Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
UMKM

Pemilik UMKM Wajib Tau, 5 Aplikasi Digital Payment yang Dapat Kamu Gunakan

by Lakuuu - 30 November 2021

digital-payment
Seorang pemilik usaha, termasuk bisnis UMKM, saat ini sudah bisa memanfaatkan kemudahan aplikasi digital payment untuk melakukan. Dengan istilah lain, memiliki usaha atau selalu herbie aktivitas jual beli barang atau laba dan rugi.

Dari seluruh hal yg dibahas, kasus pengelolaan keuangan perusahaan dapat dikatakan cukup rumit. Hal ini karena ada banyaknya cabang yang mesti dipikirkan terkait finansial bisnis, baik itu penghitungan pajak, kalkulasi profit, gaji pegawai, hingga modal untuk bisnis.

Secara umum, kasus-kasus finansial terkait bisa diatasi secara manual. Tetapi seiring berjalannya waktu, semakin banyaknya aplikasi pembayaran online saat ini dapat mempermudah semua aktivitas termasuk masalah finansial.

5 Aplikasi Digital Payment yang Bisa Digunakan Pemilik Usaha

Masih bingung aplikasi pembayaran online mana yang harus digunakan? Berikut adalah beberapa tips untuk aplikasi pembayaran online sederhana:

1.  OVO

Adapun aplikasi digital payment yang akan kami bahas pertama yaitu OVO. OVO juga merupakan salah satu pembayaran digital paling populer. Sobat Lakuuu bisa bertransaksi dengan mudah via aplikasi ini, baik itu pembayaran pulsa, internet, hingga token listrik.

Selain banyak fitur keren, seperti beberapa poin, poin ini adalah hadiah loyalitas yang diberikan kepada pengguna. Pengguna akan menerima poin untuk setiap transaksi yang dilakukan.

2.  Dana

Dompet digital saat ini juga semakin banyak digunakan oleh masyarakat. Salah satunya yaitu DANA, dimana aplikasi ini dapat mempermudah Sobat Lakuuu dalam bertransaksi.

Sebelum hendak melakukan transaksi via DANA, Sobat Lakuuu harus mendownload terlebih dahulu aplikasi ini. Sobat Lakuuu bisa menggunakan smartphone untuk mengakses DANA.

3.  Go-Pay

Aplikasi pembayaran berikutnya yaitu Go Pay. Adapun aplikasi ini termasuk ke dalam jenis layanan fintech milik GoJek. Uniknya lagi, aplikasi digital payment ini bukan hanya digunakan untuk membayar transaksi di GoJek.

Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membayar berbagai keperluan lain mulai dari isi ulang pulsa, belanja online, bayar tagihan listrik dan air, serta sangat mudah untuk melakukan pengisian saldo GoPay.

4.  Pay Tren

PayTren merupakan aplikasi digital payment milik PT Veritra Sentosa Internasional, pemiliknya yaitu Ustad Yusuf Mansur. Adapun aplikasi ini berbasis Android dan iOS. Umumnya digunakan untuk mempermudah seluruh pembayaran secara online.

5.  Sakuku

Sakuku merupakan salah satu jenis layanan milik Bank BCA berupa e-wallet. Adapun aplikasi ini bisa digunakan untuk melakukan berbagai jenis transaksi melalui smartphone.

Tipe-tipe Aplikasi Digital Payment

Perlu Sobat Lakuuu ketahui bahwa untuk melakukan pembayaran online ataupun digital, ada beberapa jenis pembayaran, berikut ini sejumlah tipe aplikasi pembayaran digital yang bisa Sobat Lakuuu gunakan, antara lain:

1.  M-Banking

Mobile Banking atau biasa dikenal dengan MBanking merupakan jenis layanan yang diberikan oleh bank kepada pihak nasabah untuk bisa melakukan berbagai proses perbankan dengan menggunakan smartphone atau ponsel.

Adapun MBanking ini sendiri menyediakan banyak fitur, mulai dari layanan informasi seperti transfer rekening, cek saldo, transfer bank, suku bunga, pengecekan lokasi ATM cabang terdekat, beli pulsa hingga pembayaran tagihan, dan sebagainya.

2.  Internet Banking

Sama halnya dengan MBanking, IBanking atau biasa dikenal internet banking merupakan layanan perbankan yang diberikan oleh bank kepada nasabah yang memiliki jaringan internet. Berbagai koneksi bank seperti cek saldo, transfer bank dan sejenisnya dapat diperoleh melalui situs web resmi bank.

Apabila Sobat Lakuuu ingin mengakses situs bisa menggunakan berbagai perangkat seperti laptop, PC, tablet, smartphone dan lain-lain. Selama Sobat Lakuuu memiliki jaringan Internet, tentu dapat melakukan berbagai aktivitas perbankan.

3.  SMS Banking

Hampir sama dengan layanan sebelumnya, SMS Banking ini juga termasuk jenis layanan perbankan bank bagi nasabah. Akan tetapi yang membedakannya yaitu pada proses perbankan dilakukan melalui jaringan SMS.

Untuk kegiatan perbankan yang dapat diakses sama dengan dua layanan sebelumnya. Selain itu, tidak perlu menggunakan smartphone karena ponsel biasa dapat digunakan untuk perbankan melalui SMS.

Selama Sobat Lakuuu memiliki kredit, tentunya Sobat Lakuuu bisa pasti masih bisa melakukan proses perbankan apapun yang diinginkan.

4.  E-Money

E-money atau uang elektronik adalah alat pembayaran yang menggunakan sarana elektronik seperti internet atau jaringan komputer untuk melakukan transaksi. Metode pembayaran ini dinilai sangat efisien dan aman karena menggunakan kode kriptografi, sehingga sulit bagi peretas untuk meretasnya.

Keuntungan Penggunaan Aplikasi Digital Payment

Pembayaran online saat ini sudah banyak digemari oleh banyak orang karena memiliki beberapa keunggulan yang dapat mempermudah hidup. Berikut ini beberapa keuntungan menggunakan aplikasi pembayaran digital, diantaranya:

1.  Aman

Keuntungan pertama pembayaran digital adalah aman. Jika Sobat Lakuuu memproses transaksi sesuai prosedur, metode ini dianggap lebih aman daripada transaksi tunai.

2.  Dapat Dilakukan Kapan Saja

Sistem pembayaran online atau digital ini cocok untuk orang yang sibuk, karena dengan cara ini mereka tidak mengenal waktu dan tempat.

3.  Cepat, Mudah, Hemat Tenaga

Era digital menawarkan kemudahan dan kecepatan. Dengan metode ini, Sobat Lakuuu dapat melakukan transaksi dengan cepat tanpa membuang waktu. Hal ini karena dengan aplikasi digital payment, Sobat Lakuuu tidak perlu mengantri di tempat pembayaran yang diinginkan.
Bagikan artikel

Artikel Terkait

cara-dukung-umkm-lokal
UMKM
5 Cara Dukung UMKM Lokal yang Bisa Kamu Lakukan
Tahukah kamu apa itu Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)? Yap, ia adalah usaha atau bisnis yang dijalankan oleh perseorangan, rumah tangga atau badan usaha kecil. UMKM ibarat sebagai ...
pengertian-umkm-dan-ciri-usaha
UMKM
Pengertian UMKM dan Ciri Usaha yang Wajib Diketahui
Usaha Mikro Kecil Menengah atau sering disingkat UMKM menjadi tema yang terus diperbincangkan hingga sekarang. Hal ini terjadi karena ...
strategi-umkm-di-masa-pandemi
UMKM
Strategi UMKM di Masa Pandemi Agar Mampu Bertahan dan Bangkit
Strategi UMKM di masa pandemi sangat penting demi kelangsungan suatu usaha. Di tengah kondisi pandemi saat ini, semua berjuang bersama untuk ...
bisnis-umkm-go-digital
UMKM
6 Tips Sukses Mengembangkan Bisnis UMKM Go Digital
Kabar bahagia bagi para UMKM yang ingin mengembangkan bisnisnya lebih maju lagi dengan go digital. Sebab, saat ini UMKM bisa ...