Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

Tertarik Jadi Business Man? Ini 5 Buku Tentang Bisnis yang Wajib Kamu Baca

by Lakuuu Updated at 5 October 2022

business-man
Masih pemula dalam membuka bisnis? Tentu banyak hal yang perlu dipelajari. Tidak masalah, Sobat Lakuuu bisa membaca banyak buku cara bisnis untuk meningkatkan kualitas berkarir. Tapi membaca buku bisnis saja tidak cukup kawan, perlu dibarengi dengan praktik di lapangan ketika menjalankan bisnis.
Namun, langsung melakukan praktik tanpa mengetahui dasar teorinya, bisa jadi adalah sebuah Tindakan bunuh diri. Selain bisa mengalami kerugian karena modal yang digelontorkan tidak Kembali. Mengikuti seminar tentang bisnis meman bisa menjadi tempat belajar yang baik, namun jika belajar hanya menunggu adanya seminar seperti itu, tentu terasa kurang bukan?
Berikut adalah 5 rekomendasi buku yang bisa langsung dibaca, diambil pelajarannya, kemudian diterapkan di lapangan, Sobat Lakuuu wajib tahu!

1. The Personal MBA : The master of Art Business : Josh Kaufman (2010)

Ditulis oleh Josh Kaufman, buku ini mengulas secara lengkap tentang strategi, marketing, negosiasi, sampai menetapkan tujuan dalam sebuah bisnis. Tidak heran kalau buku ini bisa dikatakan salah satu buku bisnis terbaik untuk para pemula, karena ulasannya yang lengkap dan mudah dipahami.
Untuk para pebisnis pemula yang hendak lepas dari gaji dan mencukupi kebutuhan hidup dengan hasil usaha sendiri, buku ini wajib untuk dimiliki.

2. Sprint : Jake Knapp, John Zeratsky, & Braden Kowitz (2016)

Dengan jargon “Solve Big Problems and Test New Ideas in Just Five Days” yang terpampang sangat besar di bagian cover, buku ini bisa memberikan banyak sekali ilmu pada para pebisnis pemula, terutama di bidang teknologi.
Ditulis oleh tiga rekanan partner di Google Ventures, yaitu Jake Knapp, John Zeratsy & Braden Kowitz, buku yang dirilis pada tahun 2016 ini, sudah membantu lebih dari ratusan perusahaan di era digital, baik itu di bidang fintech, e commerce, dan bidang lainnya untuk bisa memahami pertanyaan-pertanyaan mendasar dalam sebuah bisnis, seperti cara bisa fokus pada ide, kemudian mengimplementasikannya di dunia nyata.
Kata “Sprint” yang diusung sebagai judul buku ini, berasal dari temuan Jake selama di Google. Ia menggunakan proses yang relatif singkat itu untuk menemukan ide baru, kemudian menerapkannya. Tentu sangat bisa untuk mengambil inspirasi dan pelajaran dari kejadian ini, 
Buku bisnis ini mengulas dan membantu para pebisnis yang masih belajar, untuk dapat memahami masalah yang ada, kemudian memberikan langkah-langkah yang bisa langsung diterapkan. Karenanya buku ini wajib untuk dibaca para pebisnis pemula.

3. Platform Revolution Geoffrey G. Parker, Marshall W. Van Alstyne, dan Sangeet Paul Chodary (2016)

Memulai bisnis bukanlah hal yang mudah, tapi juga bukan hal yang sulit. Sudah banyak buku memulai bisnis dari nol yang beredar di pasaran, tapi buku ini tetap menjadi buku yang sangat direkomendasikan meski sudah lima tahun sejak kali pertama diterbitkan.
Ditulis oleh tiga expert dalam platform bisnis, buku ini membahas tentang cara dan langkah-langkah untuk membangun bisnis dalam platform digital dengan sukses dan lengkap. Ketiga pakar ini menyebutkan sebagai contoh di dalam bukunya, adalah Airbnb dan Uber yang sukses mengubah pola bisnis tradisional, menjadi digital.
Kemudian diikuti oleh banyaknya perusahaan startup yang mengikuti jejak kedua perusahaan raksasa tersebut, namun sayangnya harus gugur dan gulung tikar di tengah jalan, atau stuck di posisi yang sama dikarenakan kurang paham tentang hal-hal mendasar terkait kesuksesan perusahaan.
Buku bisnis plan ini sangat direkomendasikan untuk para Sobat Lakuuu yang ingin tahu tentang petunjuk praktis membangun perusahaan startup.

4. Originals : Adam Grant (2016)

Buku yang dirilis pada tahun yang sama seperti buku sebelumnya ini, menjabarkan tentang cara membuat ide yang unik dan berbeda. Berdasarkan pada banyak riset yang menarik dan mengejutkan, dalam buku ini juga menawarkan pengetahuan untuk bisa mengetahui apakah ide yang diajukan termasuk unik, atau biasa saja.
Sebagai seorang pebisnis pemula, tentu masih banyak ide yang bisa dieksplorasi, hasilnya, metodenya, kemungkinan-kemungkinannya, dan masih banyak lagi. Memiliki ide orisinil yang diterapkan dalam bisnis, tentu dapat mengundang lebih banyak konsumen karena keunikannya.
Dalam buku ini, juga dibahas cara untuk menciptakan, mengenali, dan menyampaikan gagasan unik yang dimiliki dengan cara yang anti-mainstream.

5. Outliers : The Story Of Success : Malcolm Gladwell (2020)

Last but not least, buku bisnis pemula yang terakhir direkomendasikan adalah Outliers yang dirilis pada tahun lalu. Sedikit berbeda dari buku-buku yang diulas sebelumnya, buku ini tidak hanya membahas tentang bagaimana cara sukses dalam berbisnis, namun sukses secara keseluruhan.
Lebih jauh lagi, buku ini bahkan memberikan langkah-langkah untuk bisa sukses dengan apapun yang dilakukan, karena pada dasarnya untuk bisa sukses, yang benar-benar wajib dilakukan adalah menyukai apa yang tengah dilakukan.
Itulah 5 buku tentang bisnis yang wajib Sobat Lakuuu baca, di antara banyaknya buku bisnis yang beredar di pasaran. Bisnis memang selalu menggiurkan dengan peluang suksesnya, tapi tentu untuk bisa mencapainya, tidak semudah membalikkan telapak tangan.