Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Apa Itu Internet Marketing?

by Lakuuu Team 15 September 2021

internet-marketing
Di era digital, hampir sebagian besar orang bisa mengakses internet untuk mendapatkan informasi tertentu. Tak hanya informasi, bahkan internet juga bisa digunakan untuk memaksimalkan kinerja dari bisnis yang dimiliki. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan pemasaran yang kita kenal dengan internet marketing. 

Tapi sebenarnya, apa itu internet marketing? Lalu, apa tujuan seseorang atau suatu bisnis menggunakan internet marketing bagi usahanya? Bagi yang penasaran, silakan simak ulasan berikut ini baik-baik, ya!

Pengertian Internet Marketing

Internet marketing bisa didefinisikan sebagai suatu metode atau strategi dalam pemasaran yang menggunakan bantuan internet untuk memasarkan produk maupun layanan dari suatu bisnis melalui media sosial atau berbagai platform secara online. 

Untuk contoh platform yang sering digunakan sebagai media internet marketing adalah email, blog, website, search engine, dan juga media sosial. Secara prinsip pemasaran, internet marketing tidak memiliki perbedaan yang berarti dengan metode pemasaran konvensional.

Hanya saja, yang berbeda adalah medium penyampaiannya, yakni berfokus memasarkan produk maupun layanan dengan bantuan teknologi atau seluruh prosesnya dilakukan secara online. 

Tujuan Internet Marketing

Tujuan dari penggunaan metode ini adalah untuk mendapatkan impresi dan juga segmen pasar atau konsumen yang lebih luas dibandingkan metode pemasaran konvensional. Dengan bantuan internet, suatu bisnis atau usaha bisa lebih terhubung dengan sangat banyak konsumen. 

Bahkan bisa dibilang, hanya dengan internet marketing, seseorang atau bisnis tidak hanya bisa memasarkan produk dan jasanya di daerah regional atau daerah saja, melainkan bisa secara nasional atau bahkan internasional.

Apalagi menurut beberapa informasi, sekitar 68% pengguna yang berselancar internet melakukan transaksi. Ini artinya, angka tersebut sangat besar jika dijadikan target pasar suatu produk ataupun jasa. 

Strategi Internet Marketing

Ada beberapa strategi marketing secara online bagi suatu bisnis maupun usaha yang bisa dilakukan untuk mendapatkan konsumen lebih banyak lagi. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Membuat website resmi

Salah satu metodenya adalah dengan membuat website resmi dari suatu perusahaan. Dengan membuat website resmi, perusahaan akan semakin dikenal dan semakin mendapatkan persepsi baik dari para pelanggan yang melihat nya. 

Menurut beberapa informasi, perusahaan yang memiliki website resmi akan lebih dipercaya oleh pelanggan. Maka dari itu, sangat tepat jika suatu usaha atau bisnis memilikinya. 

Terkait konten yang harus ada di dalamnya adalah tentang profil perusahaan atau bisa juga membagikan kinerja perusahaan berupa laporan keuangan—jika perusahaan memang sudah go public. 

2. Menggunakan bantuan SEO

Setelah perusahaan memiliki website resminya, tentu di dalam website tersebut harus ada konten agar tidak terlihat kosong dan terlihat masih produktif. Untuk itu, perusahaan butuh menggunakan bantuan SEO jika ingin meningkatkan traffic dan juga ‘menghidupkan’ website yang telah dibangun.

SEO bisa diterapkan dengan beberapa prinsipnya yakni setting on page, off page, dan juga melakukan riset keyword serta mengoptimalkannya dalam suatu konten yang akan dibagikan. 

Itu adalah cara yang umumnya digunakan. Selain cara tersebut, masih ada email marketing, optimasi pada marketing di sosial media, membuat blog, dan juga melakukan affiliate marketing. 

Perbedaan Internet Marketing dan Digital Marketing

Selain internet marketing, tentu Sobat Lakuuu juga pernah mendengar istilah digital marketing. Keduanya sering dibilang sama, tapi sebenarnya berbeda loh. Perbedaannya ada pada definisinya sendiri. 

Internet marketing itu merupakan strategi menjual atau memasarkan produk dengan internet yang bertujuan untuk promosi, meningkatkan penjualan, branding, dan juga upaya lain untuk membuat konsumen membeli produk maupun jasa yang ditawarkan. 

Sedangkan digital marketing, merupakan sistem pemasaran yang bisa menjangkau pelanggan secara tepat, cepat, dan juga pribadi dengan menggunakan media digital. Dengan itu, bisa dikatakan jika internet marketing merupakan bagian dalam diterapkannya digital marketing karena media digital punya jangkauan yang lebih luas.