Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

Kapan Harus Memulai Bisnis, Langkah dan Cara Memulainya

by Lakuuu Team Updated at 5 October 2022

kapan-harus-memulai-bisnis
Kapan harus memulai bisnis tergantung dari kesiapan seseorang baik dari segi keuangan dan kemauan. Rata-rata mereka memiliki keinginan namun belum tahu kapan merealisasikannya.

Terutama mereka yang bekerja sebagai pegawai kantoran, rutinitas yang itu-itu saja sering membuat jenuh. Sehingga sering menjadi dasar kenapa orang ingin memulai usaha. Selain itu upah yang diberikan tidak sesuai dengan kerja keras membuat seseorang terdorong untuk mengembangkan usaha yang lebih menjanjikan.

Inilah Waktu Kapan Harus Memulai Bisnis

Waktu yang memungkinkan bagi Sobat Lakuuu untuk memulai usaha harus menyesuaikan beberapa faktor. Memulai usaha tidak semudah membalikkan tangan, sehingga membutuhkan pertimbangan dan perencanaan yang matang. Nah, waktu yang tepat adalah jika Sobat Lakuuu:

Sudah Punya Kepribadian Seorang pengusaha

Pertama jika Sobat Lakuuu ingin memulai bisnis maka pastikan menanamkan kepribadian sebagai pengusaha. Karena pengusaha harus memiliki sikap berani mengambil keputusan, jeli melihat peluang, siap mengambil resiko, niat, percaya diri, disiplin, kuat dan pantang menyerah.

Jika Sobat Lakuuu sudah memiliki kriteria tersebut, maka sudah berpotensi menjadi pengusaha sukses kedepannya. Karena sikap pantang menyerah dapat menjadi salah satu semangat ketika mengalami kerugian.

Mempunyai Keuangan Mendukung

Ketika Sobat Lakuuu sudah mulai memutuskan untuk memulai usaha, maka Ada banyak hal yang harus dikorbankan baik waktu juga uang. Pastikan keuangan Sobat Lakuuu cukup untuk modal dan juga tanggungan keluarga agar keduanya terpenuhi. Jangan sampai dana darurat yang Sobat Lakuuu miliki untuk menambal modal usaha.

Mendapatkan Restu dari Keluarga

Kapan harus memulai bisnis, tentu tahap awal menyita banyak waktu Sobat Lakuuu. Dukungan keluarga adalah yang terpenting. Sebelum memulai usaha sebaiknya Sobat Lakuuu berunding dulu dengan keluarga sehingga usaha Sobat Lakuuu nantinya berjalan lancar. Jika Semua hal sudah terpenuhi, Sobat Lakuuu bisa langsung melakukan riset, pasar, produk dan eksekusi pembukaan usaha.

Langkah Mudah Perencanaan dan Memulai Bisnis

Sebaiknya memulai bisnis sesuai dengan keahlian dan ketertarikan Sobat Lakuuu. Sehingga nantinya Sobat Lakuuu lebih mengetahui harus seperti apa terhadap bisnis Sobat Lakuuu. Selain itu lebih mudah memecahkan solusi saat menghadapi kendala.

Tahapan yang harus Sobat Lakuuu lakukan adalah:

1. Menentukan Visi dan Misi

Pertama menetapkan bidang apa yang ingin Sobat Lakuuu geluti. Menentukan visi misi untuk memahami apa yang menjadi kelebihan dari usaha Sobat Lakuuu. Hal tersebut juga memudahkan Sobat Lakuuu saat melakukan marketing atau promosi kedepannya.

2. Melakukan Survei

Setelah mengetahui kapan harus memulai bisnis, Sobat Lakuuu harus melakukan survey untuk beberapa indikator baik konsumen, harga, pangsa pasar, lokasi dan lain sebagainya. Sehingga Sobat Lakuuu dapat menentukan berapa harga yang akan dipasang sesuai dengan survei. Harga tersebut bisa lebih murah, sedang atau malah lebih mahal.

Selain itu Sobat Lakuuu dapat mengetahui keinginan konsumen dan apa yang sedang mereka butuhkan.

3. Menyiapkan Modal

Dari hasil survei, bisa menemukan besaran modal yang Sobat Lakuuu butuhkan. Siapkan modal yang sempurna untuk transaksi.

4. Memulai Bisnis

Ketika semua telah Sobat Lakuuu persiapkan maka bisa memulai bisnis sesegera mungkin. Segera lakukan persiapan baik menghubungi pemilik lokasi yang Sobat Lakuuu targetkan serta mempersiapkan perlengkapan yang dibutuhkan. Hal ini berkaitan dengan hal yang berhubungan dengan produk maupun jasa yang akan Sobat Lakuuu tawarkan.

5. Mencatat Setiap Pemasukan dan Pengeluaran

Hal yang paling penting kapan harus memulai bisnis dan menjalankannya adalah mencatat semua aset dan pengeluaran saat memulai usaha. Sobat Lakuuu bisa melakukan pencatatan secara sederhana hal tersebut menjadi laporan Sobat Lakuuu nantinya ketika data tersebut dibutuhkan.

Sobat Lakuuu juga dapat menggunakan aplikasi akuntansi untuk pembukuan, transaksi, pencatatan hingga stok. Dengan memanfaatkan aplikasi laporan keuangan, Sobat Lakuuu lebih mudah membuatnya.

Ketika bisnis Sobat Lakuuu sudah berjalan maka Sobat Lakuuu wajib menjalankannya dan mengembangkannya. Sobat Lakuuu atur strategi berkelanjutan untuk mendapatkan bisnis yang lebih baik.

Laporan keuangan dapat membantu mencapai target yang sudah Sobat Lakuuu rencanakan. Jika target telah tercapai, Sobat Lakuuu dapat menaikkan target kembali untuk mencapai tujuan dengan lebih cepat.

Sobat Lakuuu juga harus mencatat semua biaya yang sudah Sobat Lakuuu keluarkan. Nah, dengan mengetahui kapan harus memulai bisnis, maka Sobat Lakuuu lebih matang dalam mempersiapkan segala hal dalam membangun bisnis tersebut.