Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

Belajar Keuangan Dari Buku Rich Dad Poor Dad

by Lakuuu Team 21 August 2021

buku-rich-dad-poor-dad
Buku Rich Dad Poor Dad merupakan sebuah buku yang akan memberikan berbagai pelajaran mengenai keuangan yang perlu Sobat Lakuuu baca. Buku buatan Robert Kiyosaki ini memberikan pengetahuan mengenai cara mengelola uang dengan baik.

Nah, bagi yang masih kebingungan untuk mengelola uang dengan bijak, maka wajib mencoba cara-cara dari buku ini. Buku ini bisa diibaratkan sebagai financial bible sebab dapat mempelajari banyak hal dari buku ini.

Memang ada banyak orang yang belum mengerti betul mengenai cara mengelola uang. Sehingga mengalami kesulitan finansial. Dengan mempelajari berbagai ilmu yang buku ini berikan, Sobat Lakuuu bisa mengatasi berbagai permasalahan yang berhubungan dengan masalah finansial.

Tertarik untuk membacanya? Kami juga akan memberikan berbagai jenis informasi mengenai ilmu dari buku ini yang akan diterima nantinya. Dengan mengetahui beberapa hal ini, kami harap Sobat Lakuuu dapat tambah tertarik untuk membaca buku ini.

Berbagai Pelajaran Dari Buku Rich Dad Poor Dad

Dalam buku ini, Sobat Lakuuu bisa mendapat berbagai ilmu mengenai keuangan. Dengan ilmu tersebut, Sobat Lakuuu bisa mengatur keuangan dengan baik, sehingga kehidupan lancar. Jika memiliki sebuah usaha, maka dengan menggunakan buku ini, usaha akan terus berkembang.

Sudah ada banyak sekali orang yang menggunakan buku Rich Dad Poor Dad ini sebagai referensi. Dengan menggunakan berbagai ilmu dari buku ini, Sobat Lakuuu bisa menjadi wirausaha yang sukses dan mampu menggembangkan usaha mennjadi yang terbaik.

Robert Kiyosaki berkata bahwa guru terbaik dalam kehidupan adalah kehidupan tersebut. Sobat Lakuuu harus  bangun dari kehidupan dan memecahkan masalah yang ada di dalamnya. Kesempatan seperti ini juga akan terus berlaku lalang dalam kehidupan.

Sobat Lakuuu bisa melihat bahwa sebuah kesempatan bisa datang kapan saja dan tinggal diri kita mau tidaknya mengambil kesempatan tersebut. Selain itu, dia juga mengatakan terdapat perbedaan antar orang berpikir akan kaya dengan yang tidak.

Dalam hal ini, juga diambil dari pemikiranya dengan membandingkan kedua ayahnya. Rich Dad (ayah kaya) dan Poor Dad (ayah miskin) memiliki pendapat yang berbeda saat membahas mengenai uang. Seperti pertanyaaan yang Robert Kiyosaki lontar kepada keduanya.

Apa bisa mendapatkan mobil sport? Poor dad menjawab dia tidak akan mampu untuk membeli mobil tersebut. Sedangkan rich dad bertanya bagaimana cara untuk mendapatkannya? Kedua respon tersebut jelas sangat bertolak belakang.

Jadi, orang kaya akan merespon dengan pertanyaan mengenai cara untuk mendapatkannya ketimbang berpikir bahwa dia tidak bisa mendapatkannya.

Nilai Pelajaran Dari Buku Rich Dad Poor Dad

Buku Rich Dad Poor Dad mengajarkan banyak hal mengenai bagaimana cara untuk menentukan berbagai jalan keluar dari krisis keuangan dan menggembangkan bisnis. Sobat Lakuuu bisa mendapatkan berbagai ilmu menarik yang bisa menuntun kehidupan dengan baik menggunakan buku ini.

Pikiran Kaya Tidak Bekerja untuk Uang

Orang yang kaya jelas tidak bekerja untuk mencari uang, melainkan memperoleh akses. Sebagian orang mungkin berpikir kalau rumah, tanah, dan kendaraan merupakan sebuah aset yang berharga. Namun, sebenarnya hal tersebut adalah kewajiban.

Sebab jika Sobat Lakuuu sudah sukses, maka membutuhkan hal tersebut. Selain melakukan pekerjaan untuk mendapatkan aset, mereka juga membuat cara agar mendapatkan pendapatan pasif.

Memberikan Pengetahuan Mengenai Pentingnya Financial Literacy

Mungkin, Sobat Lakuuu pernah bertanya-tanya bagaimana menjadi orang kaya dan sebagainya. Hal ini juga ditanyakan oleh Robert Kiyosaki ketika masih kecil kepada guru dan ayah yang notabenya orang berpendidikan.

Sayangnya, dia tidak mendapatkan jawaban yang tepat. Setelah itu, dia mengetahui fakta bahwa sekolah tidak memberikan pelajaran mengenai hal ini, namun mengajarkan kita menjadi orang yang pintar. Sehingga bisa mendapatkan pekerjaan dan gaji yang bisa untuk memenuhi kebutuhan Sobat Lakuuu.

Memikirkan Bisnis Sobat Lakuuu Sendiri

Jika  sudah memiliki uang cukup banyak, maka Sobat Lakuuu bisa mencoba untuk menabung dan memikirkan cara membuat bisnis sendiri. Karena dengan bisnis tersebut, Sobat Lakuuu bisa mendapatkan berbagai keuntungan.

Namun, perlu sadar kalau saat ini Sobat Lakuuu bukan pebisnis. Jadi, berhenti berpikir kalau Sobat Lakuuu sedang menjalankan sebuah bisnis dengan profesi saat ini.

Mengetahui Mengenai Pajak dan Koruptor

Buku Rich Dad Poor Dad juga mengajarkan kita untuk melakukan analisis keuangan, salah satunya adalah pajak. Pajak merupakan penyebab mengapa orang kaya semakin kaya dan orang miskin biasa saja.

Dalam perusahan komponen yang pertama kali dipotong adalah pajak. Jadi jelas lebih banyak orang lebih senang menerima gaji bersih saja. Dapat Sobat Lakuuu samakan dengan Amerika yang merupakan negara adidaya tinggi.

Orang kayanya malah lebih sedikit membayar pajak daripada karyawan biasa. Jadi, jelas akan sulit jika Sobat Lakuuu tinggal dalam negara seperti itu.

Dengan membaca buku Rich Dad Poor Dad, Sobat Lakuuu bisa mendapatkan pengetahuan mengenai cara memperlakukan uang dengan benar. Sehingga keuangan Sobat Laku bisa berjalan dengan lebih mudah. Sobat Lakuuu bisa menjadi wirausaha muda yang sukses.