Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

5 Ide Usaha yang Menguntungkan dengan Modal Kecil

by Lakuuu 4 June 2021

ide-usaha-yang-menguntungkan
Untuk membangun sebuah usaha yang menguntungkan ternyata tidak harus memiliki modal besar. Modal kecil pun ternyata bisa dikembangkan menjadi sebuah usaha cukup besar. 

Kunci dalam membangun usaha tidak fokus pada ide – ide brilian saja. Tetapi juga seperti yang dikutip dari ucapan Bob Sadino yaitu usaha yang baik adalah usaha yang dijalankan, maka keberhasilan akan mengikuti, terlebih apabila dibarengi dengan proses belajar dan menyesuaikan kebutuhan dari pasar. 



Mengapa Perlu untuk Membuka Usaha

Membuka bisnis adalah pilihan untuk beberapa orang, terkadang seseorang lebih nyaman ketika memiliki tujuan serta target tertentu. Tetapi disisi lain, ada juga orang – orang yang ingin bereksplorasi dan mengekspresikan dirinya. 

Orang – orang semacam itu memiliki kecenderungan untuk mampu membuka usaha yang menguntungkan. Memang ketika memulai usaha, tantangannya sangat besar,mulai dari pesaing bisnis yang sudah lama dalam bidang nya hingga masalah pendanaan.

Di setiap permasalahan pastinya terdapat pemecahannya. Apabila tidak ingin bersaing dengan brand besar, Anda bisa mencoba mengambil franchise yang sudah sukses  dan terkenal. 

mengenai masalah modal, tidak perlu dikhawatirkan. Konsep dari entrepreneur adalah mengelola sumber daya yang ada. Tidak harus sumber daya sendiri. Bisa memanfaatkan investor, pinjaman dana, atau patungan dengan rekan bisnis. 

Terlebih lagi ketika memiliki ide unik yang belum pernah dimunculkan oleh orang lain. Tentunya memiliki peluang serta prospek tinggi. Contohnya dulu ojek online tidak pernah ada, sekarang sudah sangat menjamur dengan berbagai layanannya. 

Ide – ide tersebut nilainya mahal, terlebih ketika mampu memberikan solusi atas berbagai keperluan masyarakat di masa mendatang. Mempelajari kebutuhan serta membangun ciri khas produk menjadi sebuah perencanaan penting.

 


Ide – Ide Unik untuk Inspirasi Bisnis Anda

Munculnya sebuah inovasi tidak begitu saja, melainkan mengolah, memahami, serta mengkombinasikan berbagai ide sebelumnya. Sehingga tercipta temuan baru dengan kemampuan pemecahan masalah lebih baik dan mudah. 

Apabila Anda memiliki keinginan membuka usaha yang menguntungkan bagi Anda, maka mengumpulkan ide adalah hal tepat. Cobalah memahami kebutuhan masyarakat dari produk – produk populer, nantinya bisa menginspirasi alternatif bisnis lainnya. 



Membuka Usaha Laundry Kilat

Salah satu kemalasan orang – orang, terutama bagi yang tinggal sendiri atau sibuk adalah mencuci baju. Ketika hari – hari kerja, cenderung terlalu capek, sedangkan ketika memperoleh libur cenderung digunakan untuk refreshing diri. 

Mencuci sebagai kegiatan utama kini menjadi dipinggirkan, selain itu adanya tempat laundry menjadi kemudahan mereka dalam mengurusi baju kotor. Terlebih sudah disetrika, diberi pewangi, dan dilipat secara rapi. 

Saat ini semakin banyak orang – orang mengandalkan jasa cuci untuk keperluan pakaian mereka. Ini adalah peluang menarik, terlebih apabila bisa menjanjikan selesai dalam waktu cepat, tentunya akan jadi usaha yang menguntungkan. 



Membuka Warung Makan atau Kafe

Makan adalah kebutuhan primer, setiap orang butuh makan agar mampu memenuhi kebutuhan energinya. Membuka warung makan bisa menjadi salah satu alternatif bagi Anda, terlebih apabila memiliki resep unik dan nikmat. 

Tidak harus besar dan bagus, asalkan nyaman, lezat dan higienis, maka orang – orang cenderung untuk mampir dan makan di warung makan atau Kafe anda. Dengan begitu modal yang dibutuhkan tidak akan terlalu banyak. 

Untuk menarik minat anak muda, Anda bisa menambahkan dekorasi minimalis modern seperti menyediakan spot foto, serta membuat sebuah tema – tema menarik dan unik untuk dibagikan di  sosial media. 



Usaha di Bidang Salon Hewan

Siapa sangka salon hewan merupakan peluang bisnis yang menguntungkan. Mengingat saat ini banyak sekali penggemar hewan seperti kucing dan anjing sebagai teman bermain di rumah. 

Membersihkannya serta memberikan perawatan terkadang membutuhkan tenaga ahli. Karenanya membuka salon hewan bisa memberikan prospek serta keuntungan besar apabila dipasarkan dengan baik. 



Bisnis Cemilan atau Makanan Ringan

Setiap orang suka ngemil, baik ketika sedang bekerja maupun ketika bersantai sambil menonton tayangan kesukaannya. Ngemil digunakan sebagai alternatif untuk mengontrol nafsu makan tinggi, ketika dilakukan dengan benar bisa menyehatkan. 

Cemilan atau makanan ringan juga bisa memperbaiki mood atau menambah nutrisi. Sehingga meskipun sedang mengalami hari buruk, cemilan dapat membantu agar masih  tetap semangat dan tetap bekerja dengan baik. 

Cara menjajakannya bisnis cemilan juga bisa beraneka ragam, contohnya bisa menitipkan pada toko – toko, atau menaruhnya pada platform online. Terlebih saat ini banyak sekali memanfaatkan kesempatan di rumah untuk membuat cemilan. 



Menjadi Reseller Produk – Produk Kecantikan

Produk kecantikan memang tidak pernah padam popularitasnya. Terlebih setelah hadirnya media sosial, dimana orang-orang bebas mengekspresikan diri. Setiap orang ingin berlomba – lomba tampil terbaik bagi audiens mereka. 

Kondisi ini membuat berbagai produk kecantikan  makin digemari. Seperti pembersih wajah, penghilang jerawat, pemutih wajah, dan lain sebagainya. Jangan khawatir, Anda tidak perlu lagi membuat produk baru agar bisa anda jual, tapi bisa menjadi reseller produk kecantikan saja. 

Caranya juga tidak sulit, karena sekarang sudah bisa menggunakan tools – tools pemasaran di berbagai media sosial. Tinggal ditambah membuka toko pada e-commerce atau membuat website saja untuk memudahkan proses pesan dan transaksinya. 



Memulai Bisnis dari Mana Dulu?

Walau seluruh persiapan seperti  ide, rekan bisnis, cara mencari pelanggan dan produknya sudah siap dan matang. Namun, darimana harus memulai bisa menjadi salah satu kebingungan untuk memulai usaha atau bisnis yang menguntungkan. 

Untuk memulainya tentunya diperlukan keberanian untuk menjalankan bisnisnya terlebih dahulu, apalagi jika persiapannya sudah matang. Ketakutan akan ketidakberhasilan harus segera disingkirkan. Ganti dengan sikap hati–hati dan evaluatif. 

Langsung berhasil di percobaan pertama adalah suatu hal langka. Orang – orang besar selalu memulai dengan trial dan error, hingga akhirnya menemukan rumusannya dan berhasil mengembangkannya. Jadi, jangan patah semangat ketika mengalami kegagalan. 

Memiliki kemapanan ekonomi adalah dambaan setiap orang. Namun cara setiap orang dalam mencapainya berbeda – beda, mulai dari bekerja dengan gaji besar, berinvestasi, hingga membuka bisnisnya sendiri. 

Terkadang sempat terlintas dalam benak mengenai ide – ide menarik dan inovatif untuk dijadikan bisnis yang menguntungkan. Jadi, jangan didiamkan saja ketika mendapatkan ide-ide itu, catat dan persiapkan agar bisa menjadi usaha yang menguntungkan.