Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Instagram Shopping atau Facebook Store, Lebih Cuan Mana?

by Lakuuu 14 February 2022

instagram-shopping-atau-facebook-store
Baik fitur instagram Shopping atau Facebook Store keduanya menawarkan fitur sebagai platform bisnis online bagi penggunanya. Karena seperti kita tahu bahwa saat ini perkembangan belanja online semakin pesat sehingga tidak heran jika e-commerce juga semakin bermunculan.

Instagram dan Facebook biasanya hanya digunakan sebagai media sosial untuk berbagi konten foto maupun video. Namun sekarang Sobat Lakuuu bisa memanfaatkannya sebagai ladang untuk mencari cuan alias uang dengan membuka toko online.

Lalu antara keduanya lebih bagus mana? Tentu masing-masing e-commerce tersebut menawarkan keunggulannya sendiri. Tidak perlu bingung, pembahasan berikut kami akan memberikan ulasan tentang Instagram Shopping dan Facebook Store untuk menjadi pertimbangan.

Mengenal Instagram Shopping dan Fitur-fiturnya


Sobat Lakuuu pasti pernah bukan membuka menu Explorer di Instagram lalu ada tag berbentuk tas? Apabila di klik maka akan muncul toko-toko di Instagram, itulah yang dinamakan dengan Instagram Shopping Service.

Fitur tersebut merupakan lapak yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna Instagram untuk membuat toko online dan menjual produk mereka. Pelaku bisnis juga bisa menyelipkan landing page yang memuat beberapa informasi seperti gambar, deskripsi dan harga produk.

Sebagai fitur media promosi, berikut ada beberapa kelebihan dan kekurangan Instagram shop:


Kelebihan:

  1. Menawarkan fitur gratis. Dalam menggunakan layanan tersebut tidak dipungut biaya alias gratis sehingga dapat menghemat biaya promosi, terutama bagi yang baru membangun bisnis.
  2. Memiliki banyak pengguna. Memang dibandingkan platform media sosial lainnya, pengguna Instagram hampir mencapai 200 juta orang yang login setiap hari. Ini merupakan indikator pasar yang cukup besar bagi pemilik bisnis.
  3. Mudah digunakan. Algoritmanya cukup sederhana dibandingkan mesin pencarian Google sehingga cocok dipakai oleh pemula.
  4. Dapat dikoneksikan dengan media sosial lain. Dengan fitur ini maka Sobat Lakuuu agar lebih mudah mengontrol bisnis online.
  5. Mudah dan efektif melakukan promosi. Sudah dilengkapi dengan fitur Instagram ads yang tentunya semakin memudahkan pelaku bisnis untuk memasarkan mereknya.
  6. Media utama berupa foto. Membagikan konten berupa foto memang dinilai lebih efektif saat jualan online agar memudahkan calon pembeli memilih kebutuhannya.

Kekurangan:


1. Harus rajin update agar tidak tenggelam karena timeline Instagram cenderung cepat sama halnya dengan Twitter.

2. Rentan spamming, solusi mengatasi hal ini maka bisa membatasi kolom komentar.
3. Transaksi kurang praktis karena memang platform ini lebih dirancang sebagai media sosial dibandingkan marketplace.


Mengenal Fitur-fitur Facebook Store untuk Jualan Online


Selain Instagram shopping, Sobat Lakuuu juga bisa memanfaatkan fitur Facebook Store untuk berjualan. Dilihat dari reviewnya memang fitur ini tidak begitu populer dibandingkan platform marketplace lainnya.

Cara kerja platform ini yakni bisa digunakan bagi yang telah memiliki Toko Profil Instagram atau Toko Halaman Facebook. Toko bisa dimanfaatkan untuk menampilkan berbagai produk yang dijual.

Pengunjung toko dapat melihat produk-produk yang dijual pada Kabar Beranda di tab Facebook Shop. Jika toko diikuti oleh konsumen maka mereka juga akan mendapatkan notifikasi apabila pemilik toko menambahkan inventaris baru di etalase.

Keunggulan:

  1.  Ada katalog produk yang memungkinkan pengguna untuk membuat katalog berisi nama, jenis produk, informasi dan harga. Katalog berupa foto atau gambar untuk memudahkan jualan online.
  2.  Segmen loyalitas, sebagai fitur yang menarik untuk memudahkan pembayaran. Fitur ini untuk mendukung agar pelanggan menjadi loyal terhadap toko. Di segmen ini penjual dapat menghadirkan berbagai informasi terbaru seperti produk gratis atau promo tertentu.

3. Siaran langsung, yakni fitur live yang dapat dimanfaatkan oleh penjual untuk mereview produk mereka secara live. Fitur ini cukup populer di kalangan marketplace karena dapat mendatangkan lebih banyak pelanggan.

Sobat Lakuuu juga dapat mencantumkan call to action saat melakukan siaran live. Bahkan simbol berbelanja juga bisa ditambahkan sehingga cocok dijadikan fitur untuk berinteraksi dengan calon pelanggan.

Kekurangan:

Untuk saat ini belum banyak review yang menjelaskan tentang kekurangan penggunaan Facebook Shop untuk berjualan online. Namun jika dibandingkan dengan marketplace lainnya, fitur-fitur yang ditawarkan oleh Facebook ini masih cenderung terbatas.

Pilih Instagram Shopping atau Facebook Store?


Setelah melihat penjelasan diatas, lalu mana yang lebih baik antara Instagram Shop atau Facebook Store untuk berjualan online? Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, tapi jika dioptimalkan dengan baik tentu dapat mendukung bisnis Sobat Lakuuu yang ingin menjangkau konsumen lebih.

Apalagi saat ini Instagram dan Facebook masih menjadi dua media sosial besar yang mempunyai banyak pengguna aktif setiap harinya. Terutama bagi yang menargetkan konsumen dari kalangan milenial, mulai dari usia remaja hingga dewasa.

Keduanya sama-sama dapat dioptimalkan untuk mendatangkan profit lebih banyak. Jadi akan lebih baik jika Sobat Lakuuu memiliki toko di setiap media sosial tersebut, tidak ada salahnya bukan?

Jangan hanya mengandalkan satu marketplace saja untuk berjualan online. Manfaatkan platform Instagram shopping maupun Facebook store untuk meningkatkan profit bisnis, terutama bagi yang masih baru merintis.