Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Tips & Trik

Wajib Tahu! Cara Jual Tanaman Online dan Tips Tetap Subur

by Lakuuu - 24 April 2022

cara-jual-tanaman-online-dan-tips-tetap-subur

Menjadi produk yang saat ini cukup banyak digemari, terdapat cara jual tanaman online jika Sobat Lakuuu tertarik untuk ikut mencoba usaha ini. Hal ini karena menjual produk ini tidak dapat dilakukan asal-asalan.

Pertama yang penting dilakukan adalah dengan mengikuti langkah-langkahnya, selanjutnya barulah memulai promosi tepat. Dengan begitu, calon pembeli menjadi percaya untuk membeli produk ditempat Sobat Lakuuu.

Hal penting lain yang sangat perlu untuk diperhatikan adalah cara dalam packing agar tetap subur hingga sampai ke pelanggan. Sebab, tanam-tanaman juga merupakan tumbuhan hidup sehingga dapat layu dan mati jika tidak benar dalam penanganannya.


Berikut Langkah Jual Tanaman Online

Cara jual tanaman online membutuhkan langkah-langkah tersendiri sebelum memulai agar dapat berkembang nantinya. Dengan modal tidak banyak namun hasil menggiurkan, berikut adalah langkah-langkahnya.

Pertama, pastikan bahwa Sobat Lakuuu memiliki pengetahuan mengenai seluk beluk jenis yang akan akan dijual. Bukan hanya itu saja, cara perawatan serta harga jual juga harus diketahui.

Kedua, bisnis ini dipengaruhi oleh lokasi, juga luas area yang akan dimanfaatkan sebagai tempat usaha dijalankan. Berbeda dengan produk seperti makanan atau pakaian, usaha ini membutuhkan tempat lebih luas.

Ketiga, adalah memilih jenis yang tepat terutama bagi yang baru memulai. Ada cukup banyak tumbuhan hias dapat dijual, namun lebih baik memilih jenis dengan daya jual stabil dan bukan musiman.

Bahan pertimbangan lainnya dalam memilih adalah biaya perawatan. Jika terlalu besar dan berat merawat beberapa jenis, maka dapat memulai satu atau jenis saja. Jika sudah cukup berkembang, maka dapat mulai menambah jenis lainnya.

Keempat, menyiapkan media tanam yang sudah tentu sangat dibutuhkan dalam bidang usaha ini. Sobat Lakuuu dapat mempertimbangkan untuk membuat media tanam sendiri sehingga dapat meminimalisir biaya.

Terakhir adalah promosi agar dapat menjangkau calon konsumen lebih banyak hingga luar daerah. Jaringan internet menjadi hal wajib untuk cara berjualan tanaman online menggunakan berbagai platform media sosial dan marketplace.


Promosi dan Cara Jual Tanaman Online

Promosi menjadi bagian dari langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam cara untuk jual tanaman online. Tidak seperti produk lainnya, ada beberapa hal untuk dapat dilakukan untuk memperoleh konsumen.

Tidak dapat dipungkiri, internet yang semakin berkembang membuat promosi dengan menggunakan media sosial menjadi sangat efektif. Apalagi jika sejak awal berkeinginan untuk menjual secara daring.

Meskipun demikian, namun Sobat Lakuuu dapat mencoba berbagai promosi secara langsung. Salah satunya membuat pameran untuk menarik banyak orang, nantinya juga dapat sebagai tempat mengiklankan lapak di platform dunia maya.

Bisa juga dengan menggunakan cara dari mulut ke mulut atau promosi khusus. Misalnya dengan membawa orang cukup terkenal atau influencer sehingga dapat menaikkan image dari toko Sobat Lakuuu.

Oleh karena itu, sangat perlu untuk memiliki relasi luas. Semakin luas, maka akan semakin banyak pula konsumen datang dari berbagai kalangan. Relasi ini juga dapat dibangun dengan mengikuti organisasi atau semacamnya.


Tips untuk Packing Tanaman Online

Cara jual tanaman online bukan hanya pada promosi saja, namun juga memerlukan tips yang tepat untuk packing. Sebab, berbeda dengan barang-barang lainnya jika tidak menggunakan teknik tepat, maka bisa layu atau mati sebelum sampai pelanggan.

1. Memperhatikan Karakter
Cara untuk jual tanaman online dalam hal packing yang pertama adalah dengan memperhatikan jenis tumbuhan hias tersebut. Sebab meskipun ada banyak yang umum diperjual-belikan, namun ada beberapa yang tidak dapat dilakukan secara online.

Sebab, beberapa jenis tidak dapat beradaptasi dengan perubahan dari kondisi lingkungan. Sementara itu, anggrek, kaktus, sukulen, dan beberapa jenis lain cukup tahan dan ukurannya juga tidak terlalu besar sehingga dapat menghemat biaya kirim.

2. Tidak Goyang
Membungkus tanaman juga penting dilakukan dengan kantong berlapis dan menggunakan lakban kuat agar batang tidak goyang dan dapat terhindar dari kebocoran tanah. Apalagi dalam proses pengiriman, sudah pasti akan ada banyak guncangan.

3. Memperhatikan Kelembaban
Sobat Lakuuu tentu tidak akan tahu situasi-situasi yang mungkin terjadi selama proses pengiriman, bisa saja hal tersebut merusak tumbuhan. Misalnya adalah adanya sinar matahari atau suhu panas akan bisa meningkatkan resiko bonyok dan busuk.

Cara jual tanaman online adalah dengan memastikan kelembaban saat berada dalam paket. Caranya bisa dengan membalut rapat-rapat bagian akar dengan menggunakan plastik sehingga kelembaban di tempat itu tetap terjaga.

4. Memberi Zat Adaptan
Agar daya tahan tumbuhan dalam menghadapi berbagai kondisi saat pengiriman seekstrim apapun, maka perlu untuk memberikan hormon agar daya tahan meningkat. Hormon bisa berupa vitamin atau auksin yang mengatur pembesaran serta memacu perpanjangan sel.

5. Kemasan Kuat dan Kokoh
Terakhir adalah dengan menggunakan kemasan yang kuat dan kokoh, hal ini juga sebagai upaya agar paket tidak banyak goyang selama pengiriman. Selain itu, kemasan kuat dapat mengurangi resiko penyok atau patah akibat himpitan dengan paket-paket lain.

Berjualan tanaman hias memang menjadi salah satu usaha yang banyak dilirik karena keuntungan besar. Meski demikian ada beberapa cara jual tanaman online agar tetap tumbuh subur hingga ke pelanggan.



Bagikan artikel

Artikel Terkait

memilih-nama-dan-logo-brand-bisnis
Tips & Trik
Tips Memilih Nama dan Logo Brand Bisnis Kamu
Ketika kita hendak membangun suatu bisnis, salah satu langkah awal yang harus dilakukan adalah menentukan nama dan logo dari bisnis...
foto-produk-fashion-yang-menarik
Tips & Trik
Perhatikan 7 Hal Penting Ini Untuk Mendapatkan Hasil Foto Produk Fashion yang Menarik
Sobat Lakuuu, cara terbaik untuk meningkatkan penjualan bisnis selain melakukan branding adalah dengan menghasilkan foto produk katalog yang mampu ...
rahasia-sukses-berjualan-di-website
Tips & Trik
Kupas Sampai Tuntas 5 Rahasia Sukses Berjualan di Website
Sobat Lakuuu tertarik dengan bisnis perniagaan online? Sudah tahu belum rahasia sukses berjualan di website? Atau malah ...
membuat-copywriting-terlihat-menarik
Tips & Trik
5 Cara Agar Membuat Copywriting Terlihat Menarik
Perlunya membuat copywriting terlihat menarik. Copywriting adalah kegiatan menulis teks yang digunakan untuk ...