Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

Siapa Bilang Bikin Website Ribet? Ini Dia Cara Mudah Bikin Website Versi Lakuuu

by Lakuuu 4 December 2021

cara-mudah-bikin-website
Cara mudah bikin website pastinya sangat dicari-cari orang yang sedang memulai bisnis online barunya. Atau mungkin saja pebisnis lama yang sedang ingin meningkatkan penjualan secara online.

Kebanyakan orang berasumsi bahwa membangun situs untuk pertama kalinya akan sulit dan rumit. Kenyataannya adalah dengan teknologi saat ini, siapa pun dapat membuat situs dari awal.

Sobat Lakuuu hanya perlu mengikuti beberapa aturan sederhana namun penting untuk melakukannya dengan benar. Ada lima poin utama yang perlu diketahui untuk membangun website dengan cepat serta mudah.

Sobat Lakuuu juga membutuhkan informasi tambahan mengenai cara mudah bikin website untuk membantu Sobat Lakuuu sukses dalam berbisnis. Topik tambahan ini mencakup penulisan konten, pengoptimalan SEO, promosi, serta teknik monetisasi.

Mulailah dengan Memilih Perangkat Lunak untuk Membuat Web

Langkah pertama adalah menemukan perangkat lunak sebagai fondasi paling cocok yang akan digunakan untuk membangun situs. Saat pertama kali membuat situs, Sobat Lakuuu akan mengetahui bahwa ada berbagai macam pilihan.

Ada beberapa pilihan paling popular untuk membuat website. Akan dijelaskan juga beberapa fakta berharga tentang memilih perangkat lunak terbaik untuk situs baru. Dibutuhkan statistik yang menunjukkan distribusi teknologi pembuat situs.

Untuk memilih software yang tepat, pertama-tama menentukan jenis situs yang ingin dibuat. Setelah itu, Sobat Lakuuu akan memutuskan platform apa paling cocok untuk menyiapkan web tersebut.

Mungkin Sobat Lakuuu berencana untuk memulai blog atau memiliki bagian blog di web. Sobat Lakuuu juga akan memposting konten baru secara teratur, maka disarankan untuk membangun web dengan CMS WordPress.org.

Situs web statis, seperti portofolio, bisnis kecil, dan brosur produk akan memiliki beberapa halaman tempat menambahkan konten. Konten ini fungsinya untuk memamerkan perusahaan serta produk atau jasa yang ditawarkan.

Cara Mudah Bikin Website dan Struktur Website

Langkah ini sering dilewati oleh orang-orang yang memutuskan untuk membuat web untuk pertama kalinya. Tetapi sangat penting untuk meluangkan waktu dan merencanakan situs baru.

Jika membuat situs untuk penggunaan pribadi, Sobat Lakuuu tidak perlu memperumit masalah. Itu tidak harus menjadi rencana terperinci. Perencanaan ini akan mempermudah dalam menata konsep website.

Cara mudah bikin website dan struktur website adalah dengan menentukan konten, aset, serta fitur apa yang perlu dipersiapkan. Sobat Lakuuu dapat memilih untuk menggambar struktur itu di atas kertas atau secara online.

Dalam merencanakan struktur situs, Sobat Lakuuu harus paham secara baik tentang halaman apa yang akan dimiliki web. Konten apa yang perlu Sobat Lakuuu siapkan. Aset atau fitur tambahan apa yang dibutuhkan.

Pemilihan Nama Domain dan Hosting Web Sangat Penting

Selain memilih alat yang tepat, penting bagi Sobat Lakuuu untuk memilih nama domain sederhana serta mudah diingat dan layanan hosting website yang handal untuk mempublikasikan situs yang dimiliki secara online.

Nama domain harus mewakili merek dengan tepat. Hal ini adalah hal pertama yang dikaitkan pengunjung dan pelanggan situs dengan bisnis. Nama tersebut dapat berupa nama pemilik atau nama perusahaan.

Memilih penyedia hosting website yang handal sangat penting. Layanan ini akan memastikan bahwa situs dan konten tersedia untuk pembaca sepanjang waktu. Ini adalah langkah penting dalam cara mudah bikin website.

Hosting web biasanya disertakan dalam layanan jasa pembuatan situs yang disediakan oleh perusahaan. Dengan sebagian besar pembuat web, Sobat Lakuuu juga dapat mendaftarkan nama domain sendiri.

Sobat Lakuuu juga dapat membelinya secara terpisah. Memilih host website yang salah dapat menurunkan kinerja dan fungsionalitas website secara serius. Hosting memainkan peran utama dalam proses peluncuran situs bagus dan memastikannya selalu tersedia secara online.

Cara Mudah Bikin Website dengan WordPress

WordPress.org adalah CMS online atau sistem manajemen konten paling populer dengan pangsa pasar 42% dari semua web di internet. Ada beberapa langkah penting dalam membuat situs menggunakan perangkat lunak WordPress.

WordPress dapat diinstal dengan satu klik melalui banyak situs hosting populer. Apa saja perusahaan hosting yang digunakan, menyiapkan situs WordPress sangat mudah mirip dengan pembuat situs.

BlueHost adalah perusahaan hosting web yang paling direkomendasikan di situs web resmi WordPress.org. Di dalam akun Bluehost, Sobat Lakuuu akan melihat opsi untuk menyesuaikan web lebih lanjut berdasarkan rekomendasi Bluehost.

Setelah mengklik tombol "Luncurkan Situs Saya", situs web akan ditayangkan. Jika Sobat Lakuuu membuka URL website di dalam browser web, jangan frustrasi jika tampilannya belum sempurna dan menarik.

Ini hanyalah tema default web WordPress. Sobat Lakuuu dapat mengubah tema ini kapan saja. Cara mudah bikin website menjadi bagus adalah dengan menambahkan konten agar terlihat lengkap. Saatnya untuk melakukan pengelolaan tema dan konten.

Pemilihan Tema dan Desain Website Mempengaruhi Ketertarikan Pengunjung

Halaman depan akan terlihat oleh pengunjung setiap kali akan mengakses web tersebut. Tugas yang biasanya dilakukan di back-end seperti peningkatan fungsionalitas plugin dan kustomisasi tema akan terlihat oleh pengunjung.

Bagian belakang umumnya dikenal sebagai dasbor WordPress. Ini adalah tempat pemilik dapat mengawasi dan mengelola setiap aspek konten, fungsionalitas, dan desain website. Caranya adalah masuk menggunakan username dan password akun.

Pentingnya efek visual bukanlah rahasia bagi siapa pun. Kita semua menyukai hal-hal yang dirancang dengan baik. Begitu juga cara kerja website, pengunjung akan bertahan jika sudah menyukai tampilan dan nuansa website.

Platform seperti WordPress hadir dengan banyak tema pra-desain yang dapat dipilih berdasarkan tata letak dan skema warna pilihan. Dan, dapat melakukan perubahan desain website, menambahkan konten sendiri.

Tema harus sesuai dengan gaya dan persona merek perusahaan. Jika menggunakan WordPress, Sobat Lakuuu akan memiliki akses ke berbagai macam tema untuk dipilih. Cara mudah bikin website saat ini bisa dilakukan semua orang.