Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

Kenali Berbagai Jenis Diskon Yang Bikin Jualan Makin Laris!

by Lakuuu Team Updated at 5 October 2022

kenali-berbagai-jenis-diskon
Siapa yang tidak suka diskon? tentu semua orang menyukai diskon bukan? Diskon merupakan potongan harga yang diberikan penjual kepada para konsumen agar tertarik untuk membeli produk mereka. Diskon menjadi strategi ampuh yang sering digunakan untuk mendongkrak pemasaran serta promosi online. Tak hanya menumbuhkan kesetiaan pada para pelanggan, pemberlakuan diskon dipercaya dapat menjaring konsumen baru dengan jumlah yang lebih banyak.

Mengerti Jenis-Jenis Diskon Untuk Promosi Online

Diskon memang membuat penjualan produk Sobat Lakuuu menjadi laris manis dan mendatangkan banyak cuan. Namun perlu diketahui bahwa jenis-jenis diskon sangatlah banyak, berikut diantaranya:

  • Diskon presentase

Jenis diskon pertama yang paling sering digunakan adalah diskon persentase. Biasanya diskon ini digunakan pada sebuah perusahaan atau brand untuk memberikan potongan harga pada produk mereka yang tidak terlalu laris di pasaran agar menjadi cuan atau biasa disebut cuci gudang. Jenis ini juga menjadi diskon yang paling banyak menarik perhatian orang, apalagi jika persentasenya cukup tinggi berkisar antara 25% hingga 50%.

  • Diskon ongkos kirim

Diskon selanjutnya yang tak kalah menarik perhatian banyak orang adalah diskon ongkir atau ongkos kirim. Ongkir memang menjadi salah satu faktor yang menentukan jadi atau tidaknya konsumen dalam membeli sebuah barang. Sering kali ditemukan konsumen tidak jadi membeli barang akibat ongkir yang terlalu mahal dan tidak ada potongan. Diskon gratis ongkir biasnya hanya diberikan pada periode tertentu saja, seperti akhir bulan, hari kemerdekaan dan lainnya.

  • Diskon pengurangan harga

Untuk bisa mendapatkan diskon ini biasanya sebuah brand akan memberikan syarat berupa pembelanjaan dengan nominal yang telah ditentukan. Jadi setelah konsumen membeli barang dengan jumlah harga tertentu maka diskon pengurangan akan langsung diberikan. Contohnya seperti pembelian barang sejumlah 100.000 dapatkan potongan 10.000.Selain potongan harga secara langsung, diskon ini juga sering diberikan dalam bentuk voucher promosi online yang bisa digunakan pada pembelanjaan selanjutnya.

  • Diskon produk khusus/tertentu

Jenis diskon ini ditentukan langsung oleh penjual dan biasanya diberikan hanya dalam periode tertentu. Seperti sepanjang liburan natal, mendekati idul fitri atau liburan tahun baru. Diskon produk khusus juga bisa diberlakukan pada orang-orang tertentu saja, seperti penawaran khusus bagi pemilik member atau pengguna baru.

  • Diskon gratis hadiah

Diskon memang tidak melulu berupa potongan harga, melainkan bisa juga dalam bentuk pemberian hadiah. Tentu Sobat Lakuuu sering melihat tanda diskon gratis hadiah bukan? Seperti kata-kata "Beli 2 gratis 1 atau beli 5 dan dapatkan bonus hadiah gratis langsung"
Pada umumnya diskon seperti ini diberlakukan untuk event cuci gudang karena keuntungan yang ingin dicapai sudah mencukupi.

  • Diskon barter posting

Diskon ini diberikan dengan syarat konsumen harus memposting foto yang telah ditentukan oleh penjual via media sosial mereka baik Instagram, Facebook, Whatsapp atau lainnya. Contohnya seperti "repost foto ini dan dapatkan diskon 20%".
Biasanya konsumen juga harus memberikan kata-kata yang bisa menarik pelanggan baru agar berbelanja di perusahaan atau brand yang memberikan diskon. Selain mampu meraup cuan yang banyak, diskon ini dinilai ampuh dalam meningkatkan brand awareness bagi kalangan konsumen.

  • Diskon ulang tahun

Sesuai dengan namanya diskon ini diberikan kepada para konsumen yang sedang berulang tahun. Biasanya untuk mendapatkan diskon ini konsumen cukup menunjukkan tanda pengenal mereka seperti SIM  atau KTP. Penerapan promo ini bisa menciptakan kesan akrab dan personal kepada konsumen. Beberapa brand atau perusahaan yang menerapkan promo ini diantaranya seperti restoran klinik kecantikan, salon dan masih banyak lagi.