Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

Masih Bingung Apa itu Jasa Fulfillment? Yuk Cek di Sini!

by Lakuuu Updated at 5 October 2022

jasa-fulfillment
Fulfillment merupakan istilah yang paling sering didengar oleh para penggelut dunia e-commerce. Fulfillment sangat bermanfaat tidak hanya dalam pemenuhan proses pesanan saja, tetapi juga membantu melancarkan proses keseluruhan bisnis.

Sebelum Sobat Lakuuu menggunakan jasa fulfillment, alangkah baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan fulfillment, dan apa saja kelebihan lainnya yang ditawarkan dari jasa tersebut.

Apa yang dimaksud dengan jasa fulfillment?


Secara garis besar, fulfillment merupakan suatu tempat penyimpanan produk sementara yang dikelola oleh pihak gudang fulfillment. Umumnya, jasa fulfillment digunakan oleh para e-commerce berskala besar, untuk menyimpan seluruh barang atau produknya, sebelum nantinya akan dikirim ke konsumen.

Sejatinya, istilah jasa fulfillment merupakan istilah yang baru dalam dunia logistik, khususnya dalam sektor B2B dan B2C.

Jasa fulfillment adalah jasa pemenuhan dalam gudang penyimpanan atau warehousing dan ordering process yang dilengkapi dengan system advance yang membuat keseluruhan operasional berjalan dengan lancar dan profesional.

Semakin canggih dan berkembangnya teknologi, sektor jasa fulfillment juga mengalami perkembangan yang pesat, sehingga kini muncul istilah baru yang diberi nama e-fulfillment. Apa itu e-fulfillment?

Ringkasnya, e-fulfillment hampir mirip dengan fulfillment pada umumnya, tapi e-fulfillment dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan layanan warehouse berbentuk digital, seperti marketplace atau e-commerce.

3 Kelebihan Menggunakan Jasa Fulfillment


Berdasarkan informasi di atas, dapat disimpulkan bahwa kehadiran jasa fulfillment ini sangat penting, khususnya dalam menangani pesanan pembeli dalam jumlah yang besar. 

Berikut, 3 manfaat yang akan dirasakan oleh para pebisnis, khususnya berskala besar jika menggunakan jasa fulfillment.

1. Lebih mudah mengatur dan menyimpan barang dengan stock management

Penyimpanan barang di gudang adalah hal yang sangat krusial dan paling penting dalam manajemen barang. Penyimpanan barang yang baik, tidak hanya dapat menjaga keamanan barang itu sendiri, tetapi juga melancarkan alur pengiriman barang.  

Dengan perhitungan persediaan barang yang tepat dan jelas, maka perusahaan dapat mengetahui produk apa saja yang perlu di-restock, atau produk mana saja yang memiliki tinggi peminatnya, sehingga dapat di-restock kembali dalam waktu dekat. 

2. Memberikan jasa pengemasan dan pengiriman barang

Umumnya, jasa fulfillment juga akan menawarkan pengemasan dan pengiriman barang ke konsumen. Semua kegiatan pengiriman dari pemeriksaan barang, packaging, hingga pengiriman ke kurir tertentu, semuanya telah dikerjakan oleh jasa penyedia fulfillment.

Tentu saja hal ini akan menghemat biaya karyawan, di mulai dari pegawai gudang, pegawai pengemasan dan pengiriman. Dana atau biaya tersebut dapat dialokasikan ke hal yang lebih menyeluruh dan kompleks, sehingga akan meminimalisir pengeluaran.

Selain itu, jasa fulfillment biasanya digunakan oleh banyak perusahaan besar untuk mencegah adanya overload order, serta pembatalan pesanan yang disebabkan adanya human error. 

3. Melancarkan order fulfillment 

Order fulfillment adalah serangkaian pemenuhan permintaan pesanan pelanggan. Jasa fulfillment akan menangani keseluruhan proses tersebut, mulai dari penerimaan pesanan, proses pengemasan, hingga pengiriman barang.

Dengan adanya manajemen pergudangan yang baik, maka kasus kehabisan produk atau produk yang menumpuk akan sangat jarang terjadi. sehingga proses operasional dapat berjalan dengan baik, serta dana yang dikeluarkan juga tidak sia-sia.

Tentu saja secara langsung, hal di atas akan berdampak pada meningkatnya kenyamanan dan kepuasan pelanggan dalam berbelanja bersama perusahaan Sobat Lakuuu. Menggunakan jasa fulfillment merupakan salah satu bentuk investasi jangka panjang, khususnya bagi perusahaan yang bergerak di bidang bisnis penjualan.

Jasa penyedia fulfillment menawarkan solusi yang menarik bagi para e-commerce untuk mengurangi biaya yang tidak diperlukan, serta menghemat waktu serta tenaga hanya untuk menyelesaikan pesanan online dari pembeli.

Dengan menggunakan jasa fulfillment, penjual dapat berfokus pada penjualan dan mengembangkan produk dan strategi pemasaran, tanpa dibuat pusing dengan pemenuhan pemesanan pembeli.