Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

Kenali Konsep Food Truck, Ide Jualan Kekinian yang Unik

by Lakuuu 9 April 2022

kenali-konsep-food-truck-ide-jualan-kekinian-yang-unik

Seiring berkembangnya zaman, ide jualan kekinian mulai menjamur di kalangan masyarakat. Ada bisnis yang sanggup bertahan. Namun tidak sedikit yang tumbang di tengah jalan.

Salah satu pembeda di antara keduanya adalah konsep yang ditawarkan kepada konsumen. Semakin menarik dan beda, potensi untuk tetap bertahan di tengah persaingan ketat semakin besar.

Belakangan muncul sebuah ide untuk jualan kekinian yang dinamakan food truck. Umumnya, konsep ini dijalankan bersamaan dengan ide bisnis kuliner. Hal tersebut tidak mengherankan sebab kuliner merupakan sektor bisnis yang ramai di kalangan masyarakat.

Mengenal Ide Jualan Kekinian dengan Konsep Food truck


Pengusaha kuliner telah menciptakan berbagai inovasi dan terobosan dengan tujuan meningkatkan pendapatan dan menciptakan peluang bisnis yang belum ada sebelumnya. Tentu hal tersebut masuk akal mengingat kehidupan manusia berlangsung dinamis dan berubah seiring berjalannya waktu. Salah satu yang sudah pasti berubah adalah preferensi konsumen dalam memilih produk kuliner.

Konsumen adalah orang-orang yang mudah bosan dan selalu menginginkan suasana baru dalam hidupnya. Ketika akan memilih produk kuliner, terkadang konsumen tidak menempatkan selera yang biasa dipakai dalam menentukan makanan. Tidak semua konsumen juga ingin menikmati makanan atau minuman dengan gaya maupun suasana yang itu-itu saja.

Hal tersebut adalah kenyataan yang harus dihadapi dan pekerjaan rumah bagi Sobat Lakuuu. Namun, di saat yang sama, hal tersebut sekaligus menjadi ide jualan kekinian yang potensial. Jalan keluar terhadap permasalahan dinamika selera konsumen akhirnya memunculkan sebuah ide yang bernama bisnis food truck.

Bisnis ini sudah mulai menjangkiti sejumlah kota besar di Indonesia. Food Trucks adalah ide untuk jualan kekinian di sektor makanan dan minuman yang dilakukan di atas kendaraan. Aktivitas jualan mulai dari memasak, menyajikan, dan menjual semua dilakukan di tempat itu.

Ada jenis food truck yang menempati tempat tertentu. Ada juga yang berkeliling dengan durasi dan jeda tertentu. Pada akhirnya, keunikan utama dari food truck adalah kehadiran kendaraan yang sekaligus menjadi tempat berjualan.

Tidak bisa ditampik bahwa perkembangan bisnis food truck bermula dari tren yang tumbuh di berbagai kota besar di luar negeri. Perkembangan tersebut kemudian mulai diadopsi oleh pelaku bisnis dalam negeri. Kota Jakarta adalah kawasan yang bisa dikatakan sebagai pionir di Indonesia, kemudian pebisnis di kota-kota besar lainnya turut mengikuti langkah serupa.

Konsep baru yang diusung oleh food truck adalah sajian baru dalam memberikan pengalaman menikmati produk kuliner. Hal tersebut dapat dilihat dari respon konsumen, ramainya pengunjung, dan waktu jeda food truck yang cepat. Dan, tentu saja variabel yang paling penting, yakni meningkatnya omset penjualan.

Tips Menjalankan Ide Jualan Kekinian Food truck


Sebagaimana bisnis, untuk menjalankan food truck dibutuhkan perhatian dan kiat yang tepat agar bisa berhasil. Tanpa melupakan kebutuhan untuk menghasilkan inovasi dan perkembangan produk, terdapat sejumlah tips yang bisa Sobat Lakuuu terapkan agar food truck mampu menghasilkan keuntungan maksimal.

1. Kenali Risiko Bisnis
Semua bentuk bisnis pasti mengandung hambatan dan risiko. Itu sudah jadi hukum alam wirausaha, tidak terkecuali food truck. Meskipun dijalankan dengan konsep yang murah dan sederhana, bisnis food truck tetap saja memiliki risiko yang harus diperhatikan agar tidak berujung pada gulung tikar.

Ide jualan kekinian food truck memiliki prospek yang baik. Namun, data dari Asosiasi Food Truck Indonesia menunjukkan bahwa 20 sampai 30 persen bisnis food truck mengalami kejatuhan setelah 2 bulan beroperasi. Penyebab kejatuhan itu paling banyak terjadi karena adanya kesulitan pengadaan bahan baku akibat kebijakan impor dari pemerintah.

Kendala dan penyebab pertama kegagalan bisnis food truck seringkali adalah pembagian antara pengusaha dan bahan baku yang sulit didapat akibat kebijakan impor pemerintah.

2. Perkuat Semangat
Meski modal bisa ditekan, kenyataannya bisnis food truck tidak bisa dijalankan dengan mudah. Untuk itulah Sobat Lakuuu perlu meningkatkan semangat ketika memutuskan untuk berbisnis dengan konsep food truck.

Semangat itu juga akan berguna ketika Sobat Lakuuu menghadapi tantangan bisnis dan pengeluaran tiba-tiba yang bisa datang kapan saja. Dengan meningkatkan semangat bisnis, food truck sangat mungkin untuk menghadirkan peluang baru dan mendatangkan keuntungan yang besar.

3. Perkuat Kualitas SDM
Salah satu masalah yang kerap dialami oleh pebisnis kuliner adalah soal sumber daya manusia. Biasanya, bisnis kuliner, termasuk food truck akan kehabisan karyawan usai musim libur Lebaran. Ketika karyawan tidak ada, maka konsekuensi paling berat adalah menutup usaha.

Masalah lainnya adalah soal keterampilan karyawan. Sebab, sebagian besar karyawan bisnis kuliner di Indonesia bukanlah orang terlatih di bidangnya. Kualitas karyawan tentu akan berdampak langsung pada kualitas produk yang dijual.

Secara umum, konsep food truck menjanjikan peluang yang menarik bagi Sobat Lakuuu. Food truck menyajikan pengalaman yang unik dan baru dalam menikmati produk kuliner.

Namun, sebelum benar-benar memulainya, perlu untuk meninjau kebutuhan dan modal yang dimiliki. Jangan sampai ide jualan kekinian yang sejatinya bagus, justru tidak berjalan sesuai dengan harapan.