Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

Fitur Yang Wajib Ada Di Toko Online Anda Agar Penjualan Anda Maksimal

by Lakuuu Editorital Updated at 30 March 2023

fitur-yang-wajib-ada-di-toko-online

Adalah hal yang sangat bagus jika toko online Anda dibanjiri oleh banyak orang, tapi perlu disadari bahwa pada awalnya, semua orang ini hanyalah pengunjung dari toko online Anda.

 

Sebagai pengunjung, artinya, tidak serta merta mereka datang ke toko Anda untuk membeli, mungkin hanya untuk melihat-lihat produk Anda saja.

 

Sebuah toko online yang dilengkapi dengan fitur yang terbaik akan bisa mengubah seorang pengunjung yang tadinya tidak minat membeli, menjadi berminat dan akhirnya menjadi pelanggan/pembeli produk Anda. 

 

Kalau itu yang terjadi, maka tingkat konversi toko online Anda akan meningkat, biaya iklan dan promosi Anda terbayar berkali-kali lipat, dan kemungkinan Anda untuk terus berkembang menjadi lebih besar akan semakin terbuka karena kini Anda memiliki database pelanggan. 


Ya, untuk bisa jualan online dengan sukses, toko online Anda harus punya fitur-fitur demikian.

 

Jadi, fitur apa saja yang wajib ada di toko online Anda? Berikut ini jawabannya.

 

Toko Online Anda Harus Bisa Terbuka Dengan Cepat Saat Diakses

 

Anda pernah membuka sebuah halaman di Internet dan terbukanya lama banget? Kemungkinan besar Anda tidak tahan dan segera menutup halaman tersebut. 

 

Halnya sama dengan toko online Anda, kalau saat diakses ternyata loading-nya lama, maka pengunjung akan kehilangan minat untuk melanjutkan.

 

Boleh dibilang, kecepatan loading toko online Anda adalah pintu gerbang para pengunjung. Kalau loading-nya lama, itu seperti orang yang datang kerumah Anda tapi lama dibukakan pintu dan akhirnya merasa tidak ada orang dirumah dan kemudian pergi.

 

Jadi syarat pertama yang harus dipenuhi adalah kecepatan loading-nya. Toko online Anda akan terbuka dengan cepat jika toko online Anda ada diserver hosting yang bagus. Biasanya, yang terbaik adalah menggunakan Virtual Private Server

 

Solusi lain adalah Anda bisa gunakan layanan ecommerce builder seperti Lakuuu yang menjamin setiap toko online yang dibuat dibawah layanan Lakuuu akan sangat cepat terbukanya sehingga Anda bisa membuka pintu bagi pengunjung Anda dengan cepat pula.


 

Tampilan Yang Bagus dan Mudah Digunakan

 

Kalau orang sudah masuk ke toko online Anda, sebagai pengunjung, mereka akan memperhatikan tampilan toko online Anda dan ketika mereka bernavigasi, mereka akan merasakan mudah atau sulitnya menemukan produk yang mereka cari.

 

Jika ternyata tampilan toko online Anda tidak dinamis dan tidak sedap dimata, pengunjung akan merasa toko online Anda tidak credible. Terlebih lagi jika ternyata mereka mendapati bahwa menggunakan toko Anda untuk menemukan produk tidak terlalu mudah, mereka akan kesal. 

 

Untuk menghindari hal ini, Anda perlu memiliki tampilan yang bagus dan juga mudah untuk digunakan. Bahasa designnya dalam hal ini adalah UI (user interface) dan UX (user experience).

 

Membuat toko online sendiri atau dengan developer, kalau sama-sama tidak paham UI dan UX, maka pada akhirnya akan berakhir dengan sebuah toko yang bisa online namun tanpa ada kemampuan untuk membuat konversi yang diharapkan.

 

Beda halnya kalau toko online Anda dibuat melalui layanan ecommerce builder seperti Lakuuu. Designer toko online Lakuuu sudah memperhitungkan dan menerapkan faktor UI dan UX pada setiap template toko online mereka.

 

Dengan layanan ini, Anda yang tidak punya pengalaman tentang UI dan UX bisa tenang karena hal itu telah dicover dalam layanan Lakuuu.

 

Fitur Pengiriman Yang Bervariasi

 

Indonesia ini luas, dan sebagai pemilik toko online, kemungkinan besar Anda ingin menjual produk Anda keseluruh Indonesia. Namun tidak semua jasa pengiriman bisa menjangkau semua area di Indonesia ini.

 

Oleh karena itu, penting untuk memiliki pilihan jasa pengiriman yang bervariasi. Apalagi sekarang ini semakin banyak bermunculan jasa ekspedisi dan jasa pengiriman baru. Adalah hal penting toko online Anda bisa beradaptasi dengan perkembangan ini dengan menambahkan berbagai jasa pengiriman ke pilihan pengiriman barang bagi konsumen.

 

Jika Anda sekarang sedang mau buat toko online sendiri, pastikan toko online Anda tidak terbatas pada hanya beberapa pilihan jasa pengiriman saja. 

 

Jika Anda sudah punya toko online sendiri, apakah Anda bisa menambahkan berbagai jasa pengiriman? Jika tidak, kemungkinan konversi Anda akan tersendat.

 

Konsumen punya kriteria tersendiri dan rasa percaya tertentu, atau juga keraguan tertentu terhadap jasa pengiriman tertentu. Karenanya, penting bagi Anda untuk menyediakan berbagai macam jasa pengiriman mengingat Anda tidak tahu jasa pengiriman mana yang mereka percaya atau tidak.

 

Jika yang tersedia hanya yang mereka tidak percaya, atau kurang percaya, maka kecil kemungkinan mereka akan membeli ditoko Anda. Mereka akan cari ke toko online saingan Anda.

 

Jadi, punya variasi jasa pengiriman memanglah penting. Dalam hal ini Lakuuu juga menyediakan berbagai pilihan jasa pengiriman yang bisa dipasang di toko online Anda, jika Anda membuat tokonya dengan Lakuuu ecommerce builder.

 

Fitur Pembayaran Yang Bervariasi

 

Jika sebuah toko online punya bentuk pembayaran yang bervariasi, ini sangat memudahkan konsumen. Coba perhatikan marketplace manapun, mereka punya banyak variasi cara pembayaran, termasuk pembayaran online dan offline.

 

Apakah toko online Anda bisa menerima pembayaran lewat transfer bank, kartu kredit, lewat e-wallet seperti Dana, OVO, Gopay dan lainnya? Bisakah toko online Anda menerima pembayaran lewat sarana offline seperti pembayaran ATM, COD, atau lewat Indomaret dan Alfmart?

 

Jika belum, ini menghambat konversi. 

 

Jika toko online Anda dibuat di Lakuuu, maka toko online Anda secara otomatis dapat menawarkan semua model pembayaran seperti diatas secara otomatis. Dengan demikian, konversi Anda pun akan semakin melejit.


fitur toko online terbaik

 

Fitur Promosi

 

Siapa yang tidak suka promosi dalam bentuk diskon? Kami yakin konsumen Anda sangat suka dengan diskon jika itu ditawarkan ditoko online Anda. 

 

Bisakah Anda menawarkan kupon yang bisa digunakan calon pembeli untuk mendapatkan diskon? Di Lakuuu, Anda bisa membuat kupon semacam itu, lalu Anda bisa mencantumkan kupon tersebut di halaman produk yang sedang promo dan menyebutkan bahwa kupon ini hanya berlaku sampai periode tertentu saja.

 

Ini namanya scarcity tactic - menumbuhkan rasa takut kehilangan diskon dalam diri calon konsumen sehingga konsumen tergerak untuk segera membeli.

 

Jadi, dengan adanya fitur promosi seperti kupon, konversi Anda bisa semakin tinggi.

 

Miliki Fitur-Fitur Diatas Dengan Gunakan Lakuuu Ecommerce Builder

 

Entah Anda belum atau sudah punya toko online sendiri, Anda bisa mencoba layanan Lakuuu untuk merasakan seberapa powerful semua fitur-fiturnya.

 

Tim Lakuuu juga siap membantu Anda untuk konsultasi. Silakan chat di WhatsApp dengan tim Lakuuu untuk mendapatkan informasi tambahan yang Anda perlukan.