Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

5 Cara Jualan Online Untuk Pemula Agar Bisa Sukses

by Lakuuu Editorial Updated at 7 November 2022

cara-jualan-online-untuk-pemula

5 cara jualan online untuk pemula ini adalah:

  1. Jualan Produk Sendiri Atau Produk Orang Lain
  2. Jualan Dengan Toko Online
  3. Jualan Lewat Sosial Media
  4. Jualan Dengan Cara Promosi Gratis & Berbayar
  5. Jualan Dengan Memaksimalkan Customer Service Untuk Closing

Dalam artikel ini, Anda akan belajar cara jualan online untuk pemula yang jitu dengan modal investasi yang relatif kecil sehingga Anda bisa segera memulai dan merasakan manisnya keuntungan dari jualan online.

Artikel ini akan mencakup berbagai pertanyaan yang sering kali ada dibenak para pemula. Misalnya, jika saya tidak punya produk apakah saya bisa jualan online? Bagaimana cara membuat toko online kalau saya tidak tahu caranya? Bagaimana mendatangkan pembeli agar ada yang beli apa yang saya jual secara online? Bisakah saya jualan online secara gratis tanpa keluar biaya apapun?

Ini beberapa pertanyaan yang sering diajukan, jika ketiganya atau salah satunya ada dibenak Anda sebagai pemula, kami anjurkan agar Anda membaca keseluruhan isi artikel ini.

Setelah membacanya, Anda bukan hanya memiliki gambaran lengkap tentang cara jualan online untuk pemula, tapi juga Anda akan mengetahui bagaimana caranya jualan online yang jitu dan benar sehingga Anda bisa sukses.

Berapa Modal Untuk Jualan Online Untuk Pemula

Namanya usaha, tentu akan ada modalnya, jika bukan materi, itu pasti mencakup tenaga dan waktu Anda.

Sekarang mari perhatikan dulu modal yang Anda perlukan untuk mulai jualan online dari sisi materinya.

Dari sisi modal uang yang harus dikeluarkan, memang sangat relatif berbeda dari satu bisnis online kebisnis online lainnya. Tapi biasanya utk pemula yang serius membangun bisnis online dengan tujuan menjual produk secara online, akan dibutuhkan apa yang namanya toko online.

Kami terangkan dulu modal untuk opsi ini, nanti setelah ini kami juga akan terangkan cara jualan online untuk pemula yang mau gratis.

Modal Kalau Mau Punya Toko Online

Untuk punya toko online yang bagus maka Anda memerlukan nama domain, hosting dan toko online-nya sendiri.

Untuk domain biasanya harganya variatif dari mulai Rp 100.000-an sampai 250.000-rb an per tahun. Lalu untuk hosting yang cukup bagus sekitar Rp 500.000-an sampa Rp 1.200.000-an/tahun.
Sedangkan untuk pembuatan toko online-nya yang mungkin variatif. Bisa mulai dari Rp 5.000.000 dan keatas jika Anda tidak bisa buat sendiri.

Jadi kalau dihitung-hitung, memang agak lumayan ya modalnya kalau ingin punya toko online sendiri.

Tapi sebenarnya ada solusi untuk hal ini. Anda tidak perlu keluar biaya yang besar untuk bisa punya toko online dengan fungsi yang mutakhir.

Misalnya layanan seperti Lakuuu menyediakan platform pembuatan toko online secara instan secara gratis selama periode wakti tertentu dan dilanjutkan dengan biaya yang sangat ringan untuk kelanjutannya.

Anda bisa pelajari lebih banyak tentang layanan Lakuuu disini.

Modal Mendatangkan Pengunjung Ke Toko Online

Kalau Anda sudah punya toko online, bukan serta merta toko online Anda akan kedatangan pembeli. Disinilah letak banyak kesalahpahaman dari para pemula dalam bisnis online.

Sewaktu Anda punya toko online, maka toko online Anda hanyalah salah satu dari ratusan ribu toko online lainnya yang ada di Indonesia. Jadi Anda harus bersaing untuk mendatangkan pembeli, Anda tidak bisa hanya pasrah-pasrah saja.

Oleh karena itu, Anda juga harus siapkan modal untuk biaya mendatangkan pengunjung ke toko online Anda. Biaya-nya bisa jadi berkisar paling tidak utk awal dari Rp 5.000.000 minimal.

Tapi jika Anda ingin solusi lain, maka salah satu layanan Lakuuu adalah mempromosikan toko online Anda dengan biaya jauh dibawah angka diatas. Silakan lihat keterangannya disini.

Modal Kalau Tidak Mau Punya Toko Online 

Jualan online memang betul bisa tanpa modal uang, alias gratis. Tapi seperti yang disinggung diatas, modal utk jualan online gratis adalah tenaga dan waktu Anda.

Cara jualan online untuk pemula yang ingin tanpa modal adalah dengan buka toko di marketplace seperti Shopee atau Tokopedia.

Anda juga bisa memanfaatkan Instagram atau Tiktok untuk promosi produk yang Anda jual.

Cara jualan online ini mudah dan gratis. Tapi mungkin Anda bertanya juga, 'saya harus jual produk apa?' khususnya jika Anda tidak punya produk atau kalau punya produk, produknya tidak banyak.

Kita jawab pertanyaan-pertanyaan itu sekarang agar Anda paham cara jualan untuk pemula dalam hal penyediaan produk.

1. Jualan Produk Sendiri Ataupun Produk Orang Lain

Jualan Produk Sendiri - Sedikit Penjelasan 

Pada saat Anda ingin memulai menekuni bisnis onlinemaka Anda bisa menjual produk-produk milik sendiri jika memang ada.

Maksud dari produk milik sendiri ini adalah semua produk yang akan Anda jual kepada calon pelanggan tersebut nantinya merupakan produk buatan sendiri dengan brand kepunyaan sendiri sehingga, Anda bisa menjual produk-produk atau jasa tersebut secara luas kepada konsumen di pasaran. 

Memang kalau memiliki produk sendiri umumnya Anda akan memiliki banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat berbisnis online. Alasan utamanya adalah karena nantinya Anda akan mendapatkan keuntungan lebih besar dari setiap penjualan produknya, memiliki kendali penuh atas produk yang ditawarkan, memahami produk yang dibuat / ditawarkan dan akan memberikan dampak positif yakni dapat lebih dipercaya sebagai penjual.

Kendati demikian, memiliki produk sendiri juga ada sisi kekurangannya yang harus Anda pahami sebelum menjualnya secara online.

Beberapa kekurangan dari menciptakan produk sendiri dan jualan produk sendiri adalah Anda harus punya ide produk yang bagus, pengembangan produknya cukup sulit, ada kemungkinan bahwa produk yang Anda buat ternyata tidak menarik di pasaran.

Beda halnya jika memang produk Anda sudah sangat diminati. Misalnya jika Anda tahu bahwa produk basreng sangat laku dipasaran dan Anda ingin membuat yang sama, maka kemungkinan Anda akan berhasil jika proses marketing onlinenya berjalan dengan baik juga.

Jadi jika Anda punya produk sendiri, pikirkan apakah produk Anda memang ada pasarnya, jika ya, maka tips-tips berikut tentang cara jualan online untuk pemula dapat Anda terapkan.

Tapi bagaimana jika Anda tidak punya produk sendiri?

Jualan Produk Orang Lain

Jika Anda tidak memiliki produk milik sendiri, maka bisa mencoba menjual produk milik orang lain.

Jika dilihat dari sisi kelebihannya, menjual produk milik orang lain akan jauh lebih mudah untuk menarik minat pelanggan di pasaran karena sudah dipastikan jika produk yang dijual tersebut memang banyak dicari dan sudah dikenal luas oleh para masyarakat luas.

Dengan demikian, Anda tidak perlu memusingkan mengenai apakah produk yang dijual tersebut akan laku di pasaran atau tidak. Dalam hal ini, Anda hanya perlu memikirkan cara jualan onlinenya - yang nanti juga akan kami jabarkan dibawah.

Kelebihan lain yang bisa Anda dapatkan ketika menjual produk milik orang lain adalah tersedianya beragam produk yang bisa dipilih, tidak perlu melakukan pengembangan hingga pembuatan produk, produk yang dijual kemungkinan sudah banyak dikenal masyarakat luas dan berbagai kelebihan lain.

Sementara dari sisi kekurangannya sendiri yakni kebanyakan terjadi persaingan bisnis tidak sehat lantaran ada pesaing bisnis yang menawarkan harga produk serendah mungkin untuk menarik calon pembeli.

Terlepas dari hal tersebut, Anda yang ingin menjual produk secara online milik orang lain bisa dengan memilih 3 opsi di antaranya yakni sebagai berikut:

  1. Dropship

Dropship adalah cara jualan online untuk pemula dengan menjual produk milik orang lain dengan sistem penjualan dimana seorang penjual atau dropshipper nantinya hanya perlu memasarkan dan menjual barang milik orang lain tanpa perlu melakukan pembelian (penyetokan barang) terlebih dahulu.

Cukup dengan menggunakan skema bisnis yang terbilang sederhana, maka bisnis dengan sistem dropship ini bisa dilakukan dimana saja asal memiliki koneksi jaringan internet stabil.

Untuk sistem penggunaannya sendiri, nantinya pihak dropshipper atau penjual akan melakukan penjualan secara online. Baik itu lewat media sosial maupun lewat platform e-commerce.

Jika nantinya mereka sudah mendapatkan pelanggan, maka pihak dropshipper akan menghubungi pemasok barang untuk meneruskan pesanan pelanggan dan mengirimkan pesanan tersebut ke alamat pelanggan yang melakukan pemesanan.

Dalam hal ini, pihak dropshipper akan memperoleh keuntungan dari selisih harga di tangan pemasok dengan harga jual ke pembeli.

  1. Affiliate

Tidak hanya dropship saja yang bisa Anda jadikan sebagai cara menjual produk dari orang lain, sistem penjualan dengan affiliate juga belakangan ini cukup menarik perhatian kalangan masyarakat.

Istilah affiliate sendiri merupakan suatu sistem bisnis dengan cara membayar jasa seseorang ketika orang tersebut sudah berhasil menjual produk atau jasa seseorang yang memiliki produk dengan pemasangan secara online lewat internet dan membutuhkan orang lain untuk menjual produk atau jasanya. 

Ketika Anda memilih sistem menjual barang orang lain dengan sistem affiliate, maka Anda nantinya akan bertugas untuk membantu seorang merchant atau pemilik produk untuk memasarkan produknya.

Setelah produk berhasil terjual ke pembeli, maka Anda akan memperoleh komisi dengan jumlah keuntungan tertentu atas penjualan produk yang sudah dilakukan.

Kelebihan dari sistem affiliate ini yakni modal kecil, sangat mudah dijalankan, fleksibel, bisa menjual produk apa saja, sistem kerja bisa dilakukan dimana saja dan lain-lain.

Salah satu cara jualan online untuk pemula dengan sistem affiliate yang terkenal di Indonesia adalah Shopee Affiliate.

  1. Jasa Anda atau orang lain

Hampir sama dengan sistem dropship dan affiliate, untuk opsi menual jasa Anda atau jasa orang lain bisa juga menjadi pilihan cara jualan online untuk pemula.

Misalnaya jika Anda punya jasa Pembuatan PT, maka Anda bisa memasarkan layanan ini dengan cara online. Atau jika seseorang yang Anda kenal punya jasa Pembuatan PT, maka Anda bisa memasarkannya secara online dan membuat perjanjian untuk komisi tertentu jika ada orang yang Anda referensikan menggunakan layanan teman Anda tersebut.

Cara jualan online untuk pemula dengan menggunakan jasa Anda maupun orang lain ini terbilang cukup  sederhana dan fleksibel. Dikarenakan tugas Anda ataupun orang lain hanya perlu melakukan promosi sampai terjadi konversi.

Pada saat akan menerapkan cara jualan online untuk pemula, seorang pebisnis pemula juga harus tahu mengenai dimanakah atau dengan cara apa mereka akan menjual produk/jasa yang ingin mereka promosikan agar bisa mendatangkan pelanggan nantinya.

Dalam hal ini, penjualan bisa dilakukan dengan dua cara yakni melalui toko online sendiri maupun dengan bantuan sosial media yang ada.

Agar Anda lebih paham mengenai cara jualan untuk pemula melalui toko online atau sosial media, silakan simak keterangannya dibawah ini.

2. Jualan Melalui Toko Online Sendiri

Toko online sendiri umumnya merupakan sebuah toko yang bisa Anda kelola sendiri dengan menyediakan fitur belanja secara lengkap. Baik itu dari mulai katalog, konfirmasi, pengembalian sampai dengan resi pengiriman barang.

Bisa dikatakan bahwa toko online milik sendiri ini dibuat sendiri dengan menggunakan nama brand Anda sendiri.

Adapun untuk biaya dalam membuat toko online juga bervariasi. Ada yang murah dan ada juga yang membutuhkan dana yang cukup besar.

Meski demikian biaya yang dikeluarkan tentunya sebanding dengan manfaat yang akan diperoleh nantinya.

Sebelum Anda menggunakan toko online milik sendiri untuk berjualan online, alangkah lebih baiknya untuk tahu mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan dari toko online sendiri ini.

Kelebihan menjual produk atau jasa dengan toko online sendiri

Beberapa kelebihan yang bisa Anda peroleh ketika berjualan dengan menggunakan toko online milik sendiri yakni sebagai berikut :

  • Anda memegang kendali penuh toko online

    Ketika memiliki toko online sendiri, maka Anda akan mendapatkan posisi sebagai pengendali penuh pada toko yang Anda buat sendiri. Disini, Anda bisa bebas menentukan sistem website toko online, tata letak barang yang akan dijual dan lain sebagainya.
  • Margin keuntungan jauh lebih besar

    Memiliki toko online sendiri juga akan lebih mudah untuk Anda berpeluang mendapatkan margin keuntungan yang jauh lebih besar. Dikarenakan, Anda nantinya akan menentukan keuntungan per item produk dan bisa juga mengatur sendiri produk mana yang akan diunggulkan nantinya.
  • Lebih gampang dalam sistem retargeting

    Retargeting sendiri merupakan suatu upaya untuk menarik kembali minat konsumen yang pernah berkunjung ke toko online Anda maupun yang pernah melakukan pembelian maupun yang tidak. Dengan memiliki toko online sendiri, maka Anda akan lebih gampang dalam melakukan retargeting. Sebab, Anda disini sudah memahami mengenai kebutuhan konsumen.
  • Lebih leluasa melakukan branding produk

    Bagi Anda yang ingin agar bisnis semakin dikenal luas oleh masyarakat, maka memulai bisnis dengan membuka toko online sendiri menjadi pilihan paling tepat. Ini lantaran Anda nantinya bisa membangun brand produk dengan lebih efektif. Ini tentunya jauh berbeda ketika Anda menggunakan platform marketplace yang dinilai lebih sulit.
  • Mampu menyasar pasar global

    Kelebihan lain yang bisa diperoleh ketika menggunakan toko online sendiri dalam menjual produk atau jasa adalah Anda dapat menyasar ke pasaran global. Hal ini tentu saja bisa dilakukan dengan memanfaatkan media internet untuk menjangkau pasar dunia dengan mudah, bukan? Sehingga, produk/jasa yang Anda promosikan bisa dikenal luas oleh masyarakat dunia.

Kekurangan menjual produk atau jasa dengan toko online sendiri

Sementara itu, kekurangan menggunakan toko online milik sendiri antara lain yakni :

  • Perlu investasi membuat website toko online

    Kekurangan pertama yang harus siap Anda hadapi ketika menjual produk atau jasa dengan menggunakan toko online sendiri yakni perlu investasi yang cukup mahal dalam membuat sebuah website toko online. Sebab, Anda nantinya harus berlangganan hosting dan membeli nama domain untuk kesuksesan website toko online tersebut. Ingin murah tapi tetap mau kualitas toko online dengan fitur yang bagus dan mutakhir? Silakan Anda lihat layanan dari Lakuuu.
  • Butuh kemandirian dalam sistem pengelolaan toko

    Dikarenakan Anda memegang kendali penuh akan bisnis yang dijalankan tersebut, maka perlu kemandirian saat pengelolaan toko online tersebut. Oleh karena itu, Anda yang tidak ingin toko online mengalami kerugian besar, maka harus bisa mengelolanya dengan sebaik mungkin.

3. Jualan Lewat Sosial Media

Menjual produk dan jasa selain melalui toko online sendiri juga bisa memanfaatkan platform sosial media yang belakangan ini cukup mendatangkan profit yang besar dalam bisnis.

Beberapa contoh sosial media yang belakangan ini banyak digunakan oleh para pebisnis yakni seperti YouTube, TikTok dan juga Facebook.

Dari ketiga pilihan sosial media yang telah disebutkan tersebut, Anda bisa melihat sisi kelebihan dan kekurangan dalam mempromosikan produk atau jasa Anda seperti berikut ini.

  1. Jualan Di YouTube

    YouTube merupakan salah satu sosial media yang belakangan ini banyak digunakan oleh hampir seluruh kalangan. Ketika menjual produk atau jasa dengan menggunakan bantuan sosial media seperti YouTube ini umumnya memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan seperti berikut ini:

Kelebihan berjualan di YouTube

YouTube menawarkan banyak kelebihan di antaranya yakni :

  • Mampu mempengaruhi seseorang untuk membeli produk

    Penggunaan YouTube sebagai tempat berjualan online dapat mempengaruhi seseorang untuk membeli produk yang dijual. Sebab, sekarang ini sudah banyak orang yang membuat konten berupa review untuk mempengaruhi minat para calon pembeli produk.
  • Lebih komunikatif

    Bisa dikatakan bahwa video yang dibagikan ke YouTube dinilai lebih komunikatif. Hal ini tentu saja bukan tanpa alasan dilakukan untuk menjadikan fitur yang ada dalam produk Anda nantinya bisa dimengerti oleh banyak orang. Sehingga, hal ini akan menghindari konten terlihat membosankan.
  • Memberi kesan yang kredibel

    Kesan kredibel yang dimaksud disini adalah produk yang Anda tawarkan kepada konsumen nantinya akan lebih mudah diingat kepada konsumen. Meski demikian, pastikan bahwa Anda membuat konten dengan strategi yang tepat.

Kekurangan berjualan di YouTube

Sementara itu, kekurangan menjual produk di YouTube yakni sebagai berikut :

  • Sering dinilai kurang professional

    Kekurangan ini biasanya sering kali terjadi ketika Anda membuat konten video promosi produk atau jasa yang tidak mampu memberikan kesan kredibel dalam benak konsumen. Biasanya, faktor penyebab yang terjadi karena masalah video konten yang dibuat kurang menarik.
  • Memerlukan banyak waktu

    Sosial media YouTube ini umumnya memerlukan banyak waktu bagi si pembuat konten maupun si penonton. Sebab, mereka akan sama – sama memerlukan banyak waktu dari segi pembuatan konten video maupun dalam durasi menonton video tersebut.
  1. Jualan Di TikTok

Aplikasi TikTok yang sempat booming di pertengahan tahun 2018 silam ini ternyata juga menjadi salah satu sosial media yang mendukung dalam mempromosikan produk jualan online. Beberapa kelebihan dan kekurangan TikTok sebagai media promosi jualan online yakni sebagai berikut :

Kelebihan yang bisa Anda peroleh ketika menggunakan TikTok sebagai promosi bisnis produk atau jasa yakni:

  • Memiliki banyak sekali pengguna

    Kelebihan utama menggunakan sosial media TikTok dalam media promosi yaitu karena TikTok sudah banyak memiliki banyak pengguna yang implusive terhadap penawaran produk atau jasa. Alasan ini saja sudah menjadikan TikTok sebagai sarana yang akan memudahkan Anda untuk bisa melakukan promosi secara luas untuk menawarkan produk atau jasa Anda.
  • Sebagai platform sosial media yang populer di kalangan anak muda

    Bagi Anda yang promosi produk dengan target market anak-anak muda, maka TikTok dapat sangat efektif untuk menyasar ke anak-anak muda secara langsung.
  • Pembuatan video menarik mudah dilakukan

    Membuat promosi produk dengan sosial media TikTok juga tidak perlu sulit untuk Anda lakukan. Hal ini dikarenakan dengan adanya fitur dan filter yang disediakan, maka proses pembuatan video promosi produk atau jasa bisa Anda lakukan dengan mudah dan cepat.

Salah satu tool online yang dapat Anda gunakan untuk mendownload video TikTok tanpa watermark adalah DtikV.

Kekurangan menjual produk atau jasa di TikTok

Adapun kekurangan TikTok dalam mempromosikan produk atau jasa yakni sebagai berikut :

  • Kurang dikenal para kalangan orang dewasa

    Sangat berbanding terbalik dengan target pasar anak muda, Anda yang ingin menarget kalangan orang dewasa cukup sulit jika menggunakan TikTok. Sebab, sosial media ini justru kurang populer di kalangan orang dewasa karena faktor penyebab tertentu.
  • Sulit menautkan link

    Meskipun proses pembuatan video di TikTok sebagai promosi cara jualan online untuk pemula mudah dilakukan, namun mengenai penambahan tautan link ke video cukup sulit dilakukan. Sehingga, bisa dikatakan bahwa TikTok hanya mampu digunakan sebagai sosial media dalam mengenalkan brand produk/jasa saja.
  1. Berjualan Online Di Facebook

    Sebagai sosial media yang banyak digunakan oleh hampir seluruh masyarakat dunia, Facebook juga kini sering dijadikan sebagai salah satu upaya dalam mempromosikan produk jualan.

Kelebihan menjual produk atau jasa di Facebook

  • Aktivitas branding produk jauh lebih efisien

    Kelebihan pertama yang bisa Anda peroleh dari penggunaan Facebook sebagai media promosi bisnis yakni aktivitas branding produk atau jasa akan jauh lebih efisien. Ini dikarenakan target pemasaran produk bisa Anda tentukan sendiri sehingga akan menjadikan proses branding akan jauh lebih cepat dan gampang.
  • Mampu membuat iklan bergambar berkualitas HD

    Ketika Anda akan melakukan kegiatan promosimaka Facebook akan mengizinkan pengguna menggunakan lebih dari satu buah gambar saat promosi. Bahkan untuk kualitas gambar yang Anda jadikan sebagai bahan promosi nantinya sudah pasti berkualitas HD sehingga akan menarik minat calon pelanggan.
  • Biaya promosi produk sangat terjangkau

    Kelebihan lain yang ditawarkan oleh Facebook sebagai platform sosial media promosi produk jualan online yakni menawarkan harga promosi yang sangat terjangkau. Kendati demikian, untuk bisa menikmati harga terjangkau ini, maka Anda diharuskan untuk melakukan riset audience dan interest terlebih dahulu mengenai produk yang akan dipromosikan nantinya.


Jika Anda kesulitan, silakan lihat layanan Lakuuu disini yang akan memudahkan dan mempercepat Anda untuk melakukan promosi secara efisien di Facebook.

Kekurangan berjualan di Facebook

Selain menawarkan kelebihan, sosial media Facebook ini juga menawarkan beberapa keuntungan dalam penggunaannya yakni sebagai berikut :

  • Tingkat konversi terkadang tidak menentu

    Kekurangan menggunakan sosial media Facebook sebagai tempat jualan yakni adanya tingkat konversi yang terkadang tidak menentu. Sehingga, hal inilah yang menjadikan pebisnis sering kali mengalami kerugian saat promosi produknya.
  • Sering kali menemukan pengguna dengan minat palsu

    Berjualan di Facebook juga terkadang akan menemukan pengguna dengan minat palsu. Hal inilah yang menjadikan pebisnis online terkadang merasakan dampak kerugian besar.

4. Jualan Dengan Cara Promosi Gratis & Berbayar

Setelah Anda mengetahui mengenai tempat dimana akan menjual produk atau jasa untuk mendatangkan para calon pembeli, maka untuk tips cara jualan online untuk pemula dalam mendatangkan pembeli juga harus dipahami dan dimengerti dengan baik.

Memahami cara mendatangkan pembil inilah yang akan menjadikan Anda bisa meraih keuntungan dari sisi penjualan produk yang berhasil terjual maupun keuntungan dari sisi pendapatan yang akan diperoleh nantinya.

Pada umumnya, mendatangkan calon pembeli untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan bisa dilakukan dengan cara promosi gratis atau pun berbayar.

Agar Anda lebih paham mengenai cara dalam mendatangkan calon pembeli produk, maka bisa menyimak informasi pentingnya di bawah ini.

Ya, jika toko online Anda ramai pengunjung, maka dapat dipastikan bahwa akan terjadi penjualan. Asumsinya, pengunjung yang datang ke toko online Anda adalah pengunjung yang tertarget.

Berikut ini beberapa cara mendatangkan pengunjung ke toko online Anda baik secara gratis maupun berbayar.

Cara Gratis Mendatangkan Pembeli

Datangkan pengunjung lewat postingan Anda di akun sosial media Anda, di berbagai group sosial media ataupun lewat promosi ke kontak Anda lewat WhatsApp atau Telegram.

Umumnya, cara-cara mendatangkan pelanggan ke toko online secara gratis ini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri antara lain sebagai berikut.

Kelebihan mendatangkan pelanggan ke toko online secara gratis

  • Dapat menjangkau target pasar secara luas

Ketika Anda menerapkan cara mendatangkan pelanggan dengan cara gratis cara-cara yang disebutkan diatas, maka peluang untuk menjangkau target pasar tentunya akan jauh lebih luas tergantung sejauh mana Anda melakukan metode-metode promosi diatas.

  • Produk yang ditawarkan berpeluang besar menarik minat calon pembeli

Ketika Anda mendatangkan pelanggan, bukan hanya traffic pengunjung saja yang akan meningkat, namun ini juga akan menjadikan Anda mendapatkan keuntungan dari sisi penjualan produk.

Ketika Anda kedatangan banyak pengunjung di toko online Anda, maka bukan tidak mungkin akan ada peluang produk yang Anda tawarkan bisa menarik minat calon pembeli dan akhirnya orang tersebut membagikan link produk Anda keteman-teman atau keluarga mereka sehingga, hal inilah yang nantinya akan mendatangkan keuntungan bagi Anda dari sisi penjualan produk maupun pendapatan yang diperoleh nantinya.

Kekurangan mendatangkan pelanggan ke toko online secara gratis

Sementara itu, kekurangan mendatangkan pelanggan ke toko online dengan cara gratis yakni :

  • Pengunjung bisa tidak tertarget

Jika Anda berpromosi dengan metode-metode diatas, bisa jadi pengunjung yang datang bukan pengunjung yang tertarget atau pengunjung yang memang berminat untuk membeli produk atau menggunakan layanan jasa Anda. Ketahuilah bahwa pengunjung yang benar-benar tertarget hanya bisa datang dari sosial media jika Anda menggunakan layanan iklan mereka.

Cara Berbayar Mendatangkan Pembeli

Berbanding terbalik dengan mendatangkan pelanggan ke toko online secara gratis, untuk cara berbayar ini juga umumnya menjadi pilihan bagi para pebisnis untuk berjualan produk atau jasa yakni dengan beriklan di platform iklan seperti Google Ads atau Facebook Ads, kini TikTok Ads juga semakin banyak digunakan.

Kelebihan mendatangkan pelanggan ke toko online secara berbayar

  • Memberikan kemudahan bagi Anda untuk pendapatkan pengunjung tertarget

Melalui iklan, Anda bisa menarget calon pengunjung dengan kata kunci tertentu atau audience dan interest tertentu.

Contohnya kalau Anda beriklan di Google Ads, Anda akan menarget dengan kata kunci. Misalnya Anda lagi jualan parfum wanita, maka Anda akan membuat iklan dengan menggunakan kata kunci 'parfum wanita'. Hasilnya, sewaktu seorang wanita mengetik di Google kata 'parfum wanita', maka iklan Anda muncul, ia meng-kliknya dan Anda mendapatkan pengunjung tertarget.

Sedangkan jika Anda menggunakan Facebook Ads, Anda akan menarget berdasarkan jenis kelamin, umur, dan interest. Dalam hal parfum wanita diatas, Anda bisa menargetkan wanita umur 25-40 yang memiliki interest yang berhubungan dengan parfum. Jadi ketika kriteria tersebut terpenuhi, iklan Anda akan muncul di feed wanita tersebut dan iklan Anda diklik dan akhirnya mendatangkan pengunjung tertarget ke toko online Anda.

Dengan cara ini, Anda bisa jualan produk atau jasa Anda secara efisien.

  • Memudahkan dalam sistem pemantauan traffic pengunjung

Menggunakan sistem berbayar dalam mendatangkan pelanggan ke toko online juga umumnya akan memudahkan pihak pengelola toko dalam melakukan pemantauan traffic pengunjung. Artinya setiap pengunjung yang mengakses situs online Anda, maka akan dapat terpantau dengan jelas secara real time untuk dijadikan sebagai bahan konversi dalam penjualan produk nantinya. Tentu saja, ini akan sangat bermanfaat bagi pihak pengelola dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis online produk atau jasa nantinya, bukan?

Kekurangan mendatangkan pelanggan ke toko online secara berbayar

  • Harus mengeluarkan dana lebih untuk promosi.

    Kekurangan mendatangkan pelanggan dengan sistem berbayar tentu saja Anda harus keluar biaya untuk beriklan. Biasanya biayanya dimulai dari Rp 50.000 per hari untuk impact yang sangat minimal. Jadi memang cukup besar biayanya.
  • Kekurangan selanjutnya yang kemungkinan akan Anda alami dengan menerapkan sistem berbayar ini yakni biasanya traffic pengunjung terkadang tidak sesuai dengan harapan jika kata kunci atau audience yang Anda target ternyata tidak benar-benar pas dengan produk atau jasa Anda. Maka lakukanlah riset mendalam sebelum beriklan. Anda bisa manfaatkan layanan Lakuuu untuk promosi di sosial media.

Gunakan Sosial Media Untuk Mendatangkan Pembeli

Mendatangkan calon pembeli produk atau jasa, umumnya tidak hanya bisa dilakukan dengan cara membuat mereka bisa mengunjungi situs toko online Anda. Namun, Anda juga bisa mendatangkan pembeli dengan cara memanfaatkan sosial media yang dimiliki untuk meningkatkan sistem penjualan produk atau jasa nantinya. dalam hal ini, mendatangkan pelanggan ke sosial media bisa dilakukan dengan dua cara yakni sebagai berikut :

  1.  

    Posting konten produk 

Mendatangkan pelanggan bisa Anda lakukan dengan cara memposting konten produk atau jasa yang Anda jual nantinya.

Biasanya, konten produk ini sering kali dikenal dengan istilah content marketing sebagai salah satu upaya promosi produk terbaik saat menjalankan bisnis online. Sudah banyak sekali para pebisnis online yang terkadang memanfaatkan sistem ini dalam hal promosi produk kepada masyarakat luas. Kendati demikian, mendatangkan pelanggan dengan memposting konten produk juga memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Kelebihan mendatangkan pelanggan dengan memposting produk 

  • Mampu menarik minat pelanggan lebih banyak

    Memposting produk dapat mendatangkan pelanggan lantaran berpeluang untuk dapat menarik minat pelanggan lebih banyak. Sebab, dengan konten produk yang dibagikan ini umumnya memiliki value tersendiri dalam meningkatkan keterlibatan pengunjung untuk nantinya jadi pelanggan produk atau jasa Anda.
  • Menjadikan promosi produk sangat skalabel

    Maksud dari skalabel ini yakni akan menjadikan sistem promosi produk atau jasa yang ditawarkan nanti akan dapat dijalankan oleh semua kalangan pebisnis online. Baik dari kalangan yang besar maupun pebisnis dari kalangan kecil sekalipun.

Kekurangan mendatangkan pelanggan dengan memposting produk 

  • Butuh keahlian khusus

Mendatangkan pelanggan dengan cara memposting konten produk juga memiliki kekurangan. Dimana, setiap penggunanya harus memiliki keahlian khusus untuk nantinya bisa menarik minat pelanggan dalam membeli produk tersebut.

  1.  

    Melakukan kerja sama

Selain dengan memposting konten produk atau jasa di sosial media, Anda juga bisa melakukan kerja sama dengan banyak pihak untuk mempromosikan produk atau jasa yang Anda jual. Salah satunya yakni dengan melakukan kerja sama dengan para influencer ataupun artis Tanah Air yang sering dikenal dengan sistem endorse. 

Melakukan kerja sama dengan sistem endorse ini memiliki kelebihan antara lain dapat meningkatkan kepercayaan konsumen, meningkatkan jumlah followers, meningkatkan brand awareness, lebih hemat dan memiliki daya tarik yang tinggi. Sementara itu, kekurangannya yakni tidak bisa dimonitori, tidak dapat bertahan lama serta tarif jasa influencer untuk melakukan endorse terkadang berbeda-beda.

5. Jualan Dengan Memaksimalkan Customer Service Untuk Closing

Apa yang Dilakukan Setelah Pembeli Datang Membeli Produk Anda?

Ketika pembeli sudah datang untuk membeli produk Anda, maka tips cara jualan online untuk pemula yang harus dilakukan selanjutnya yakni dengan cara mengoptimalkan jasa customer service (CS) yang Anda miliki. Dalam hal ini, Anda harus bisa membuat layanan CS tersebut bisa closing produk atau jasa yang dijual nantinya kepada pembeli. Yang mana, closing disini mengartikan bahwa nantinya tenaga penjualan yang Anda percayakan tersebut mampu menggunakan metode khusus untuk melakukan kesepakatan transaksi atas penawaran sebuah produk atau jasa. 

CS harus bisa closing

Agar layanan CS yang Anda miliki bisa melakukan closing atas produk atau jasa yang ditawarkanmaka ada beberapa panduan yang harus diterapkan yakni sebagai berikut :

  1.  Memberikan sikap yang ramah

Umumnya, sudah menjadi suatu keharusan bagi setiap layanan customer service dalam memberikan pelayanan terbaik bagi setiap pembeli yang ingin membeli produk atau jasa Anda nantinya. Salah satu pelayanan terbaik yang harus selalu Anda kedepankan dalam menghadapi para pembeli yakni harus bersikap ramah.

Sebab, hampir sebagian besar pembeli akan lebih memilih toko yang memiliki sistem pelayanan baik meskipun produk yang ditawarkan biasa saja. Dengan pelayanan yang ramah inilah, maka sudah menjadi salah satu upaya untuk menarik minat calon pembeli.

  1.  Menyertakan manfaat tambahan produk

Jangan lupakan untuk selalu memberikan manfaat tambahan mengenai produk atau jasa yang Anda tawarkan nanti. Ketika layanan CS mampu memberikan manfaat tambahan pada produk yang dijual kepada pembeli, maka hal ini akan memberikan daya tarik tersendiri bagi pembeli. Beberapa manfaat tambahan yang bisa Anda gunakan yakni seperti adanya tawaran gratis ongkir, beli 2 gratis 1, garansi produk 100% dan lain – lain.

  1.  Menjawab pernyataan dengan pertanyaan

Biasanya, ada beberapa perilaku dari pembeli yang membuat Anda terkadang harus selalu ekstra sabar menghadapinya. Dari sekian banyaknya perilaku pembeli, kebanyakan layanan CS akan merasa kesulitan saat menghadapi pembeli yang bersikap cuek. Disini, CS bisa menjawab setiap pernyataan dari pembeli dengan sebuah pertanyaan agar dapat mempengaruhi minat pembeli nantinya. kendati demikian, pastikan bagi Anda untuk jangan kebanyakan bertanya agar tidak mengganggu pembeli.

  1.  Menyertakan ulasan atau testimony produk

Perlu diketahui, bahwa kepercayaan dari pembeli memang terkadang sulit didapatkan oleh penjual. Oleh karena itu, dalam hal ini seorang layanan CS harus bisa memberikan ulasan atau testimoni produk atau jasa yang ditawarkan kepada pembeli agar mereka percaya. Disini, Anda bisa menampilkan testimoni dari pelanggan lain dalam bentuk foto, video maupun hasil screenshoot chat dengan pembeli Anda sebelumnya. Adanya testimony inilah yang menjadi unsur terpenting dalam berjualan online untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan.

  1.  Strategi menaikkan harga

Agar produk atau jasa yang Anda tawarkan ke pembeli bisa closing di hari itu juga, maka Anda bisa menerapkan strategi menaikkan harga jika mereka akan melakukan transfer besok. Bisa dikatakan bahwa disini Anda memaksa pembeli untuk transfer hari ini namun dengan menggunakan cara halus. Biasanya, pembeli akan jauh lebih cepat transfer ketika harga hari ini lebih murah dibandingkan harga esok hari.

  1.  Menanyakan kepastian pembeli

Dalam teknik berjualan produk atau jasa secara online, Anda juga perlu menanyakan kepastian pembeli. Kepastian ini dimaksudkan agar nantinya dapat menghindari pembeli yang hanya tanya – tanya dan janji transfer namun kenyataannya justru tidak jadi membeli produk tersebut. Ketika Anda sudah meminta kepastian dari pembeli, maka segera lakukan follow up ketika pembeli sudah janji akan melakukan transfer. Dengan begitu, maka produk Anda bisa dikatakan sudah berhasil terjual.

Kesimpulan 

Dari informasi yang telah Anda peroleh di atas mengenai tips cara jualan produk atau jasa secara online, Anda juga perlu tahu beberapa tips penting saat menerapkan cara jualan online untuk pemula agar bisnis bisa berkembang dan sukses di pasaran. Adapun beberapa tips penting saat menerapkan cara jualan online bagi seorang pemula agar laris manis di pasaran yakni sebagai berikut :

Memposting produk secara konsisten

Salah satu tips dan trik yang perlu Anda lakukan agar produk atau jasa yang Anda jual bisa dikenal oleh masyarakat luas yakni perlu memposting produk secara konsisten. Sebagai saran disini, Anda perlu memposting produk setiap hari minimal di status seperti WhatsApp, Facebook, TikTok ataupun Instagram. Dengan begitu, maka akan menjadikan keluarga, teman – teman maupun orang lain bisa melihat barang dagangan yang Anda tawarkan kepada mereka. Di samping itu, Anda juga perlu memastikan bahwa untuk memposting produk ini pilihlah waktu yang tepat saat waktu senggang agar banyak dilihat pengunjung.

Berjualan produk dengan memanfaatkan media sosial

Cara yang juga tidak kalah penting untuk Anda lakukan ketika menerapkan jualan online sebagai seorang pemula yakni jangan lupa memanfaatkan media sosial yang ada. Dengan menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, TikTok dan lain – lain, maka hal ini akan sangat efektif dalam mendatangkan pelanggan. Sehingga, bukan tidak mungkin hal inilah yang juga akan menjadikan Anda kebanjiran orderan pembeli yang membeli produk atau jasa Anda nantinya. 

Membuat nama toko dan brand sendiri

Meskipun Anda masih dikategorikan sebagai pemula dalam berjualan produk atau jasa, akan tetapi memiliki nama toko online sendiri dan juga brand kepunyaan sendiri juga penting dilakukan. Hal ini dinilai sangat penting untuk dilakukan lantaran akan dapat memperlihatkan ciri khas tersendiri bagi toko online yang Anda miliki nantinya. Yang perlu Anda ingat disini adalah pastikan brand yang Anda buat tersebut unik dan mudah diingat oleh para pelanggan. Sehingga, hal inilah yang lama – kelamaan akan menjadikan toko online yang Anda miliki bisa semakin berkembang dan bisa mendatangkan lebih banyak pembeli ke depannya.

Berjualan produk dengan memanfaatkan sosial media dan toko online

Seperti yang sudah dibahas di pembahasan sebelumnya, Anda sebagai pihak penjual umumnya bisa menentukan sendiri dimana Anda akan menjual produk atau jasa nanti untuk ditawarkan kepada calon pembeli di pasaran. Dalam hal ini, Anda bisa memilih berjualan di toko online sendiri maupun di sosial media. Kedua platform berjualan online ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing untuk menjadi bahan pertimbangan bagi Anda dalam menjalankan bisnis nantinya.

Menyiapkan semua perlengkapan berjualan online

Yang tidak kalah penting untuk Anda terapkan saat berjualan produk atau jasa secara online yakni dengan menyiapkan semua perlengkapan dalam menjalankan bisnis secara online. Disini, Anda perlu menyiapkan segala perlengkapan packing mulai dari plastic, bubble rap, kardus, lakban dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja, Anda juga perlu menjalin kerja sama dengan jasa pengiriman barang nantinya. Sebab, ketika Anda menjalin kerja sama dengan jasa pengiriman barang ini, maka kurir bisa langsung mengambil barang tersebut ke tempat Anda tanpa harus repot mengantarkannya ke kantor.

Itulah pembahasan secara detail yang bisa Anda kenali dan pahami mengenai tips cara jualan online untuk pemula dalam menawarkan produk – produk atau jasa kepada pembeli agar laris manis di pasaran.

Gunakan layanan Lakuuu untuk membantu Anda berjualan online dengan efektif dan sukses.