Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

Film The Pursuit Of Happiness, "Kejujuran dan Kerja Keras Tidak Akan Mengkhianati Hasil

by Lakuuu Updated at 5 October 2022

film-the-pursuit-of-happiness
Source: Kompasiana.com


Pernah dengar tentang Film The Pursuit Of Happiness, ini adalah salah satu film yang dibintangi oleh ayah dan anak Will Smith dan Jaden Smith. Film ini diadopsi dari kisah nyata seorang pebisnis bernama Chris Gardner.

Film yang rilis pada tahun 2006 tepat 15 tahun yang lalu disutradarai oleh Gabriele Muccino yang juga telah menyutradarai banyak film seperti There’s No Place Like Home (2018), The Best Year (2020) dan masih banyak lagi.

Serta diproduseri langsung oleh Will Smith dan beberapa rekannya seperti Steve Tisch, James Lassiter, Todd Black dan juga Jason Blumenthal. Penulis Naskahnya adalah Steve Conrad dibuat berdasarkan buku dengan judul yang sama karya Chris Gardner sendiri.

Selain dibintangi oleh Will Smith dan Jaden Smith, pemain lainnya turut bermain peran adalah Thandie Newton dan Dan Castellaneta. Walaupun termasuk film lawas, The Pursuit Of Happines masih memiliki penggemarnya karena plot ceritanya sangat bagus.


Sinopsis Film The Pursuit Of Happiness


Berlatar tahun 1981 di San Francisco, California Linda yang diperankan oleh Thandie Newton dan Chris Gardner (Will Smith) tinggal di apartemen kecil bersama anak mereka bernama Christoper (Jaden Smith) masih berusia 5 tahun.

Gardner berprofesi sebagai salesman berusia 30 tahunan menghabiskan seluruh tabungan keluarga untuk membeli franchise dari produk scanner tulang (bone density scanner) portable. Sudah menawari ke berbagai dokter dan rumah sakit, tetapi ia tidak kunjung berhasil mendagangkan alat tersebut.

Karena walaupun hasilnya lebih canggih, dokter beralasan alat ditawarkan tersebut sangat mahal. Istri Gardner yaitu Linda bekerja di sebuah laundry sebagai buruh. Keluarga mereka mulai terpecah setelah mereka tidak dapat membayar sewa apartemen.

Linda juga memutuskan untuk meninggalkan rumah ke New York City, Christoper tetap bersama Chris Gardner atas permintaan Gardner. Tidak hanya berhenti disitu, kemalangan terus berdatangan secara bertahap.

Masalah selanjutnya, Chris tidak dapat membayar tagihan pajak sejak IRS menyita seluruh tabungannya. Kemudian mereka diusir karena terus saja mengunggah pembayaran sewa apartemen. Mobilnya juga ikut disita karena ia tidak dapat membayar tagihan parkir.

Dalam keadaan tersebut, ia tidak sengaja bertemu dengan seseorang yang menggunakan mobil mewah Ferrari. Chris langsung bertanya pada pemilik mobil tersebut pekerjaan apa bisa membuatnya kaya seperti itu, pemilik mobil menjawab ia bekerja di bidang Saham.

Gardner juga memutuskan untuk berbisnis saham agar bisa menjadi seperti pemilik mobil tersebut. Lalu ia ditawari untuk bekerja magang tanpa dibayar pada perusahaan bernama Dean Witter Reynolds. Perusahaan tersebut menjanjikan seluruh karyawan magangnya mendapatkan pekerjaan tetap.

Akhirnya, berkat kegigihan dan ketekunannya Chris Gardner berhasil menjadi seseorang sukses. Ia membuktikan, kejujuran dan kegigihannya saat menjalani proses kehidupan tidak akan pernah mengkhianati hasil.

Makna yang Terkandung dalam Film The Pursuit Of Happiness


Film ini meninggalkan pesan dan makna membekas untuk para penontonnya. Cerita menyentuh dan penuh dengan makna kehidupan ini pantas saja masih berada pada hati para penontonnya yang belum bisa move on terhadap kegigihan dan kerja keras Chris Gardner.

Berikut ini pelajaran hidup akan Sobat Lakuuu dapatkan setelah menonton Film The Pursuit of Happines.

1.      “Anything is Possible”

Atau dapat diartikan juga tidak ada yang tidak mungkin, semuanya bisa dilakukan selama mempunyai tekad dan kemampuan. Kisah disuguhkan pada The Pursuit of Happiness membuktikan bahkan yang tidak mungkin dicapai juga sebenarnya bisa didapatkan selama Sobat Lakuuu mau bekerja keras.

2.      Menjadi sukses terjadi setelah kita bisa melewati kegagalan tanpa menyalahkan situasi atau orang lain

Makna lainnya dari film the pursuit of happiness Pemeran utama pada cerita tersebut memiliki banyak alasan dan alibi atas kegagalannya, seperti menyalahkan istrinya karena tidak mendukungnya, menyalahkan orang lain karena telah menawarkan alat kedokteran tersebut dan masih banyak lagi,

Tetapi Gardner tidak melakukannya, sebaliknya ia malah mengambil tanggung jawab sendiri untuk mengambil action agar dapat lepas dari kesulitannya. Banyak orang memiliki untuk mengeluh pada situasinya, tetapi seorang pemenang kehidupan adalah ia yang dapat merubah situasinya.

Rekomendasi Film Barat yang Menginspirasi Lainnya


Mencari rekomendasi film mirip seperti film the pursuit of happiness. Ada beberapa rekomendasi yang bisa Anda tonton saat waktu senggang. Berikut ini daftar rekomendasi film barat lainnya dapat menginspirasi.

1.      The Social Network

Cerita pada layar lebar ini diangkat dari seorang penemu media sosial besar, dan salah satu termasuk deretan orang terkaya di dunia yaitu Mark Zuckerberg. The Social Network menceritakan perjalanannya dari mulai hanya seorang mahasiswa Harvard sampai mencapai kesuksesannya.

2.
      The Help

Berbeda dengan cerita sebelumnya, pada The Help mengusuh tema tentang isu diskriminasi ras yang ada di Amerika Serikat. Memiliki setting 60an, The Help sukses menampilkan isu diskriminasi ras antara kulit hitam dan putih pada tahun-tahun tersebut.

3.      Temple Grandin

Kisahnya diangkat dari true story seorang anak menderita autisme belajar 1950an. Serial televisi ini berjudul Temple Grandin yang dibintangi oleh Claire Danes. Membuat penonton terhanyut ke dalam kehidupan Temple Grandin.

Bukan hanya menampilkan tentang drama saja, tetapi film juga bisa menjadi pengantar pesan dan makna dari kisah-kisah inspiratif atau isu sosial yang terjadi di masyarakat. Termasuk film the pursuit of happiness dengan cerita perjuangan tanpa menyerah Chris Gardner untuk mencapai kesuksesannya.