Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

Kenapa Data Penjualan Sangat Penting Untuk Seorang Pengusaha?

by Lakuuu Team Updated at 5 October 2022

data-penjualan
Mengamati industri baik online maupun offline dengan jumlah transaksi yang tinggi setiap hari, bulan, bahkan tiap tahunnya, para pelaku bisnis tersebut penting untuk mengetahui data penjualan guna mengetahui perkembangan usahanya.

Untuk itu mempelajari data transaksi secara berkala adalah hal yang wajib bagi seorang pengusaha.

Pahami Data Penjualan Guna Memahami Perkembangan Usahamu

Data atau laporan penjualan adalah kumpulan dari semua informasi transaksi yang tersusun sebagai bahan informasi dan analisa penjualan. Laporan-laporan tersebut bisa meliputi laporan harian, bulanan, bahkan tahunan. Informasi yang tercantum di laporan harian biasanya berupa data transaksi yang terjadi di setiap harinya. Begitu pula dengan laporan bulanan.

Banyak kegunaan dari data ini bagi seorang pengusaha seperti Sobat Lakuuu. Terutama untuk bisnis dengan jumlah transaksi yang perkembangannya pesat. Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa data penjualan sangat penting untuk seorang pengusaha.

Sebagai Bahan Evaluasi Usaha

Laporan penjualan atau data transaksi ini menyajikan data real time sebuah perusahaan pada kondisi baik atau tidak sekalipun. Sedikit perubahan penjualan harus segera Sobat Lakuuu kendalikan supaya tidak terjadi penurunan yang signifikan. Dengan memahami data transaksi secara berkala, maka hal tersebut dapat teratasi.

Informasi penjualan akan sangat membantu Sobat Lakuuu dalam menyusun strategi untuk mengembangkan usahanya. Data yang terinput secara real time akan membantu pelaku usaha mengevaluasi bagaimana tren pasar dan kebiasaan pelanggan yang kerap kali berubah. Usaha pun akan berkembang dengan baik saat pengusaha memahami informasi pada kumpulan data transaksi dan meningkatkan pemasaran produk.

Menggambarkan Kondisi Bisnis

Data penjualan merupakan salah satu strategi untuk mengetahui bagaimana kondisi pasar. Jikalau data menunjukkan kondisi keuangan menguntungkan, maka bisnis dalam keadaan yang bagus. Begitu sebaliknya, jika angka turun maka Sobat Lakuuu sebagai pelaku usaha harus berpikir bagaimana meningkatkan penjualan produknya.

Naik turunnya penjualan ini akan lebih akurat jika Sobat Lakuuu memahami betul informasi penjualan secara lebih detail. Khususnya dari laporan harian dan data pendukung yang lain.

Meningkatkan Produktivitas Usaha

Berbekal laporan harian bisa diketahui banyaknya transaksi yang terjadi setiap waktunya. Perusahaan bisa menargetkan untuk waktu-waktu kedepannya. Dengan hal ini Sobat Lakuuu bisa meningkatkan produktivitas lebih baik lagi untuk mengembangkan sebuah usaha.

Menunjukkan Kredibilitas Sebuah Perusahaan

Laporan penjualan yang akurat merupakan bukti bahwa perusahaan tersebut mampu beroperasi dengan baik. Hal tersebut didukung dengan validnya data transaksi yang berkontribusi terhadap banyaknya jumlah penjualan di setiap harinya.

Memang perusahaan yang bagus adalah perusahaan yang mempunyai record semua transaksi dan keuangan yang sehat. Hal tersebut bisa terealisasi dengan adanya laporan yang real time mulai dari data harian dan bulanan di setiap praktik usaha.

Sebagai Bentuk Pertanggungjawaban

Kumpulan data transaksi yang terjadi merupakan sebuah pertanggungjawaban untuk beberapa pihak yang bersangkutan pada sebuah perusahaan. Maka dari itu, laporan penjualan wajib dibuat se akurat dan se valid mungkin.

Dengan membuat laporan penjualan harian dan berkala, semua data akan terakumulasi untuk laporan per akhir periode yang lebih akurat. Sehingga dengan data yang telah otomatis terbentuk ini, Sobat Lakuuu bisa lebih percaya dengan bisnis yang dijalankan.

Sebagai Patokan Untuk Menetapkan Harga Jual

Harga jual sebuah produk memang tidak bisa selamanya konstan. Oleh karenanya, diperlukan riset secara berkala pada pasar dan minat konsumen. Selain itu juga tentang ketersediaan bahan baku dan proses produksi.

Pentingnya informasi penjualan pada hal ini adalah untuk hal-hal yang berkaitan dengan produksi di atas. Dengan mengetahui seberapa besar biaya yang dikeluarkan untuk sebuah produk hingga sampai di tangan konsumen, maka harga jual yang relevan dan masuk akal akan bisa diperhitungkan.

Sehingga sebuah usaha tidak akan sampai mengalami kerugian karena salah perhitungan. Jika saja dari awal Sobat Lakuuu sudah memahami betul data penjualan dan biaya produksi tersebut.

Dalam urusan bisnis berbisnis, keberadaan sebuah kumpulan informasi penjualan jelas tidak boleh diremehkan atau dikesampingkan begitu saja. Mengingat laporan laporan penjualan tersebut sangat berpengaruh besar terhadap banyak aspek dalam usaha.

Beberapa laporan yang penting dalam menjalankan sebuah usaha memang ada banyak. Tergantung kebutuhan Sobat Lakuuu sebagai pelaku usaha. Antara lain laporan laba rugi, laporan arus kas, data modal, serta data-data lain yang bersangkutan dengan aset, pengeluaran dan pemasukan tiap harinya.

Angka-angka dalam data tersebut kelak akan berperan besar. Ketika seorang pebisnis menentukan sebuah keputusan, strategi, menentukan keberhasilan, dan memprediksi risiko usaha.

Tanpa adanya informasi penjualan yang baik, bisnis akan kelimpungan. Maka dari itu data penjualan harus terinput dengan benar dan sewajarnya ditangani oleh seorang akuntan atau yang paham di bidang tersebut. Sehingga kelak informasi penjualan yang akurat tersebut dapat berfungsi dengan benar saat hendak digunakan untuk mengambil keputusan dalam mengembangkan sebuah bisnis.