Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

10 Ide Bisnis dengan Modal Kecil, Cocok untuk Mahasiswa!

by Lakuuu Updated at 5 October 2022

ide-bisnis-dengan-modal-kecil
Berbekal kreativitas dan berani ambil risiko, ide bisnis dengan modal kecil ini mampu membuat mahasiswa sukses sambil kuliah. Usaha yang dilakukan oleh mahasiswa bisa berhasil jika bersikap tanggung jawab.

Tidak jarang seorang mahasiswa dituntut agar bisa mandiri serta tidak hanya bergantung pada keuangan orang tua saja. Apalagi jika Sobat Lakuuu perantau, di mana harus menyimpan sebagian untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

Satu cara agar bisa memenuhi kebutuhan penting lainnya ialah dengan menjalankan usaha. Lantas usaha atau bisnis seperti apa yang dapat dilakukan oleh seorang mahasiswa tanpa memerlukan modal besar.

Menjadi seorang mahasiswa memang ada cukup banyak peluang yang disediakan. Misalnya bekerja magang atau ikut gabung dalam organisasi kemahasiswaan, kesempatan tersebut dapat dijadikan pengalaman dan menambah uang saku.

Bukan hanya menambah uang jajan, namun usaha yang dilakukan ketika masih menjadi pelajar dapat dijadikan pilihan ketika lulus. Sobat Lakuuu juga tidak perlu bingung mengenai urusan keuangan jika sudah lulus.

Jika bermasalah mengenai keuangan, maka tidak perlu khawatir sebab beberapa ide usaha untuk mahasiswa tidak memerlukan modal besar. Sebelum mulai berbisnis, maka wajib mempunyai tanggung jawab dan berani ambil risiko.

Plus Minus Berbisnis Sebagai Mahasiswa

Ada banyak hal positif yang bisa didapatkan Sobat Lakuuu ketika melakukan usaha saat masih jadi mahasiswa. Seperti menambah uang jajan, jadi tidak perlu terus menunggu kiriman dari orang tua.

Selain itu melakukan bisnis dengan modal kecil, mahasiswa juga bisa menambah pengalaman. Ini akan memberitahukan bagaimana rasanya gagal saat berbisnis dan bahkan berpeluang sukses juga jika rajin serta tekun.

Menghasilkan uang sendiri, maka Sobat Lakuuu juga dapat mengelolanya secara pribadi. Salah satu caranya adalah menjadikannya sebagai tabungan masa depan, karena penghasilan dapat disisihkan sebagian untuk ditabung.

Namun diantara kelebihan tersebut ada beberapa kekurangan berbisnis saat masih pelajar. Seperti kuliah jadi keteteran, sehingga komitmen merupakan hal wajib dan harus bertanggung jawab dengan apa yang dikerjakan.

Sering sekali mahasiswa yang menjalankan usaha lupa akan kesehatannya dan jadi lebih mudah sakit. Waktu merupakan hal krusial dalam kehidupan, jadi Sobat Lakuuu juga harus memperhatikan pengelolaan waktu dengan baik.

Jika mau sukses maka harus dapat mengatur waktu sebaik mungkin. Sebagai anak kuliahan, maka harus membagi waktu antara kuliah, tugas, dan bekerja, ini dilakukan agar bisa raih sukses saat muda.

Jenis Bisnis dengan Modal Kecil

Ada beberapa jenis usaha yang bisa dilakukan saat masih dibangku perkuliahan. Dengan modal kecil bisa meraih sukses jika tekun dan mematuhi tiap aturannya secara tepat.

1. Preloved (Jual Barang Bekas)

Usaha yang sedang trend ialah preloved, sebab dalam beberapa poin orang lebih memilih beli barang bekas. Karena harganya lebih murah dan barangnya masih bagus untuk dipakai. Walaupun bisnis dengan modal kecil tetapi keuntungannya besar.

2. Jasa Penerjemah

Jika Sobat Lakuuu punya kemampuan berbahasa asing, maka manfaatkan skill tersebut untuk membuka usaha. Apalagi jika mahasiswa tersebut dari jurusan bahasa, maka akan lebih mudah lagi.

3. Membuka Les Privat

Anak SD, SMP, atau SMA sering memerlukan guru privat, ini bisa dijadikan peluang mengajar kalangan tersebut. Membuka les privat di bidang yang dikuasai akan memberikan keuntungan.

4. Online Shop

Berbelanja online juga disukai mahasiswa, Sobat Lakuuu bisa memanfaatkannya untuk membuka online shop. Caranya juga mudah serta pemasarannya cukup melalui semua sosial media, untuk awalnya bisa menjadi reseller atau dropshipper.

5. Jual Pulsa

Smartphone jadi kebutuhan tiap mahasiswa juga, karena sibuk sering tidak bisa keluar membeli pulsa atau paket data. Di sini dapat memberikan peluang usaha menguntungkan karena tidak perlu modal besar.

Ide Bisnis dengan Modal Kecil Lainnya

Selain beberapa usaha bermodal kecil diatas, masih ada beberapa lagi yang bisa dilakukan oleh mahasiswa. Pelajar dapat memilih salah satunya di mana paling dikuasai dan menguntungkan.

1. Print Online

Pelajar selalu punya kegiatan padat di kampus serta tugas menumpuk, sering juga tidak punya waktu mencetak tugasnya. Di sini dapat dijadikan peluang usaha untuk Sobat Lakuuu yang punya printer.

2. Jasa Foto Video Desain

Mahasiswa yang jago editing dan fotografi bisa memilih bisnis ini. Modalnya hanya kamera, laptop untuk editing dan kemampuan mengedit foto, video, dan desain, serta skill fotografi.

3. Service Laptop

Laptop atau komputer merupakan kebutuhan mahasiswa, namun tidak semua dapat memperbaikinya jika rusak. Jika mahasiswa punya skill ini, maka bisa menjadikannya sebagai peluang usaha menguntungkan.

4. Freelancer

Jika Sobat Lakuuu punya kemampuan tulis menulis maka bisa menjadi penulis lepas. Cukup memerlukan skill menulis dan kreativitas saja sudah bisa mendapatkan keuntungan, bahkan tanpa modal besar.

5. Jadi Asisten Dosen

Menjadi asisten dosen bukan hal baru lagi, apalagi beberapa dosen memerlukan bantuan mahasiswanya untuk menyelesaikan beberapa tugasnya. Umumnya dosen juga akan memberikan fee kepada mahasiswanya sebagai imbalan.

Meski masih menjadi pelajar, namun Sobat Lakuuu bisa cari penghasilan tambahan jika tekun dan bertanggung jawab. Beberapa ide bisnis dengan modal kecil bisa dimanfaatkan mahasiswa untuk menambah uang jajan.