Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

E-Commerce Adalah? Perbedaannya L-Commerce dan M-Commerce

by Lakuuu Updated at 5 October 2022

e-commerce-dan-m-commerce
Perlu diketahui bagi Sobat Lakuuu yang penasaran, e commerce adalah sebuah pembelian atau penjualan produk maupun jasa dalam sistem elektronik. Seiring perkembangan zaman, setiap orang pengguna internet semakin dimudahkan.

Namun sampai sekarang masih banyak orang belum mengetahui perbedaan antara e-commerce, l-commerce, dan juga m-commerce. Ketiganya memiliki perbedaan signifikan tapi jarang diketahui oleh orang awam khususnya pengguna baru dunia internet.

Bila melihat sekarang, perkembangan teknologi memberikan dampak positif bagi seluruh masyarakat penjuru dunia. Dengan terhubung melalui internet, semua aktivitas bisa dijalankan secara mudah dan lebih fleksibel.

Hal ini membuat pengguna tidak perlu bertemu secara langsung, namun cukup mengandalkan internet saja. Jika sudah tahu penjelasan e-commerce, selanjutnya Sobat Lakuuu harus tahu arti sederhana dari l-commerce dan m-commerce. 

L-commerce merupakan atau l-dagang memiliki arti sistem perdagangan elektronik yang menekankan pada pencarian informasi dari GPS dan satelit. Untuk penjelasan lebih rincinya akan kami bahas nanti secara lengkap.

Sedangkan m-commerce adalah sistem perdagangan elektronik yang menggunakan peralatan portabel seperti HP, PDA, notebook, dll. Untuk mengetahui penjelasan dan perbedaan lebih lengkapnya, Sobat Lakuuu bisa mengikuti penjelasan lengkap berikut ini.

Secara Lengkap E Commerce Adalah?


Dimulai dari e-commerce, mungkin sudah banyak yang tahu bahwa e-dagang telah ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Seperti namanya, e-commerce mengandalkan jaringan atau internet untuk menjalankan sistem perdagangan secara benar tanpa kendala.

Dalam e-commerce, aktivitas yang dapat dilibatkan adalah transfer dana secara online, pertukaran data elektronik, mengumpulkan data otomatis, dan manajemen inventori. Industri dapat melihat kegiatan e-commerce sebagai aplikasi dari e-bisnis.

E commerce adalah inovasi paling besar yang telah dilakukan pengembang teknologi di dunia untuk mewujudkan efisiensi waktu, tenaga, dan biaya. E-dagang menjadi perluasan dari e-business, karena banyak fungsinya.

Mulai kolaborasi antar mitra bisnis, lowongan pekerjaan online, layanan nasabah, sampai hal lain menarik untuk dinikmati pengguna. Namun e-commerce memerlukan sebuah teknologi basis data (databases) untuk menyimpan semua kegiatan e-dagang.

Pertama kali dikenalkan tahun 1994, e-dagang memiliki tujuan promosi dan iklan di halaman website tertentu. Dengan e-commerce tentu bisa membuat pendapatan ritel online bisa meningkat signifikan dalam waktu singkat.

Adapun perbedaannya dengan m-dagang atau m-commerce yang akan kami jelaskan lengkap di bawah ini. Simaklah sampai usai agar Sobat Lakuuu tidak kebingungan dalam mengetahui maksud dari m-commerce.

M-Dagang, Perbedaan dan Penjelasan


Mungkin sampai sekarang banyak masyarakat belum tahu apa itu m-dagang atau sama artinya dengan m-commerce. M-commerce memanfaatkan peralatan portabel seperti HP, PDA, notebook, laptop, dan sebagainya untuk menjalankan sistem perdagangan.

Kalau e commerce adalah sistem penjualan dan pembelian secara online, m-dagang mengatur e-commerce melalui perangkat portabel. Untuk memudahkan memahami, artinya pengguna perangkat portabel tetap bisa melakukan transaksi ketika berpindah-pindah.

Jadi tidak ada kendala sama sekali bila ingin menyelesaikan transaksi online cukup melalui internet dengan mobile commerce. Gabungan antara e-commerce dengan mobile disebut sebagai m-commerce, sehingga Sobat Lakuuu mudah memahaminya

Sobat Lakuuu secara tidak sadar selalu menggunakan sistem m-commerce ketika menyelesaikan transaksi online. Sebab transaksi online hanya bisa dilakukan melalui perangkat portabel seperti HP, laptop, notebook, PDA, dsb.

M-dagang bisa berjalan saat ada internet, sehingga membuat pembayaran dalam e-commerce berjalan lancar dan aman. Adanya m-dagang otomatis membuka peluang memberikan layanan baru bagi para customer di dunia internet.

Tidak hanya e-dagang dan m-dagang, Sobat Lakuuu juga harus paham mengenai keberadaan l-dagang. Berikut ini adalah penjelasan lengkap dari l-dagang untuk mengetahui perbedaan antara ketiganya nanti wajib diketahui hingga akhir.

Apa Itu L-dagang atau L-Commerce


Belum cukup bila tahu e commerce adalah sistem perdagangan yang dilakukan melalui media elektronik, tentu berbeda dengan l-commerce. Keberadaan l-commerce memanfaatkan GPS sebagai tracking utama perangkat portabel masing-masing pengguna.

Apabila m-dagang lebih menekankan pada aspek pemakaian mobile, l-commerce bisa memakai peralatan mobile atau komputer. Contoh mudahnya dari penggunaan l-dagang adalah ketika pengguna mobile mencari letak toko atau restoran.

Memanfaatkan GPS (Global Positioning Systems) membuat pengguna internet akan menemukan pencarian terdekat dengan lokasinya. Otomatis bisa membuat Sobat Lakuuu jadi lebih mudah ketika mencari toko atau restoran tertentu di sekitar.

Adapun contoh lain penggunaan l-dagang adalah melihat barang yang dikirim melalui e-commerce sampai mana. Pasti Sobat Lakuuu sering mengecek barang ketika bertransaksi secara online di e-commerce ternyata memanfaatkan sistem l-commerce.

Itulah yang menjadi perbedaan antara e-dagang, m-dagang, dan l-dagang dalam sistem perdagangan. Semua perdagangan sudah diselesaikan melalui transaksi online dan tentunya membuat pengguna jadi semakin mudah memenuhi kebutuhan serta keinginannya.

Sekarang, Sobat Lakuuu pasti paham bahwa hampir setiap hari pasti menerapkan seluruh sistem perdagangan di atas. Dengan memahami e commerce adalah sistem perdagangan elektronik tentunya berbeda dengan m-commerce dan l-commerce.