by Lakuuu Team - 24 July 2021

bisnis-umkm-go-digital
Kabar bahagia bagi para UMKM yang ingin mengembangkan bisnisnya lebih maju lagi dengan go digital. Sebab, saat ini UMKM bisa mengenalkan usahanya secara lebih global dengan Go digital. Banyak kemudahan juga yang akan didapatkan, seperti transaksi dalam waktu yang cepat, serta gampang mendapatkan konsumen dan lainnya.

Mengembangkan bisnis UMKM secara offline saja memang tidaklah mudah. Apalagi untuk mengembangkan usaha secara online. Oleh karena itu, UMKM yang ingin go digital harus memiliki strategi yang tepat supaya bisnisnya bisa lancar dan mendapatkan keuntungan mulai  dari jangka pendek hingga jangka panjang.

Tips dalam Mengembangkan UMKM untuk Go Digital

Beberapa tips sederhana bisa dilakukan oleh para UMKM yang sedang ingin mengembangkan usahanya untuk go digital.

1. Mempunyai Bekal Wawasan di Dunia Digital
 
Wawasan bisnis dalam dunia digital juga perlu sebelum terjun secara langsung. Oleh karena itu, informasi, pengamatan, dan analisis juga diperlukan untuk bisa mendapatkan tujuan yang diinginkan. Hal tersebut juga bertujuan untuk memperoleh keuntungan baik jangka pendek, menengah, dan panjang.
 
Ketika sudah memiliki ilmu tentang pemasaran yang tepat, maka akan sangat mudah untuk go digital. Keuntungan lainnya lagi yaitu apabila mendapatkan wawasan tentang pemasaran UMKM secara online ini yaitu dapat mengatasi permasalahan yang bisa saja terjadi pada awal go digital dilakukan oleh pebisnis.

2. Mencari Mentor Bisnis

Pada saat sudah memutuskan untuk memulai go digital, jangan sampai terjun tanpa persiapan. UMKM yang sukses juga butuh seorang mentor di bidang bisnis. Memang hal itu akan memakan waktu yang lama lagi untuk mengeksekusi ide. Apalagi bisnis berbasis digital. Akan tetapi, dengan adanya mentor bisa mencegah UMKM mengalami kerugian.

Mentor bisnis yang paham akan dunia marketing juga akan memberikan gambaran kepada para UMKM cara lebih eksklusif. Baik pada saat awal memulai bisnis hingga kelanjutannya. Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki seorang yang memang pakar di bidang yang satu ini untuk menjadi acuan.

3. Membangun Relasi Bisnis

Suatu usaha akan maju dan memperoleh keuntungan bisa disebabkan oleh faktor relasi. Pada suatu UMKM yang memang memerlukan tenaga orang lain untuk membantu, hal itu haruslah dilakukan dengan lebih hati-hati. Jangan sampai salah memilih relasi untuk memajukan bisnis.
 
Relasi bisnis memang diperlukan pada beberapa UMKM. Apalagi orang-orang yang membangun bisnis tersebut tidak terlalu paham dengan dunia digital sehingga membutuhkan bantuan dari anak-anak muda yang paham akan alur penjualan secara online. Hubungan tersebut memberikan keuntungan bagi masing-masing pihak.

4. Mempunyai Website yang Profesional

Website dapat dijadikan sarana pemasaran yang ampuh dalam menggaet para konsumen dalam membeli suatu produk. Akan tetapi, website yang profesional pasti jauh lebih banyak menarik minat orang. Baik secara tampilan dan juga fitur-fitur yang ada akan mudah digunakan oleh para pengunjung. 

5. Dapat Mengikuti Trend yang Ada di Pasaran
 
Adaptasi terhadap trend yang sedang ada adalah cara terbaik untuk UMKM Go digital dengan tepat. Sebab konsumen akan berfokus pada produk yang sedang ditawarkan oleh pihak pebisnis. Keberlangsung dari trend di pasar tersebut juga harus terus dipantau untuk membuat produk lebih berinovasi. Supaya pembeli akan terus menerus memesan produk yang dipasarkan.

Memanfaatkan trend pasar juga sangat berdampak positif bagi para UMKM. Sebab para pebisnis akan mengeluarkan ide-ide baru dan menarik yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

6. Membangun Hubungan yang Baik dengan Para Konsumen

Pelayanan terbaik juga harus dilakukan para UMKM yang ingin Go digital. Sama seperti offline, orang-orang juga dapat menilai apakah suatu usaha tersebut baik cara pelayanannya atau tidak. Hal itu bisa dilihat dari respon terhadap konsumen, serta pengiriman yang cepat tanpa banyak persyaratan yang mengikat pembeli. 

Pengembangan bisnis UMKM untuk go digital memang memerlukan persiapan yang matang. Hal tersebut untuk mencegah adanya kerugian. Baik UMKM yang telah lama berdiri secara offline maupun yang baru memulai usahanya secara online. Ada banyak benefit yang akan didapatkan oleh para pebisnis apabila dapat mengikuti tren pasar saat ini untuk  memasarkan usahanya melalui go digital.
Bagikan artikel

Artikel Terkait

cara-dukung-umkm-lokal
UMKM
5 Cara Dukung UMKM Lokal yang Bisa Kamu Lakukan
Tahukah kamu apa itu Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)? Yap, ia adalah usaha atau bisnis yang dijalankan oleh perseorangan, rumah tangga atau badan usaha kecil. UMKM ibarat sebagai ...
pengertian-umkm-dan-ciri-usaha
UMKM
Pengertian UMKM dan Ciri Usaha yang Wajib Diketahui
Usaha Mikro Kecil Menengah atau sering disingkat UMKM menjadi tema yang terus diperbincangkan hingga sekarang. Hal ini terjadi karena ...
strategi-umkm-di-masa-pandemi
UMKM
Strategi UMKM di Masa Pandemi Agar Mampu Bertahan dan Bangkit
Strategi UMKM di masa pandemi sangat penting demi kelangsungan suatu usaha. Di tengah kondisi pandemi saat ini, semua berjuang bersama untuk ...
rekomendasi-interior-rumahmu
UMKM
6 Rekomendasi Produk Lokal untuk Mempercantik Interior Rumahmu!
Rekomendasi produk lokal interior rumah sangat diperlukan untuk mempercantik hunian. Terkadang banyak orang melakukan ...