Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

Fitur Google Tersembunyi yang Jarang Diketahui Pengguna

by Lakuuu Updated at 5 October 2022

fitur-google-tersembunyi

Google adalah situs pencarian yang banyak digunakan, namun masih ada fitur google tersembunyi yang jarang diketahui oleh pengguna. Padahal fitur ini menarik untuk dicoba dan dapat membantu kegiatan Sobat Lakuuu sehari – hari.


Google bukan hanya sekedar mesin pencari, namun Google berhasil menciptakan sebuah ekosistem yang memiliki banyak fungsi. Sebut saja aplikasi seperti Youtube, Google Play Store, Google Chrome, Gmaps dan masih banyak lagi.


Karena dapat memenuhi banyak kebutuhan, banyak orang menggunakannya. Seperti aplikasi Youtube yang memberikan ruang bagi Sobat Lakuuu untuk berekspresi membuat video dan berkesempatan mendapatkan uang. Ada juga Gmaps yang memberi kemudahan dalam mengetahui letak suatu tempat.


Google Play Store yang menyajikan film dan jutaan lagu favorit semua orang. Google Chrome yang membantu pengguna handphone mencari informasi dengan cepat dan menghemat data hingga 50%.


Fitur Google Tersembunyi yang Jarang Orang Tahu



Namun, ternyata masih ada banyak fitur Google yang masih jarang orang tahu, diantaranya adalah stopwatch, pencarian website dengan domain tertentu, games untuk mengurangi kebosanan dan masih banyak lagi.


1.  Google Fact Check Explorer



Ini adalah fitur yang dapat Sobat Lakuuu gunakan untuk memvalidasi berita agar tidak terkena informasi hoax. Caranya mudah yaitu cukup mengetikkan kata kunci artikel yang dicari pada Fact Check Explorer.
 


2.  Google Public Data



Adalah fitur yang dapat digunakan untuk mengakses data dari organisasi dunia seperti PBB. Layanan ini sangat berguna bagi Sobat Lakuuu yang membutuhkan data akurat untuk keperluan penulisan ilmiah.

 

3.  Google Scholar



Selain Google Public Data, Sobat Lakuuu juga bisa menemukan jurnal dan hasil penelitian menggunakan Google Scholar. Fitur Google tersembunyi ini sangat berguna untuk membuat artikel atau hanya sebagai tambahan pengetahuan.



4.  Google Flight



Fitur ini sangat cocok bagi Sobat Lakuuu yang suka melakukan aktivitas travelling dengan moda pesawat, karena menyajikan harga pesawat dari yang paling murah hingga paling mahal. Selain itu ada juga informasi lainnya terkait penerbangan.


5.  Google Quickdraw



Fitur ini bisa digunakan untuk bermain bersama anak kecil, karena Sobat Lakuuu dapat menggambar bebas dalam waktu 20 detik kemudian Google akan menebak gambar apa yang dibuat.


6.  Google Sky



Berfungsi seperti Google Earth, Google Sky dapat digunakan untuk melihat langit atau luar angkasa. Banyak benda – benda seperti bulan, planet, bintang, rasi bintang dan lain – lain yang dapat diamati. Gambarnya juga dapat diatur untuk dilihat dengan lebih dekat.


7.  Google Arts and Culture



Bagi Sobat Lakuuu pecinta seni, fitur ini pasti sangat disukai. Hal ini karena dapat menyediakan informasi seni di dunia maya yang paling lengkap. ini adalah kolaborasi antara Google dengan perpustakaan dan museum di seluruh dunia.


Tujuannya adalah agar penggemar seni dapat mengakses karya seni di seluruh dunia dari rumah. Fitur Google tersembunyi ini juga dapat digunakan sebagai media promosi institusi seni.


8.  Stopwatch



Bila Sobat Lakuuu mendadak membutuhkan stopwatch atau timer saat berada di depan computer, bisa gunakan fasilitas dari Google. Caranya yaitu dengan mengetikkan kata kunci stopwatch atau timer pada kolom pencarian. Timer juga dilengkapi dengan alarm bila waktu yang dipasang sudah habis.
 


9.  Mencari Situs dengan Domain Tertentu



Ketika Sobat Lakuuu mengetikkan kata kunci tertentu di kolom pencarian, akan muncul banyak artikel dari berbagai domain. Untuk mendapatkan informasi dari situs dengan domain tertentu, seperti situs pemerintah saja.


Maka dapat dilakukan dengan cara menambahkan “site: (domain)” sebelum kata kunci. Contohnya “site:go.id penyakit DBD NTT” maka daftar informasi yang paling atas adalah situs resmi pemerintah NTT tentang penyakit DBD.




10.  Melihat IP Address



Bila Sobat Lakuuu membutuhkan IP address, caranya adalah dengan mengetikan “my ip” atau “what is my ip” pada kolom pencarian. Kemudian akan muncul IP address pada halaman Google. Fitur Google tersembunyi ini masih belum banyak diketahui pengguna.



11.  Mencocokkan Zona Waktu



Saat ini banyak pertemuan lintas daerah bahkan lintas Negara yang dilakukan secara online menggunakan zoom, sehingga peserta meeting harus mencocokan waktu dengan zona daerah yang bisa jadi berbeda – beda.


Untuk mencocokkannya Sobat Lakuuu dapat memasukkan pada kolom keyword waktu yang dituju, otomatis Google akan menyesuaikan dengan zona waktu dimana Sobat Lakuuu berada.


Misalnya, ada zoom meeting jam 9.00 waktu Dubai cukup memasukkan “Dubai time 9.00am” maka akan langsung keluar jam tersebut di zona waktu lokasi saat ini.




12.  Games dan Informasi Unik Pengusir Bosan



Ketika berada di depan computer dan mengerjakan tugas dalam waktu yang lama. Tidak jarang Sobat Lakuuu merasa bosan. Untuk menanggulanginya, bisa ketikkan “fun facts” pada kolom pencarian maka akan keluar informasi unik dan menarik yang jarang ditemukan. Selain itu, ada juga games ringan yang dapat dimainkan.




Ada banyak pengguna yang mengakses Google. Hal ini karena Google dapat membuat banyak produk yang bermanfaat. Namun masih ada banyak fitur Google tersembunyi yang jarang diketahui orang padahal sangat menarik untuk digunakan.