Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

5 Kekurangan Digital Marketing dan Kelebihannya Bagi Pengusaha Online

by Lakuuu Editorial Updated at 6 November 2022

kekurangan-digital-marketing

Di era yang serba canggih, banyak bisnis yang dijalankan secara online. Bisnis online banyak diminati karena lebih cocok dengan kondisi saat ini dimana banyak yang lebih aktif di media sosial atau dunia internet. 

Dalam dunia bisnis, istilah digital marketing tentu sudah tidak asing lagi terlebih lagi bagi pengusaha online. Nah, disini akan disampaikan beberapa kekurangan digital marketing bagi para pengusaha khususnya pengusaha online.

Beberapa Kekurangan Digital Marketing

Di era sekarang ini semua orang bisa menjual apapun, dari mana pun, kepada siapa pun, hal ini tentunya karena adanya dukungan dari adanya media sosial dan teknologi. Hal ini tentunya juga mendorong suburnya tren digital marketing. 

Akan tetapi, digital marketing juga memiliki beberapa kekurangan bagi pengusaha online. Adapun 5 kekurangan digital marketing diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Tingginya tingkat persaingan

Kekurangan dari menggunakan digital marketing yang pertama ialah tingginya tingkat persaingan. Hal ini dikarenakan para pebisnis tidak hanya bersaing produk, akan tetapi bersaing dalam hal kreativitas juga. Sebuah bisnis yang memiliki kreativitas dan inovasi yang tinggi biasanya akan memenangkan persaingan pasar.

Terlebih lagi, sekarang ini adanya persaingan rangking di mesin pencari yang mana proses ini termasuk sulit jika kompetitor memiliki kemampuan lebih dalam dunia blog maupun pengembangan situs. 

Oleh karena itu, kita perlu mempersiapkan brand kita sebaik mungkin agar dapat menembus pasar digital serta terlihat lebih unggul dibandingkan dengan produk lainnya. 

2. Adanya ketergantungan pada teknologi

Kekurangan digital marketing selanjutnya ialah membuat ketergantungan pada teknologi. Digital marketing sangat mengandalkan internet dan teknologi, sehingga sangat rentan terhadap kesalahan. 

Oleh karena itu untuk bisa memaksimalkan digital marketing maka kita membutuhkan suatu pengetahuan yang luas dan menguasai media sosial dengan baik.

3. Masalah keamanan dan privasi

Selain itu, kekurangan dari menggunakan digital marketing yaitu menyangkut keamanan dan privasi. Hal ini dikarenakan pemasaran secara digital dapat membuat kita memiliki potensi terkena malware ataupun virus.

Selain terkena virus, pemasaran dengan menggunakan digital marketing juga dapat berpotensi membuat akun media sosial diretas oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu kita perlu rajin memastikan data dari konsumen disimpan dengan aman agar tidak mengalami kebocoran.

4. Melibatkan banyak aplikasi tambahan

Kekurangan digital marketing selanjutnya ialah kita perlu menggunakan banyak aplikasi tambahan agar mendapatkan hasil yang maksimal. 

Adapun aplikasi yang biasa digunakan mulai dari editing, aplikasi untuk konten produk, aplikasi media sosial yang terdiri dari banyak aplikasi, aplikasi untuk analisis, serta berbagai aplikasi lainnya.

5. Umpan balik yang negatif

Memasarkan produk atau jasa secara digital ini bisa membuat para penjual dan pembeli langsung melakukan interaksi. Jika kita melakukan kesalahan biasanya pembeli akan memberikan tanggapan yang negatif pada toko kita. Tanggapan negatif tersebut bisa memberikan dampak negatif untuk kita karena dapat menurunkan kredibilitas kita karena dapat dilihat secara langsung oleh calon pembeli

Oleh karena itu, kita harus sangat berhati-hati dan teliti agar tidak melakukan kesalahan sekecil apapun, dengan begitu pelanggan akan puas dan memberikan umpan balik yang positif.

Beberapa Kelebihan dari Digital Marketing untuk Bisnis

Selain membahas kekurangan digital marketing, selanjutnya kita akan membahas mengenai kelebihannya. Digital marketing juga memiliki banyak kelebihan yang dapat memberikan manfaat kepada para penggunanya khususnya untuk para pebisnis online. 

Adapun beberapa kelebihan dari digital marketing bagi pengusaha online, diantaranya yaitu:

1. Menghemat biaya

Melakukan pemasaran produk dan jasa secara digital dapat membuat kita menghemat biaya pengeluaran. Hal ini dikarenakan promosi di media sosial bersifat gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun. Sedangkan jika kita menggunakan pemasaran secara tradisional kita perlu menyiapkan biaya untuk mempromosikan bisnis kita.

Adapun beberapa pemasaran secara tradisional yang memerlukan biaya seperti mencetak spanduk, brosur, atau memasang iklan yang besar untuk memasang iklan pada billboard, radio ataupun TV. Oleh karena itu, menggunakan digital marketing sangat bagus untuk kita yang sedang menghemat biaya pengeluaran.

2. Dapat menargetkan calon target pasar

Selain menghemat biaya. Kelebihan lain dari menggunakan digital marketing ialah untuk menargetkan calon target pasar. Kita bisa memanfaatkan beberapa sosial media dan meminta berteman dengan target pasar kita, dengan begitu target pasar yang kita targetkan bisa dipastikan telah melihat postingan dari bisnis kita.

3. Memiliki jangkauan pasar yang luas

Sosial media dan dunia digital memiliki jangkauan yang sangat luas, sehingga jika kita memasarkan produk kita di media sosial kita akan memiliki jangkauan pasar yang luas juga. Oleh karena itu kita sangat perlu memaksimalkan iklan di media sosial dengan gencar.

4. Pemasaran yang interaktif

Kelebihan lainnya ialah adanya proses pemasaran yang interaktif antara si penjual dan si pembeli. Hal ini dikarenakan pemasaran secara digital melibatkan komunikasi dua arah secara langsung. 

Dengan menggunakan teknik pemasaran yang lebih interaktif, maka kita bisa meningkatkan minat dari pelanggan serta meyakinkan pelanggan untuk membeli produk yang kita pasarkan. Cara ini termasuk ke dalam cara yang efektif dibandingkan dengan pemasaran tradisional yang hanya dilakukan satu arah saja.

Ya, itu dia beberapa informasi yang bisa kami sampaikan mengenai 5 kekurangan digital marketing bagi pengusaha, khususnya pengusaha online. 

Selain kekurangan, kita juga informasikan mengenai kelebihannya. Hal ini dikarenakan segala sesuatu yang memiliki kekurangan pasti memiliki kelebihan. 

Nah, bagi Anda para pebisnis online yang membutuhkan digital marketing yang baik, Anda bisa menggunakan Kreafinity dari Lakuuu.id

Kreafinity akan membantu Anda dalam pembuatan strategi digital marketing yang efektif agar Anda tidak perlu repot sendiri memasarkannya! Selain itu, Kreafinity juga menyediakan layanan pembuatan website toko online!