Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Tips & Trik

Tertarik Jadi Food Blogger? Simak Tips Sukses Menjadi Food Blogger

by Lakuuu 30 October 2021

food-blogger
Tips menjadi food blogger makin banyak dicari oleh sebagian besar orang sejak istilahnya tidak lagi asing. Pengertian dari sebutan tersebut adalah seseorang yang membuat konten di blog membahas dunia kuliner.

Dibutuhkan passion mendalam yang berkaitan dengan kuliner, entah memasak, mencicipi makanan tertentu, dan lain sebagainya. Passion tersebut lantas menjadikan seseorang menerima endorse dari berbagai pelaku usaha kuliner.

Saat ini, pekerjaan endorse memang cukup menjanjikan untuk memperoleh pendapatan tambahan. Mengingat semakin pesatnya bisnis online shop dan beberapa restoran yang beralih ke promosi digital.

Inilah membuat istilah ini semakin banyak diminati. Namun, dalam prosesnya tentu tidak mudah. Harus melewati berbagai rintangan panjang. Sobat Lakuuu harus banyak berlatih dan langsung terjun ke lapangan.

Kumpulan Tips Menjadi Food Blogger

Tidak perlu khawatir. Semua hal bisa dipelajari asalkan memiliki bekal penting, yaitu niat dan semangat untuk terus mempelajari. Seseorang yang ingin mendalaminya hanya memerlukan beberapa panduan terlebih dahulu.

Oleh karena itu, simak tips menjadi food blogger menarik untuk diikuti :

1.      Menonton Konten Profesional Sebagai Inspirasi

Ada banyak orang yang mulai mendalami dunia ini, beberapa diantaranya bahkan sudah terkenal dan siap dijadikan inspirasi bagi siapa saja. Salah satunya adalah Julia Veronica dan Marius Tjenderasa.

Keduanya merupakan sepasang kekasih yang sama-sama menyukai dunia kuliner sejak tahun 2011. Hingga kini, ada banyak sekali pengikut mereka karena menyajikan konten menarik bernama Anak Jajan.

Selain itu, adapula Theresia atau akrab disapa Tere. Terjun ke dunia ini sejak tahun 2013 dengan nama HeyTheresia, dia telah membahas banyak makanan khas Indonesia dan luar negeri.

2.  Membuat Situs Sendiri

Setelah melihat beberapa konten dari para professional yang sudah mendapatkan jutaan pengikut, Sobat Lakuuu bisa mulai menerapkan tips menjadi food blogger. Dimulai dari membuat situs sendiri.

Perlu diperhatikan beberapa cara mengelola website yangp professional, seperti mengoptimalkan SEO agar mendapatkan performa terbaik. Pastikan konsisten dan tidak mengganti-ganti domain (alamat situs) agar tidak berdampak pada DA dan PA.

3.  Isi Situs dengan Konten Unik dan Memberikan Manfaat

Setelah memiliki website sendiri, mulailah membuat konten yang unik dan berbeda. Dimulai dari menciptakan konten informatif dan masih jarang diketahui banyak orang. Tuangkan ide kreatif dengan kalimat-kalimat sederhana.

Hal tersebut dikarenakan ada banyak sekali pengunjung yang menikmati konten. Tidak semuanya mudah memahami gaya bahasa penulisnya. Maka, jika membuatnya sederhana, otomatis pengunjung akan nyaman mencerna informasinya.

Didukung dengan riset mendalam seputar dunia makanan maupun minuman. Riset mendalam akan menambah pemahaman penulisnya. Tidak perlu dibuat berlebihan, cukup ungkapkan apa adanya sesuai pengetahuan.

Misalnya, mencantumkan berbagai informasi dasar, mulai dari kontak, alamat, harga, berbagai sajian menu, dan bagaimaan rasa dari makanan maupun minuman tersebut. Penulis juga bisa menambahkan resep-resep andalannya.

4.  Fokus pada Kategori Kuliner

Berkaitan dengan tips nomor 2, Sobat Lakuuu bisa memilih untuk fokus pada kategori tertentu. Pahami terlebih dahulu mengenai kategori. Dengan begitu, memilihnya akan menjadi lebih mudah.

Karena, bisa membantu penulis untuk mengenali selera pengunjungnya. Semisal pastry, kuliner tradisional, street food, dan lain sebagainya. Sobat Lakuuu juga bisa membahas hal-hal yang sedang booming.

5.  Gunakan Media Sosial        

Media sosial seakan tidak pernah terlepas dari rancangan strategi marketing. Penulis bisa saja menggunakan media sosial yang banyak digunakan oleh audience, misalnya Instagram. Hal ini merupakan sebuah kewajiban.

Manfaatkan berbagai platform agar mendapatkan banyak pengunjung blog. Jangan lupa untuk selalu menambahkan berbagai fitur, diantaranya social sharing, social login, dan social commenting di blog agar dapat meningkatkan engagements.

6.      Perhatikan Visual

Tips menjadi food blogger selanjutnya adalah dengan memperhatikan visual. Tambahkan foto-foto pendukung yang sudah dibuat sebaik mungkin. Sobat Lakuuu bisa saja mengeditnya, tetapi upayakan jangan berlebihan.

Visual harus diperhatikan karena merupakan elemen penting, maka tidak bisa dianggap sepele. Selain foto, penulis juga bisa menggunakan video untuk menunjang informasi yang diberikan kepada audience.

Kemas secara menarik video yang sudah dibuat. Namun tidak juga mengabaikan desain situs. Pilihlah berbagai tema sesuai dengan kategori, gaya penulis, dan selera target pengunjung, tentu dengan konsep mobile-friendly.

7.      Pakai Tools Terbaik pada Blog

Penggunaan blog selalu dilengkapi dengan adanya tools. Tujuannya adalah agar fungsionalitas situs Sobat Lakuuu dapat meningkat. Sebagai contoh, membuat WordPress dengan memanfaatkan berbagai pilihan plugins.

Pilihan tersebut antara lain, SEO, keamanan situs, optimasi gambar untuk mengukur kualitasnya, galeri, anti-spam, hingga adanya analytics agar dapat mengetahui performa dan ketertarikan pengunjung terhadap konten.

Dengan hadirnya berbagai pilihan tools dapat dipastikan performa situs akan lebih optimal dibandingkan sebelumnya. Hal ini perlu dipersiapkan sebelum Sobat Lakuuu mengunggah konten-konten pilihannya untuk pengunjung.

Meski terlihat mudah, sesungguhnya ini bukanlah pekerjaan yang tidak sulit. Dibutuhkan berbagai persiapan sebelum akhirnya dipublikasikan. Ikuti berbagai tips menjadi food blogger yang bisa membantu merintis karir.