Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Apa Sih Sebenernya Investasi Itu? Simak Penjelasannya Berikut Ini!

by Lakuuu Team 27 July 2021

investasi
Secara umum, pengertian investasi adalah suatu penanaman dana atau aset oleh perusahaan maupun perorangan dalam jangka waktu tertentu. Salah satu tujuannya adalah untuk mendapatkan timbal balik yang jauh lebih besar pada masa depan nanti.

Bagi seseorang yang sudah lama terlibat dalam dunia penanaman modal, baik itu lokal atau internasional, maka istilah ini tidak asing lagi. Sedangkan bagi para pemula, penjelasan mengenai melakukan aktivitas seperti ini tentu sangat perlu agar mereka paham dan bisa melakukannya.

Berikut Ini Pengertian dari Investasi Serta Manfaatnya

Merupakan sebuah kegiatan atau cara untuk mengembangkan jumlah harta atau uang yang Sobat Lakuuu miliki saat ini. Secara sederhana adalah untuk mendapatkan dana lebih banyak sehingga untung pada masa depan dan mencapai tujuan tertentu.

Misalnya saja tujuan Sobat Lakuuu adalah ingin menyekolahkan anggota keluarga, membangun rumah, membuka usaha dan lain sebagainya. Jadi tak heran jika saat ii sudah mulai banyak yang melakukan kegiatan seperti ini.

Nah, penanaman dana atau aset ini juga sering dilakukan oleh perorangan atau perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Seperti tadi, bahwa salah satunya adalah untuk mendapatkan timbal balik yang jauh lebih besar lagi pada masa depan.

Dalam sisi lain, pengertian tersebut adalah suatu cara dalam mengembangkan jumlah harta atau uang yang Sobat Lakuuu miliki saat ini. Intinya adalah untuk mendapat dana yang lebih besar lagi dan memperoleh keuntungan.

Jenis-jenis Investasi

Pasalnya investasi bisa termasuk ke dalam dua jenis yang berbeda berdasarkan pada jangka waktunya. Dari penggolongan tersebut akan membuatnya menjadi jenis jangka pendek maupun untuk jangka panjang.

Nah, untuk melakukan dalam jangka pendek juga akan memungkinkan Sobat Lakuuu sebagai investor untuk mendapat keuntungan. Terutama dalam kurun waktu sekitar satu tahun sampai dengan tiga tahun saja.

Sementara itu, untuk jangka panjang, maka akan membutuhkan waktu yang lama lagi agar Sobat Lakuuu dapat menikmati hasil akhirnya. Sobat Lakuuu juga dapat memperoleh keuntungannya dalam waktu dari tiga hingga belasan atau puluhan tahun yang akan datang.

Kekayaan atau Nilai Aset Meningkat

Secara otomatis, maka investasi mampu meningkatkan kekayaan atau nilai aset yang Sobat Lakuuu miliki. Artinya, aset yang maksudnya adalah tidak terbatas pada properti apapun.

Akan tetapi, uang yang dimiliki dan tersimpan untuk dana awalnya juga bisa digolongkan juga sebagai asetnya. Aset tersebut apabila disisihkan untuk melakukan berinvestasi, maka akan lebih berkembang lagi semakin banyak.

Mampu Meraih Financial Freedom

Financial Freedom merupakan kondisi saat Sobat Lakuuu passive income yang bisa memenuhi kebutuhan atau gaya hidup. Pendapatan pasif ini dapat Sobat Lakuuu Peroleh melalui return investasi.

Jadi Sobat Lakuuu tidak harus mengejar karir atau bekerja agar bisa hidup lebih nyaman lagi. Nah, jika Sobat Lakuuu memiliki return yang cukup dalam memenuhi kebutuhan, artinya tidak harus bergantung lagi dalam pekerjaan lain untuk mendapat pendapatan.

Dapat Melindungi Kondisi Finansial

Menurut sejarah, inflasi rata-rata di Indonesia bisa mencapai hingga lebih dari 8,2 persen setiap tahunnya. Jika Sobat Lakuuu hanya menabung pada bank saja, maka uang yang tersimpan itu lama-lama akan habis juga.

Kenapa? Sebab bank hanya mampu memberikan returnnya sebesar 0,5 persen sampai 1,5 persen saja per tahunnya. Jadi jumlah tersebut jauh lebih sedikit daripada nilai inflasinya.

Maka dari itu, jika Sobat Lakuuu perlu melawan inflasi ini supaya aset yang ada tidak akan tergerus oleh inflasi. Apabila Sobat Lakuuu juga melakukan investasi terutama dalam bentuk pinjaman modal usahanya dari Modal Rakyat. Maka bisa memperoleh return hingga 25% per tahun.