Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

Ide Kartu Ucapan Sumpah Pemuda Gratis di Canva

by Lakuuu 28 October 2021

kartu-ucapan-sumpah-pemuda
Sumpah pemuda memiliki sebuah sejarah panjang serta merupakan tujuan yang sakral bagi bangsa Indonesia. Sumpah pemuda lahir karena sebuah tekad dan semangat para pahlawan Indonesia dalam mencapai kemerdekaan dan bebas dari jajahan negara asing.

Hari sumpah pemuda bertepatan setiap pada tanggal 28 Oktober. Bertepatan dengan itu, biasanya banyak orang-orang yang berbagi kartu ucapan untuk sekedar mengingatkan atau memotivasi. Cara membuat kartu ucapan sumpah pemuda melalui handphone pun tidak sulit. Sobat Lakuuu bisa membuatnya menggunakan aplikasi gratis yaitu canva.

Tidak hanya melalui handphone saja, akan tetapi Sobat Lakuuu bisa mencobanya menggunakan laptop atau PC. Canva merupakan aplikasi yang memudahkan pengguna untuk membuat desain. Canva dapat digunakan untuk membuat logo bahkan dapat digunakan sebagai alat penyunting video. Tujuan dari aplikasi canva ini supaya pengguna bisa mendesain kapanpun dan dimanapun.

Langkah Membuat Kartu Ucapan Dengan Canva

Sebelum Sobat Lakuuu ingin membuat desain kartu ucapan sumpah pemuda di canva.berikut langkah-langkah membuat kartu ucapan melalui aplikasi canva.
1. Download aplikasi canva melalui Google Play Store atau App Store
2. Buka aplikasi canva yang sudah terdownload, kemudian login menggunakan akun google, facebook, atau email. Sobat Lakuuu bisa memilih salah satu diantara ketiganya.
3. Setelah canva login, pada halaman utama canva dan pilih menu Card
4. Kemudian pada laman berikutnya bisa pilih menu Greeting Card
5. Pilih salah satu template kartu ucapan yang tersedia. Sobat Lakuuu bisa memilih template yang tersemat label free bila ingin mendapatkan yang gratis
6. Setelah memilih template, Sobat Lakuuu bisa mengedit sesuai keinginan. Sobat Lakuuu bisa menambahkan tulisan, foto atau bahkan video jika perlu.
7. Setelah proses edit selesai, klik ikon panah pada pojok kanan atas untuk menyimpan desain yang sudah Sobat Lakuuu buat.
8. Sobat Lakuuu dapat menyimpan desain tadi ke galeri atau langsung membagikannya ke sosial media.

Fitur-fitur Canva

Canva memiliki banyak sekali template siap pakai yang dapat Sobat Lakuuu gunakan. Sobat Lakuuu dapat berkreasi dengan menggunakan template yang sudah disediakan. Berikut adalah fitur-fitur yang tersedia di aplikasi canva.

1. Template siap pakai

Template siap pakai yang tersedia di canva misalnya instagram story, instagram post, dan facebook post. Fitur utama tersebut membuat banyak pengguna menyukai karena ketersediaan template yang sangat beragam. Walaupun beberapa diantaranya ada yang berbayar, akan tetapi opsi gratisnya sudah lebih dari cukup untuk digunakan.

2. Font

Selain template, canva juga menyediakan font yang beragam. Ratusan font dapat Sobat Lakuuu pilih sesuai selera. Terlebih prosedur penggunaannya pun sangat mudah dan tidak berbelit-belit.

3. Warna

Sobat Lakuuu dapat mengubah warna teks maupun background pada desain. Pilihan warna yang tersedia juga sangat beragam. Canva juga sering menyarankan opsi warna yang sedang populer.

4. Format

Dalam aplikasi canva juga terdapat fitur format sehingga Sobat Lakuuu dapat memilih untuk menampilkan teks dalam bentuk tebal, miring, atau kapital. Dalam fitur ini, pilihan perataan juga dapat Sobat Lakuuu atur sendiri.  jarak antar karakter dan barisnya pun juga tersedia dalam fitur ini.

5. Background

Nah, pada bagian ini canva memberikan tampilan agar Sobat Lakuuu dapat mengubah backgroud yang dapat dipilih dari galeri memori lokal, warna solid, filter, dan gambar yang tersedia di canva.

6. Duplikasi

Fitur yang satu ini dapat mempercepat Sobat Lakuuu untuk menduplikasi teks yang mana tinggal mengganti isi teks duplikasi dengan teks yang baru.

7. Ekstra Konten

Dalam aplikasi canva tersida tools yang memudahkan modifikasi template yang sudah ada. Biasanya tools ini tersedia untuk desain yang sudah dirancang dari awal.

8. Share dan Download

Jika Sobat Lakuuu sudah selesai dalam membuat desain, di saat bersamaan aplikasi canva ini juga akan mengunduh poster langsung ke memori lokal. Sobat Lakuuu juga bisa langsung membagikannya melalu sosial media.

Ide Kartu Ucapan Sumpah Pemuda

“Selamat Hari Sumpah Pemuda. Semoga kita generasi muda ini  menjadi generasi penerus bangsa yang lebih membanggakan bangsa”.

“Bermimpilah setinggi langit, jangan patah semangat. Selamat Hari Sumpah Pemuda”.

“Bangga bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. Bangga berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Bangga  berbahasa persatuan, berbahasa Indonesia. Selamat Hari Sumpah Pemuda”.

“Tuhan tak akan mengubah nasib suatu bangsa jika bukan bangsa itu sendiri yang mengubahnya. Bersatulah wahai pemuda pemudi Indonesia  serta ubahlah nasib negara Indonesia ini menjadi lebih baik dan mulia. Selamat Hari Sumpah Pemuda”.

“Jangan hanya kau ucapkan lantang, tapi bacalah, lalu resapi, serta rasakan setiap makna dari kalimat sumpah pemuda wahai para pemudi pemuda. Selamat Hari Sumpah Pemuda”.

Nah, itulah penjelasan mengenai ide kartu ucapan gratis di canva. Selain dari desain di atas, Sobat Lakuuu juga dapat mengkreasikan ide kartu ucapan sesuai keinginan. Semoga membantu dan dapat dijadikan sebagai sumber referensi.