Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
UMKM

Kampung Marketer Adalah: Desa yang Menjadi Markas Pemasar

by Lakuuu 21 December 2021

kampung-marketer
Kampung Marketer adalah social enterprise yang memiliki fokus untuk melatih pemuda desa untuk menguasai pemasaran e-commerce. Tujuannya adalah agar dapat membantu dan meningkatkan kualitas ekonomi UMKM di Indonesia.

Selain itu, tujuan lain dari kampung ini adalah untuk menahan laju urbanisasi masyarakat desa ke kota. Sebab, dampak dari urbanisasi ini adalah terhambatnya pembangunan desa. Warga yang masih produktif tidak ikut membangun.

Di lain sisi, kehidupan di kota semakin sesak dan padat. Sehingga, adanya ketimpangan ekonomi antara desa dan kota. Oleh sebab itu, pembangunan sektor ekonomi di desa sangat diperlukan.

Saat ini Kampung Marketer sudah berhasil menciptakan ratusan pemasar di bidang online yang handal. Lokasi Kampung Marketer sendiri di Kecamatan Karangmoncol, Purbalingga.

Di kampung tersebut juga membuka wisata edukasi untuk para Sobat Lakuuu di luar daerah Purbalingga. Sehingga, siapa saja dapat berkesempatan memiliki skill pemasaran yang handal.

Yang Didapat dari Kampung Marketer Adalah

Pasti banyak Sobat Lakuuu yang masih bertanya-tanya, memang apa saja yang bisa di dapat dari Kampung Marketer saat mengikuti wisata edukasinya. Jawabannya adalah sangat banyak.

Sobat Lakuuu dapat memperoleh berbagai skill dalam e-marketing di hampir sosial media populer dan mendapat basic skill untuk berbisnis. Selain itu, Sobat Lakuuu juga akan dimanjakan dengan pemandangan desa yang asri.

Meski letaknya cukup jauh dari Ibu Kota, Sobat Lakuuu tidak akan menyesal. Istilahnya adalah sambil menyelam minum air. Sobat Lakuuu dapat berlibur sambil meningkatkan skill yang saat ini sangat dibutuhkan.

Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai apa saja yang akan Sobat Lakuuu dapatkan di Kampung Marketer:

1. Digital Marketing

Pertama, yang akan Sobat Lakuuu dapatkan di Kampung Marketer adalah skill dalam digital marketing. Skill ini merupakan pokok pembelajaran yang harus Sobat Lakuuu kuasai selama di kampung ini.

Sebab, tujuan dibentuknya Kampung Marketer untuk meningkatkan skill warga desa dalam hal ini. Pengertian dari digital marketing sendiri adalah sebuah usaha untuk memasarkan atau mempromosikan produk secara digital.

Yang pastinya berbasis internet dan teknologi. Bisa melalui sosial media, website, atau media lainnya. Seperti yang diketahui bahwa saat ini pemasaran secara digital jauh lebih menguntungkan.

Mulai dari cangkupan konsumen yang lebih luas dan kemudahan aksesnya. Oleh sebab itu, skill ini diperlukan saat ini.

2. Skill Riset Produk & Copywriting

Riset produk sangat berguna untuk mengetahui jenis produk apa saja yang sedang populer saat ini. Sehingga, produk yang Sobat Lakuuu pasarkan akan laku di pasaran dan menghasilkan banyak keuntungan.

Skill lain yang akan Sobat Lakuuu dapatkan di Kampung Marketer adalah copywriting. Copywriting sendiri adalah proses penulisan yang bersifat persuasif dan mengajak pembacanya melakukan beberapa tindakan.

Misalnya untuk membeli produk yang Sobat Lakuuu pasarkan. Dalam dunia digital marketing skill ini sangat dibutuhkan untuk melakukan promosi. Sehingga, pembaca akan merasa tertarik membeli produk yang ditawarkan.

Skill ini bisa diterapkan pada media sosial seperti Instagram, facebook, twitter, dan WhatsApp. Selain itu, copywriting juga sangat dibutuhkan dalam membuat konten di website.

3. Instagram & Facebook Ads

Instagram dan facebook ads adalah media periklanan yang ditawarkan oleh kedua platform media sosial tersebut. Saat ini pengguna Instagram dan facebook mencapai ratusan juta di seluruh dunia.

Sehingga, memasarkan produk di kedua media sosial tersebut sangat menguntungkan. Sebab, dapat menjangkau lebih banyak konsumen. Sobat Lakuuu tidak perlu susah-susah promosi door to door lagi.

Tujuan pemberian skill ini oleh Kampung Marketer adalah agar proses pemasaran di menjadi lebih mudah. Pastikan juga Sobat Lakuuu sudah melakukan riset sebelumnya.

4. Penerapan Cash On Delivery (COD)

Sistem Cash On Delivery saat ini sangat banyak digunakan pada platform-platform e-commerce. Metode ini memungkinkan konsumen membayar saat barang pesanannya datang. Berbeda dengan metode lain yang mengharuskan konsumen membayar terlebih dahulu.

Ternyata, penyediaan layanan transaksi ini tidak begitu saja. Sobat Lakuuu harus memahami sistemnya.Sehingga, Sobat Lakuuu akan mengerti mengenai berbagai keuntungan dan risikonya. Serta, Sobat Lakuuu juga dapat membuat antisipasi agar tidak mendapatkan kerugian melalui sistem tersebut.

5. Membangun Tim dan KPI

Membangun tim saat menggeluti bisnis digital marketing merupakan hal yang sangat penting. Sebab, bisa menjadi wadah saling berbagi ilmu dan saling membantu dalam kegiatan bisnis tersebut.

Oleh sebab itu, salah satu yang akan Sobat Lakuuu dapatkan di Kampung Marketer adalah tim. Selain tim, Sobat Lakuuu akan mendapatkan kemampuan dalam bidang Key Performance Indicator.

KPI sangat berguna dalam sistem penggajian karyawan. Dengan menggunakan sistem ini, Sobat Lakuuu akan mengetahui performa pada setiap faktor dalam penggajian.

6. Financial Literacy

Financial Literacy adalah suatu kemampuan dalam mengelola keuangan pribadi. Sehingga, tidak bercampur dengan keuangan dalam bisnis yang Sobat Lakuuu sedang jalani. Kemampuan dalam hal ini sangat penting dalam manajemen keuangan.

Sehingga, penghasilan dari bisnis lebih jelas tanpa tercampur dengan keuangan pribadi. Dengan banyaknya keuntungan yang dapat Sobat Lakuuu dari kampung ini, maka sangat sesuai dengan jarak yang harus ditempuh. Tujuan dari Kampung Marketer adalah memberdayakan masyarakat desa.