Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Apa Itu Business Model, Manfaat dan Cara Penerapannya

by Lakuuu 20 December 2021

business-model
Tertarik untuk membangun bisnis baru, Sobat Lakuuu pastikan telah memahami apa itu business model terlebih dahulu. Ini merupakan komponen penting yang berguna untuk menjalankan dan mengembangkan sebuah bisnis.

Dalam membangun sebuah bisnis, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Beberapa di antaranya harus mengidentifikasi produk terlebih dahulu, mencari target pasar hingga menyiapkan anggaran yang diperlukan.

Untuk mempersiapkan bisnis yang matang dan bisa mendatangkan keuntungan, Sobat Lakuuu membutuhkan business model untuk membantu menyiapkan segala hal yang berkaitan dengan bisnis agar bisa berkembang dan mendatangkan keuntungan.

Lalu apa sebenarnya maksud dari business model, apa manfaatnya untuk bisnis dan bagaimana cara menerapkannya dengan tepat? Berikut ulasan lengkapnya :

Pengertian Apa itu Business Model

Berdasarkan sumber dari investopedia, business model merupakan sebuah model dasar yang memberikan penjelasan bagaimana sebuah bisnis nantinya dapat menghasilkan keuntungan. Dalam hal ini dibutuhkan berbagai komponen agar bisnis bisa berjalan dengan baik.

Business model akan memberikan gambaran untuk lebih mudah menentukan target pasar, mengidentifikasi produk hingga menyiapkan anggaran yang diperlukan. Dengan begitu bisnis akan berjalan dengan baik karena sudah ada gambaran apa yang harus dilakukan.

Business model berbeda dengan business plan. Pada business model, lebih fokus membahas bagaimana cara mendapatkan keuntungan dari bisnis yang dijalankan. Tidak hanya itu, business model juga membuat bisnis Sobat Lakuuu berbeda dengan pesaing bisnis lainnya.

Selain menentukan produk yang akan ditawarkan, dalam pengertian apa itu business model juga membahas tentang nilai-nilai untuk diberikan kepada pelanggan. Dengan cara ini pelanggan akan menyukai produk sehingga bisa mendatangkan keuntungan bagi pemilik bisnis.

Secara sederhana, business model dapat diartikan menjadi beberapa bagian seperti berikut :

  1. Jenis produk yang dihasilkan dan kebutuhan tenaga kerja yang untuk membuat produk
  2. Strategi pemasaran, distribusi, pengiriman hingga proses penjualan
  3. Strategi harga serta metode pembayaran

Business model memiliki beberapa jenis di antaranya seperti waralaba, pasar, dropship, berlangganan hingga manufaktur. Jika masih bingung menentukan model bisnis, Sobat Lakuuu bisa memilih salah satu model bisnis tersebut.

Manfaat Business Model untuk Mengembangkan Bisnis

Setelah mengetahui apa itu business model, selanjutnya Sobat Lakuuu juga harus memahami apa manfaat dari penggunaan cara ini. Penerapan business model yang tepat tentunya akan mendatangkan keuntungan lebih besar bagi suatu bisnis.

Berikut ini beberapa manfaat dari penerapan business model yang perlu Sobat Lakuuu ketahui :

  1. Menarik Perhatian Investor

Salah satu manfaat dari penerapan business model untuk bisnis adalah menarik perhatian investor untuk memberikan dana investasi. Hal ini karena bisnis yang menerapkan cara ini memiliki konsep lebih matang sehingga membuat investor lebih yakin untuk bekerjasama.

2. Manajemen Keuangan yang Lebih Teratur

Menerapkan business model untuk bisnis juga bermanfaat untuk membuat manajemen keuangan atau anggaran menjadi lebih teratur. Hal ini karena semua anggaran bisnis telah dipersiapkan mulai dari produksi, tenaga kerja, distribusi, hingga pemasaran.

3. Unggul dari Kompetitor

Manfaat lainnya dari penerapan apa itu business model juga membuat bisnis Sobat Lakuuu lebih unik dan menarik. Hal ini pastinya membuat bisnis Sobat Lakuuu lebih unggul dari kompetitor sehingga tidak heran jika investor lebih tertarik untuk memberikan suntikan dana.

Cara Menerapkan Business Model dengan Tepat

Penerapan business model harus tepat agar tujuan bisnis bisa tercapai. Berikut ini langkah-langkah penerapan business model yang perlu Sobat Lakuuu pahami :

  1. Identifikasi Pelanggan

Langkah pertama dalam menerapkan business model adalah mengidentifikasi pelanggan atau target pasar. Hal ini nantinya akan berguna untuk membuat produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan pelanggan sehingga peluang terjual akan semakin besar.

2. Buat Bisnis Plan

Dalam menerapkan business model, Sobat Lakuuu juga harus membuat bisnis plan untuk menentukan aktivitas apa yang akan dilakukan di masa mendatang. Dengan cara ini aktivitas bisnis akan lebih terstruktur sehingga peluang sukses akan semakin besar.

3. Kembangkan Proposisi Nilai yang Kuat

Untuk memberikan nilai lebih dari competitor, Sobat Lakuuu harus memastikan memiliki nilai lebih baik dari segi inovasi maupun teknologi. Dengan memahami apa itu business model, akan lebih mudah untuk mengembangkan prosisi nilai yang kuat pada bisnis.

4. Tentukan Mitra Bisnis

Bisnis akan berjalan dengan baik jika memiliki mitra yang bagus. Oleh sebab itulah, pada penerapan business model ini, Sobat Lakuuu harus bisa memilih mitra bisnis yang tepat diantaranya seperti pemasok, pemasaran, hingga mitra periklanan.

5. Siapkan Inovasi Bisnis untuk Masa Depan

Untuk memastikan bisnis tetap berjalan dalam waktu lama, dibutuhkan inovasi. Dengan cara ini, pelanggan akan selalu tertarik dengan barang yang ditawarkan sehingga keuntungan bisnis akan selalu mengalir dalam waktu lama.

Membuat bisnis bisa berkembang dengan baik dan mendatangkan keuntungan besar, dibutuhkan strategi yang tepat. Dengan menerapkan apa itu business model, Sobat Lakuuu bisa membuat rancangan bisnis yang baik sehingga dapat memberikan keuntungan besar bagi perusahaan dalam waktu lama.