Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Gaji Numpang Lewat Terus, ini Alasannya

by Lakuuu - 25 December 2021

gaji-numpang-lewa
Gajian adalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh semua Sobat Lakuuu karena bisa digunakan untuk apapun. Akan tetapi mungkin Sobat Lakuuu mengalami yang namanya gaji numpang lewat. Wah hal itu ternyata bisa terjadi oleh siapa saja.

Jika Sobat Lakuuu tidak ingin gajinya hanya numpang lewat, sebaiknya hindari melakukan hal-hal yang tidak penting. Selain itu mencari tahu alasan yang mungkin dilakukan secara tidak sadar sehingga gaji numpang lewat juga tidak kalah penting.

Beberapa Alasan Gaji Hanya Lewat Saja

Beberapa alasan mungkin yang menjadikan Sobat Lakuuu tidak sadar kalau gajinya hanya numpang lewat saja. Ada beberapa hal yang sebenarnya menyebabkan gajinya jadi cepat habis padahal baru dapat beberapa hari lalu. Intip alasan-alasannya berikut ini.

1.  Memiliki Banyak Utang

Alasan pertama mengapa gaji Sobat Lakuu jadi cepat habis adalah karena banyak memiliki hutang. Selain itu Sobat Lakuuu juga sering menambah hutang tanpa disadari itu bisa memberatkan dan membuat gaji cepat habis.

Misalnya memiliki hutang di sebuah tempat dan ada bunganya, semakin banyak hutangnya maka bunganya juga bertambah. Selain itu Sobat Lakuuu juga harus memenuhi kebutuhan sehari-hari jadilah gajinya hanya numpang lewat saja.

Oleh karena itu agar hutangnya tidak bertambah banyak cobalah untuk fokus membayar hutang saja bukan menambah hutang. Jika tetap berhutang padahal hutangnya sudah banyak maka akan jatuh ke jurang keterpurukan finansial.

Selain itu dengan banyaknya hutang juga akan membuat Sobat Lakuuu tidak bisa lagi menabung karena uangnya hanya digunakan untuk membayar hutang. Tentu hal ini tidak diinginkan bukan, mulailah pintar mengatur keuangan.

2.  Memiliki Gaya Hidup Tinggi

Mungkin Sobat Lakuuu pernah mendengar bahwa bergayalah sesuai dengan isi dompet. Sepertinya jika diterapkan dengan baik maka Sobat Lakuuu bisa mengelola keuangan dengan baik.

Terlalu hidup di bawah gengsi dan memiliki gaya hidup tinggi hanyalah memaksakan keadaan. Sobat Lakuuu bisa mengabaikan hal-hal penting yang seharusnya dibeli, maka dari itu belilah barang sesuai kebutuhan bukan keinginan.

3.  Tidak Mengecek Pengeluaran

Alasan terakhir mengapa gaji numpang lewat adalah tidak mengecek pengeluaran. Mencatat pemasukan dan pengeluaran adalah hal yang harus dilakukan agar bisa mengelola gaji tersebut.

Gaji Numpang Lewat dan Tips Mengelola

Setelah mengetahui beberapa alasan mengapa gajinya hanya numpang lewat saja, sebaiknya Sobat Lakuuu mengikuti beberapa tips mengelola gaji di bawah ini.

1.  Mengontrol Gaya Hidup

Tips pertama agar gaji tidak numpang lewat saja adalah dengan mengontrol gaya hidup. Sobat Lakuuu tidak bisa selamanya hidup dengan cara seperti orang lain karena hal tersebut hanya akan membuat Sobat Lakuuu lelah.

Mulailah untuk menahan diri dari sikap konsumtif dan impulsif serta gunakan uang hanya untuk membeli kebutuhan saja. Apalagi jika Sobat Lakuuu merupakan orang yang mudah tergoda dengan promo-promo menarik atau diskon besar.

Jika ingin membeli sesuatu di supermarket, sebaiknya membawa sedikit uang dan mencatat kebutuhan apa saja yang akan dibeli. Dengan cara tersebut maka akan membuat Sobat Lakuuu tidak membeli keinginan yang lain.

2.  Memiliki Daftar Kebutuhan

Gaji numpang lewat mungkin disebabkan karena Sobat Lakuuu tidak mendaftar kebutuhan menjadi lebih rinci. Seperti misalnya adalah membuat daftar kebutuhan primer dan sekunder, tentu harus mendahulukan kebutuhan primer.

Beberapa contoh kebutuhan primer adalah tagihan listrik, cicilan, makan, tabungan, transportasi dan sebagainya. Sedangkan untuk kebutuhan sekunder bisa mencakup biaya liburan, berbelanja, menonton dan sebagainya.

3.  Memisahkan Uang Tabungan

Tips yang berikutnya adalah dengan memisahkan uang tabungan setelah mendapatkan gaji. Jadi Sobat Lakuuu bisa membeli kebutuhan dengan sisa gaji yang telah disisihkan untuk tabungan.

Jangan sampai membeli kebutuhan terlebih dahulu baru disisihkan. Hal itu biasanya sulit dilakukan karena khawatirnya Sobat Lakuuu muncul keinginan untuk membeli sesuatu yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

4.  Buat Rekening Khusus

Tips terakhir adalah membuat rekening khusus untuk uang tabungan. Jadi Sobat Lakuuu bisa tetap mengontrol pemasukan dan pengeluaran.

Kebiasaan Buruk yang Bikin Gaji Cepat Habis

Ada beberapa kebiasaan buruk yang sepertinya sering Sobat Lakuuu lakukan sehingga gaji numpang lewat. Beberapa kebiasaan buruk tersebut adalah sebagai berikut:

1.  Nongkrong Terus

Sobat Lakuuu pasti suka nongkrong bersama teman untuk menghilangkan penat, hal tersebut memang wajar dilakukan, akan tetapi jangan terus menerus. Tidak sadar bahwa walaupun hanya mengeluarkan sedikit uang, tetapi jika dilakukan terus akan berbahaya.

Gaji yang didapat bisa hanya numpang lewat atau cepat habis. Secara tidak sadar Sobat Lakuuu sudah melakukan keborosan. Oleh karena itu mulai sekarang kurangi kebiasaan nongkrong yang tidak penting.

2.  Belanja Online

Sering mendapatkan pemberitahuan tentang promo gratis ongkir ternyata hal tersebut bisa menimbulkan hidup boros. Walaupun ada promo gratis ongkir tetapi jika Sobat Lakuu terus menerus belanja online juga tidak baik.

3.  Delivery Makanan

Sekali-kali bolehlah menghibur diri dengan memesan makanan cepat saja di awal bulan, akan tetapi jangan sampai terus menerus. Delivery makanan sama dengan belanja online yang akan membuat gaji cepat habis.

Kini Sobat Lakuuu bisa mulai mengurangi kegiatan mana yang dapat menimbulkan gaji numpang lewat. Mulailah untuk mengubah gaya hidup sesuai dengan dompet.

Jangan sampai hanya karena gengsi mengorbankan kebutuhan penting yang seharusnya dibeli. Sobat Lakuuu bisa membuat daftar barang yang menjadi kebutuhan untuk mencegah gaji numpang lewat.
Bagikan artikel

Artikel Terkait

alasan-kompetitor-tawarkan-harga-murah
Insight
Perang Harga, Ini Alasan Kompetitor Tawarkan Harga Murah
Menjalankan suatu bisnis pasti tidak terhindar dari yang namanya perang harga, yaitu kondisi dimana antar pebisnis saling bersaing dengan menurunkan harga demi ...
membangun-brand-identity-dengan-canva
Insight
5 Cara Mudah Membangun Brand Identity Hanya Dengan Bermodalkan Canva
Sobat Lakuuu pastinya sudah tidak asing lagi dengan Canva ya kan? Platform desain gratis yang dirancang khusus untuk ...
efek-pay-later
Insight
Menjadi Alat Utama Pembayaran, Ini 5 Efek PayLater yang Tidak Kamu Sadari
Sobat Lakuuu pasti sudah tidak asing lagi dengan sistem pembayaran PayLater yang marak digunakan ini kan? Sistem pembayaran ...
pentingnya-review-dan-testimoni-untuk-bisnis
Insight
Pentingnya Review dan Testimoni Untuk Bisnis Agar Semakin Sukses
Pentingnya review dan testimoni untuk bisnis dimasa sekarang dan masa depan tentulah sangat berpengaruh. Mungkin belum begitu banyak yang menyadari manfaat dari ...