Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
UMKM

Ini 7 Kelebihan Memiliki Website Bisnis untuk UMKM

by Lakuuu 4 November 2021

kelebihan-memiliki-website
Banyak dari para UMKM yang masih belum memahami, bagaimana website sangat membantu mereka untuk tidak hanya sekedar sebagai katalog produk atau jasa, tetapi juga untuk membangun brand awareness hingga leads yang sangat berpotensi mendatangkan keuntungan.

Selain kelebihan-kelebihan di atas, berikut 7 kelebihan lainnya dari membuat website bisnis jualan untuk para pelaku UMKM.

7 Kelebihan Membuat Website Jualan Sendiri untuk UMKM


Tidak butuh belajar dulu untuk bisa membuat website, kini sudah banyak tersedia jasa pembuat website yang menawarkan berbagai macam paket menarik yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Bagi Sobat Lakuuu yang baru saja menjadi seorang pebisnis UMKM, simak 7 kelebihan memiliki website bisnis jualan sendiri di bawah ini. 

1. Memberikan kesan yang profesional dan terpercaya

Memiliki website bisnis jualan sendiri mampu memberikan kesan yang profesional kepada calon pembeli, mengingat website merupakan tolak ukur dari pengambilan keputusan pengguna, khususnya dalam bertransaksi online.

Selain menciptakan kesan yang profesional, website bisnis juga mampu memberikan kenyamanan dan rasa percaya kepada para calon pembelinya. Mereka nyaman, bahwa setidaknya perusahaan atau bisnis tersebut memiliki “toko” nya sendiri.

Jika Sobat Lakuuu berhasil menciptakan rasa percaya kepada para pembeli, maka produk atau jasa yang ditawarkan akan memiliki potensi besar untuk terjual.

2. Menjangkau pasar yang jauh lebih luas

Konten-konten yang menarik di dalam website, seperti video interaktif dan artikel yang informatif dapat membangun brand awareness masyarakat secara luas, sehingga mampu menjangkau lebih banyak target pasar.

Konten yang di-share berulang kali di internet nantinya akan dilihat oleh lebih banyak pengguna, sehingga memperluas pasar online.

Semakin luas pangsa pasar yang dimiliki, maka peningkatan leads yang berpotensi mendatangkan keuntungan akan semakin besar. 

3. Bermanfaat dalam pengumpulan data

Hal terpenting yang harus dimiliki oleh semua pebisnis, termasuk para pelaku UMKM dalam menjalankan usahanya adalah memiliki data atau informasi pembeli.

Dengan memiliki database pembeli, sangat memungkinkan bagi Sobat Lakuuu untuk menghubungi mereka secara langsung, jika ada campaign atau produk terbaru yang akan segera diluncurkan, sehingga informasi yang disampaikan bersifat eksklusif. 

Para pembeli tentu saja merasa sangat senang karena menjadi orang pertama yang mengetahui adanya produk baru  yang akan dirilis tersebut dan bahkan tertarik untuk membelinya.

Selain memperkenalkan produk keluaran terbaru, Sobat Lakuuu bisa memanfaatkan data tersebut untuk memberikan penawaran menarik, seperti diskon, cashback hingga campaign yang akan dijalankan.

4. Bisa membuat strategi promosi sesuai keinginan

Saat Sobat Lakuuu memiliki website jualan sendiri, Sobat Lakuuu dapat membuat promosi, seperti cashback, diskon besar-besaran, gratis ongkos kirim, potongan harga pada produk tertentu, dan berbagai macam bentuk promosi lainnya.

Tentu saja, hal di atas akan beda lagi ceritanya, jika Sobat Lakuuu berjualan melalui marketplace, di mana jenis promosi yang dapat digunakan oleh para seller-nya sangatlah terbatas, dan sulit untuk membuat promosi yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

5. Memiliki Call-to-Action sendiri

Ada banyak jasa penyedia website yang kini mampu menyediakan live chat atau link yang terkonfigurasi dengan kontak perusahaan agar memudahkan para calon pembeli untuk berinteraksi, atau sekedar menanyakan hal tertentu yang berhubungan dengan produk atau jasa.

Fasilitas CTA ini juga sangat berguna dalam mempertahankan minat calon pembeli agar tetap melakukan pembelian.

Selalu ingat bahwa, pembeli sangat menyukai yang namanya kemudahan. Jika suatu website tidak memiliki fitur CTA yang memudahkan komunikasi antara pembeli dengan penjual, maka sudah dipastikan para pembeli akan mengurungkan niatnya untuk melakukan pembelian. 

6. Meningkatkan service

Service di sini tidak hanya berfokus kepada layanan customer support atau staff yang melayani quality control produk saja, melainkan juga kelengkapan dari isi website itu sendiri.

Website bisnis yang menjual adalah website yang memuat tidak hanya produk-produk unggulan saja, tetapi konten-konten yang bermanfaat.

Secara teratur, cobalah untuk membuat konten yang berisikan tentang tips dan trik, rekomendasi hal tertentu, informasi penting yang bermanfaat dalam keseharian, hingga topik atau tema tertentu yang sedang viral yang berpotensi besar untuk dimanfaatkan.

7. Dapat beriklan di Google

Memiliki website jualan sendiri juga dapat membantu bisnis Sobat Lakuuu agar dilihat oleh lebih banyak pengguna internet melalui mesin pencarian Google.

Google memiliki fitur khusus yang diberi nama Google Adwords yang memungkin para pelaku bisnis yang telah mendaftarkan namanya pada Google Business untuk mempromosikan tempat jualan atau website perusahaanya.

Google Adwords juga memiliki fitur menarik di dalamnya, di mana promosi yang dilakukan dapat disesuaikan berdasarkan target market yang diinginkan.