Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

Berminat Untuk Investasi Emas? Kamu Wajib Tahu Beberapa Hal ini

by Lakuuu Updated at 5 October 2022

investasi-emas
Sobat Lakuuu harus tahu keuntungan investasi emas di zaman sekarang. Dari pada mengumpulkan uang banyak, untuk investasi pada sektor lain, mulailah dengan nilai minimum dengan beralih ke emas.

Ini bukan seperti Sobat Lakuuu membeli emas di toko perhiasan. Namun, yang dimaksudkan di sini adalah emas asli yang murni serta memiliki sertifikat. Ada jenis mini gold hingga antam dengan berat berbeda-beda.

Ada strategi tersendiri ketika ingin merasakan keuntungan investasi emas itu. Namun, sebelum memulai, memang harus memahami dulu dan mengetahui beberapa hal berikut agar nantinya tidak gagal.

Cara Investasi Emas yang Benar untuk Pemula

Untuk memulai sesuatu yang baru, memang seseorang perlu belajar. Tidak perlu terburu-buru, karena tidak ada ajang balapan di sini. Begitu juga bila Sobat Lakuuu ketika baru terjun pada dunia investasi emas.

Bila melihat dari sisi keuntungan investasi emas, tentu saja tertarik. Sobat Lakuuu bisa membeli ketika harga sedang turun, akan menjualnya kembali ketika harga sudah naik.

Tapi untuk bisa terus bertahan lama dalam kegiatan ekonomi seperti ini, perlu strategi, cara dan tujuan. Bila Sobat Lakuuu hanya iseng saja, atau tidak ada niatan karena ingin coba-coba, akan sulit bertahan dalam jangka waktu lama.

Maka dari itu, sedari awal, sebelum ikut bergabung ke investment seperti ini, harus mengetahui beberapa hal penting. Tujuannya, agar merasakan keuntungannya, dan sesuai sasaran yang telah Sobat Lakuuu ekspresikan.

Berikut ini adalah cara investasi emas yang benar bagi pemula, menggunakan strategi paling mudah :

  1. Tentukan tujuan kenapa Sobat Lakuuu ingin investasi emas. Mungkin dalam 5 tahun ke depan ingin memiliki kendaraan, rencana renovasi rumah, menikah, atau liburan.

Jika ada sesuatu yang ingin dicapai, pasti Sobat Lakuuu akan konsisten dalam invest dan mengambil keuntungannya saat mencapai target.

2. Pastikan membeli emas pada tempat yang tepat dan memiliki perlindungan resmi. Emas yang dibeli harus memiliki sertifikat asli dan resmi.

3. Pantau harga emas secara berkala. Karena tiap hari pasti mengalami perubahan entah itu turun, naik atau tetap.

4. Pilih produk emas bagus untuk diinvestasikan, tentukan juga jumlah yang Sobat Lakuuu sanggupi.

5. Dan terakhir, jika ingin menabung pilih lembaga penyimpanan terpercaya agar aman dan menghasilkan laba ketika dijual kembali.

Keuntungan Investasi Emas yang Harus Diketahui

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa keuntungan investasi emas itu cukup bagus, dibandingkan pada sektor lain. Orang lebih mengenal bahwa kegiatan investment itu mahal dan kerugiannya besar.

Tapi tidak untuk emas. Bisa dibilang, jika masih pemula dalam dunia investasi, memang lebih baik mencoba pada gold terlebih dulu. Bisa dimulai dengan harga murah, dan paling diuntungkan lagi, minim resiko.

Seperti Sobat Lakuuu ketahui, jenis investasi apa saja, pasti ada resikonya. Maka dari itu, saat mulai terjun pada dunia investasi, seseorang harus mengenal juga manajemen resiko. Tujuannya, agar nanti tidak kaget.

Meski begitu, di antara jenis investment lain, gold adalah sektor paling menguntungkan, dan jalan tengah bagi pemula yang ingin mendapatkan pengalaman berinvestasi. Berikut adalah keuntungannya 

  1. Sudah pasti paling penting bahwa gold sangat mudah dimiliki. Seiring perkembangan teknologi, bahkan bisa diakses melalui media elektronik seperti aplikasi dalam smartphone.
  2. Sebagai media perlindungan inflasi. Meski harganya murah, tapi komoditasnya dapat mempertahankan nilainya dalam jangka panjang, serta mampu menaklukan inflasi.
  3. Memiliki sifat diversifikasi, artinya logam mulia memiliki resiko yang sangat rendah, tapi nilainya tetap terus naik.
  4. Paling penting, keuntungan investasi emas nilainya selalu meningkat secara signifikan karena jumlahnya yang tidak banyak.
  5. Dan pastinya mudah untuk diperjualbelikan. Beli saat nilai turun, jual lagi saat nilainya tinggi.

Hindari Kesalahan Selama Melakukan Investasi Emas

Uraian tentang keuntungan investasi emas memang sangat menggiurkan, bukan? logam mulia bahkan kini, menjadi incaran milenial yang sedang belajar berinvestasi,

Tapi, meski minim resiko, ketika Sobat Lakuuu memulainya dengan cara salah, tentu bisa mengalami kegagalan. Untuk itu, harus tahu juga beberapa kesalahan dalam berinvestasi logam mulia ini.

Namanya juga masih belajar dan berproses, ada kesalahan, dimaklumi. Tapi jangan sampai kelewatan karena nanti Sobat Lakuuu bisa rugi.

Berikut beberapa jenis kesalahan yang harus dihindari. Terlebih lagi bagi para pemula, simak penjelasan berikut :

  1. Sejak awal, tujuan investasi Sobat Lakuuu mulai sudah salah. Emas yang dibeli justru jenis perhiasan dengan maksud untuk pamer ketika ada acara.
  2. Membeli logam mulia tidak teliti sehingga tingkat kemurniannya sedikit atau bahkan imitasi.
  3. Kesalahan selanjutnya, karena tidak memiliki tempat penyimpanan aman. Sehingga bisa hilang karena lupa atau dicuri orang.
  4. Tidak membandingkan harga emas, dan asal beli saja. Padahal, ada tempat lain yang harganya lebih murah, resmi, dan asli.
  5. Dan kesalahan terakhir, Sobat Lakuuu tidak memantau harganya sehingga kecolongan kesempatan untuk dapat laba.

Bila masih takut dan dana belum memadai, Sobat Lakuuu bisa memulai dari mini gold dulu seharga 25rb sampai 35rb. Ikuti cara berinvestasi yang benar agar dapat merasakan keuntungan investasi emas.