Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

Jenis Kata Kunci Iklan Google Yang Terbaik

by Lakuuu Editorial 9 December 2022

kata-kunci-iklan

Pemilihan kata kunci yang tepat merupakan salah satu strategi dalam SEO atau Search Engine Optimization. Selain itu, pemahaman mengenai keyword atau kata kunci juga penting di dunia marketing. Ada beberapa jenis kata kunci iklan Google yang bisa digunakan seperti beberapa jenis keyword berikut.

Jenis Kata Kunci Iklan Google Ads

Kata kunci perlu disesuaikan agar iklan Anda bisa dilihat oleh lebih banyak pengguna. Berikut beberapa jenis keyword atau kata kunci yang perlu diketahui agar Anda bisa menentukan kata kunci yang terbaik untuk iklan Anda. 

Exact match keyword

Jenis kata kunci ini biasanya akan muncul ketika pengguna mencari dengan kata kunci yang serupa di search engine. Bisa terbuka juga apabila pengguna memasukkan pencarian dengan varian frasa yang sangat dekat dengan keyword Anda. 

Misalnya, Anda menggunakan kata kunci “Sepatu Wanita” sebagai exact match. 

Iklan Anda akan muncul ketika pengguna menelusuri search engine dengan kata kunci 

  • “Sepatu wanita” 
  • “Sepatu cewek” 

Namun, iklan Anda tidak muncul jika keyword yang dimasukkan pengguna adalah frasa lain seperti 

  • “Sepatu wanita warna merah”
  • “Sepatu wanita untuk pesta”
  • “Jual sepatu wanita”

Paham exact match keyword akan sangat membantu Anda untuk benar-benar mendapatkan pengunjung yang benar-benar tertarget. Jika Anda membutuhkan bantuan dalam hal ini, kami siap membantu Anda untuk memulai kampanye Google Ads dengan berhasil. 

Broad match keyword

Broad match keyword merupakan jenis kata kunci yang dengan jangkauan yang lebih luas. Iklan Anda akan muncul apabila pengguna mencari dengan keyword serupa, kata-kata sinonim, bentuk dasar, bentuk tunggal atau jamak, dan salah ejaan. 

Misalnya saja keyword yang digunakan adalah “sepatu wanita” 

Iklan akan tetap muncul meskipun pengguna mencari di search engine dengan kata kunci seperti: 

  • “Model sepatu wanita” 
  • “Toko sepatu” 
  • “Sepatu wanita heels”

Jenis kata kunci ini bisa Anda pakai jika ingin melakukan branding. Kata kunci yang luas ini dapat memunculkan iklan Anda tanpa perlu menggunakan banyak kata kunci.

Phrase Match keyword

Phrase match keyword adalah jenis kata kunci yang mengacu pada kata kunci penelusuran yang spesifik dengan yang ditargetkan marketing di iklan Google. Hampir sama seperti exact match, hanya saja untuk jenis phrase akan tetap muncul meskipun pengguna memasukkan tambahan kata di depan atau di belakang keyword. 

Misalnya saja kata kunci yang digunakan adalah “sepatu wanita” 

Iklan Anda bisa muncul jika pengguna memasukkan penelusuran untuk:

  • “Sepatu wanita putih” 
  • “Sepatu wanita kulit hitam” 
  • “Toko sepatu wanita” 

Iklan tidak akan ditampilkan jika penelusuran:

  • “Sepatu untuk wanita”
  • “Sepatu kets wanita”
  • “Sepatu heels wanita” 

Walau semua ini terlihat seperti rumit, tapi sebenarnya sederhana saja. Tapi jika memang Anda merasa ini rumit, kami siap membantu Anda meluncurkan Google Ads pertama Anda melalui layanan digital marketing kami. Mau chat tentang ini? Silakan chat kami melalui WhatsApp dengan klik disini.

Broad match modifier keyword

Broad match modifier keyword adalah jenis kata kunci persilangan antara broad dan phrase match. Iklan Anda akan muncul meski pengguna menelusuri dengan kata kunci sinonim atau yang relevan dengan keyword Anda. Iklan juga akan ditampilkan untuk penelusuran dengan tambahan kata atau frasa lain.

Misalnya, keyword yang Anda gunakan adalah “sepatu wanita”

Iklan Anda akan ditampilkan untuk penelusuran dengan kata kunci berikut:

  • Model sepatu wanita
  • Jual sepatu wanita
  • Sepatu kets wanita
  • Sepatu sneakers wanita
  • Sepatu untuk wanita
  • Grosir sepatu wanita
  • Supplier sepatu wanita
  • Jual sepatu wanita murah
  • Diskon sepatu untuk wanita
  • Kaus kaki dan sepatu wanita
  • Sepatu olahraga wanita

Namun, iklan Anda tidak akan ditampilkan jika penelusuran menggunakan kata kunci berikut:

  • Sepatu perempuan
  • Sneakers wanita
  • Wedges wanita 


kata kunci iklan


Negative Match Keyword

Negative match adalah jenis kata kunci yang dapat dibuat sebagai permintaan untuk menghentikan tampilan iklan. Penggunaan kata kunci ini bisa untuk memfilter kata kunci yang tidak relevan dengan kata kunci Anda atau produk yang Anda tawarkan. 

Misalnya saja kata kunci iklan yang ditargetkan adalah “sepatu wanita”. Lalu, daftar negative keyword yang dimasukkan adalah “Laki-laki” dan “Pria”.

Iklan Anda tidak akan muncul jika pengguna melakukan penelusuran untuk kata kunci berikut.

  • “Model sepatu pria”
  • “Sepatu olahraga untuk pria”
  • “Sepatu kulit untuk pria”

Kata kunci ini bisa diterapkan jika Anda fokus dengan jualan sepatu wanita sehingga tidak akan ditampilkan untuk penelusuran sepatu pria yang tidak relevan dengan bisnis Anda. 

Itulah beberapa jenis kata kunci iklan yang perlu diketahui. Menentukan kata kunci terbaik penting untuk mengoptimasi iklan Anda sehingga biaya untuk iklan tidak sia-sia. 

Memperkenalkan Layanan Google Ads Lakuuu ID

Kami di Lakuuu ID memiliki sebuah layanan digital marketing bernama Kreanifity. Layanan ini mencakup semua kebutuhan promosi digital marketing yang mencakup pembuatan website perusahaan atau toko online dan juga proses promosinya.

Untuk promosinya sendiri, kami menyediakan layanan untuk beriklan baik di Google maupun di sosial media seperti Facebook, Instagram dan yang lainnya.

Kami paham bahwa setiap individu, bisnis dan perusahaan punya target masing-masing dan ingin mencapai target tersebut secara efektif dan efisien. Oleh karena itu, melalui layanan Kreanifity, kami ingin membantu Anda mencapai hal tersebut.

Ingin melihat lebih jauh tentang layanan kami? Anda bisa cek disini. Atau jika Anda senang untuk berkomunikasi langsung dengan kami, silakan chat kami di WhatsApp.