Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

Pentingkah Hashtag Untuk Bisnis Online?

by Lakuuu Team 1 September 2021

hashtag-untuk-bisnis-online
Hashtag atau bisa dibilang tagar [#] pastinya sudah tak asing lagi untuk Sobat Lakuuu. Tagar saat ini semakin banyak dipakai di media sosial seperti Twitter atau Instagram. Tagar ini memiliki kegunaan seperti hyperlink yang dimana dia bisa dipakai agar dapat mempermudah orang lain untuk mencari topik terkait.

Tidak hanya di media sosial saja, tagar juga memiliki manfaat untuk bisnis online. Sobat Lakuuu juga bisa menggunakan tagar sebagai opsi untuk dapat menentukan target pelanggan serta positioning produk yang Sobat Lakuuu jual. Misalnya saja Sobat Lakuuu memakai tagar seperti #bajulucu, #bajukeren, atau #bajuviral. Sobat Lakuuu bisa menyelesaikannya dengan brand yang dibuat untuk bisnis toko online.

Tips Mengoptimalkan Hastag Dalam Bisnis Toko Online

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Sobat Lakuuu coba untuk mengoptimalkan tagar dalam bisnis toko online yang dijalankan.

  • Buat Challenge atau Tantangan

Challenge atau tantangan adalah salah satu opsi agar membuat konten tersebut menjadi dikenal banyak orang. Misalnya ice bucket challenge atau falling star challenge. Sobat Lakuuu juga bisa membuat tantangan tersebut kepada pelanggan. Buatlah challenge yang dinilai sangat menarik dimana challenge itu juga perlu menyertakan tagar.

Supaya tantangan itu bisa diterima oleh pelanggan, Sobat Lakuuu perlu memberikan penghargaan atau reward jika mereka sanggup menyelesaikan tantangan yang Sobat Lakuuu berikan.

Selain itu juga, jangan sampai lupa meminta info email ataupun nomor Hp bagi konsumen yang mengikuti tantangan itu. Fungsinya adalah agar dapat memberi informasi lanjutan mengenai challenge yang diberikan serta menjadi media promosi dalam bisnis online yang Sobat Lakuuu jalankan.

  • Gunakan Tagar untuk Membuat Cerita

Hampir kebanyakan orang suka sekali mengisahkan ceritanya. Maka Sobat Lakuuu bisa membuat supaya mereka menceritakan kisah yang berkaitan dengan toko online Sobat Lakuuu. Dengan membuat cerita, maka ini akan membuat toko Sobat Lakuuu semakin menarik serta tagar yang muncul bakal membuat konsumen yang mengunggahnya merasa jadi bagian dari tokomu. Dengan demikian, secara tak langsung melalui tagar orang lain akan membantumu melakukan aktivitas marketing.

  • Buat Rencana atau Riset Tagar

Tips yang ketiga ialah membuat hashtag sebagai opsi strategi marketing, yaitu membuat rencana serta riset konten dan tagar yang bisa meningkatkan traffic atau brand awareness ke sosial media toko online Sobat Lakuuu. 

Selepas membuat riset tersebut, masukkan kedalam rencana komprehensif. Jangan lupa menyesuaikannya ke masing-masing konten serta hastag yang berkarakter di setiap sosial media. Contohnya, foto untuk Instagram, video untuk Facebook, ataupun artikel untuk blog.

  • Pakai Teknik Mengekor

Tagar bisa digunakan menjadi personal branding toko online yang Sobat Lakuuu jalankan. Sehingga Sobat Lakuuu bisa memanfaatkan tagar tersebut untuk memperkenalkan bisnis lebih luas lagi. Caranya adalah, Sobat Lakuuu dapat memasukkan tagar yang mencantumkan nama toko online yang dirancang menggunakan topik yang tengah populer.

Misalnya fenomena model Kaftan Syahrini atau Jilbab Aisyah. Jilbab Aisyah dikenal dalam film Indonesia ‘Ayat-Ayat Cinta’ sebab jilbab itu digunakan pemeran utamanya, yaitu Aisyah.

Sedangkan Kaftan Syahrini, terkenal lantaran artis kenamaan Indonesia, Syahrini saat itu seringkali menggunakan baju kaftan sehingga jelang lebaran ada yang menjual kaftan Syahrini. Nah, seperti itulah strategi mengekor yang dimaksud.


Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan Tagar

Tagar mudah digunakan, akan tetapi dalam pemakaiannya Sobat Lakuuu juga tak bisa sembarangan apalagi jika dipakai untuk strategi melancarkan bisnis online yang dijalankan. Sebaiknya, Sobat Lakuuu juga perlu memperhatikan tata cara pemakaiannya. Ada dua hal yang harus diperhatikan untuk pemakaian tagar, diantaranya adalah:

  • Kuantitas

Hal pertama yang harus Sobat Lakuuu perhatikan adalah kuantitas tagar tersebut. Jangan sampai Sobat Lakuuu memasukkan terlalu banyak tagar dalam postingan Sobat Lakuuu. Tapi, tidak berarti juga terlalu sedikit. Sesuaikan tagar dengan topik kontenmu. Hal itu karena manfaat tagar sendiri ialah sebagai pemisah, pengelompokan, atau pembatas antara satu topik yang sedang dibahas.

  • Relevan

Fungsi kedua tagar untuk strategi pemasaran adalah memberi pesan tambahan kepada konsumen untuk semakin mengenal brand yang Sobat Lakuuu keluarkan. Maka dalam pemakaiannya, sebaiknya Sobat Lakuuu memilih tagar dengan kata atau huruf yang tidak lebay dan alay. Tak ada salahnya jika Sobat Lakuuu memakai kata yang terbilang lebay dan alay akan tetapi itu kurang relevan. Jadi, upayakan informasi tagar yang Sobat Lakuuu masukkan tersebut sudah relevan dengan topik yang sedang dibahas.