Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

5 Kesalahan Saat Memulai Bisnis FnB

by Lakuuu Team Updated at 5 October 2022

kesalahan-bisnis-fnb
Apakah Sobat Lakuuu menjadi salah satu karyawan yang kini mulai suntuk karena masih ikut orang? Jika sudah mulai jenuh dengan pekerjaan tersebut tentunya memulai bisnis makanan minuman rumahan atau disebut dengan FnB (food and beverage) bisa menjadi pilihan yang tepat. Meski terbilang sederhana, jika laris manis diburu pembeli usaha ini bisa menghadirkan keuntungan lumayan besar.

Setiap hari manusia memang membutuhkan makanan, sehingga keinginan untuk membeli pastinya tetap ada. Asalkan bisa menawarkan produk makanan dan minuman yang cocok di lidah calon konsumen, sudah pasti kuliner yang dijual memiliki peminat tersendiri. Namun jika dagangan yang dijual belum memenuhi target, kesalahan bisnis kuliner pastinya ada. Berikut ini beberapa kesalahan yang mesti Sobat Lakuuu ubah.


Beberapa Macam Kesalahan Bisnis Kuliner

Banyak orang yang memiliki modal lumayan besar ingin mengembangkan uangnya dengan membuka bisnis baru. Tapi mereka sama sekali tidak memiliki rancangan yang bagus dalam memulainya. Meski uang bisa membeli apapun namun dalam dunia bisnis jika tidak dikelola bagus akan sirna secara cepat. Inilah beberapa kesalahan yang harus dihindari.

1. Ikutan Kuliner yang Tren

Memang jika dilihat dari peminat bisnis makanan minuman, menjual makanan yang tren bisa menarik pelanggan yang sedang memburunya. Hasil penjualan sudah pasti akan laris jika memang makanan dan minuman itu sedang banyak peminatnya. Namun jika dilihat dari lama tidaknya makanan dan minuman itu terjual sudah pasti akan semakin menurun.

Sobat Lakuuu tentu akan kalah dengan pebisnis lain yang sudah terkenal dulu. Untuk itu jangan sampai memasok makanan ataupun jenis minuman yang tren dalam kapasitas banyak. Lebih baik berinovasi dengan mengandalkan keunikan dari produk pribadi Sobat Lakuuu. Dijamin dengan menjual kuliner jenis baru, Sobat Lakuuu akan memiliki pelanggan sendiri.

2. Sama Sekali Tidak Memiliki Misi

Visi dalam berjualan kuliner adalah tujuan di masa mendatang, sedangkan misinya adalah cara yang dijalankan untuk menemukan tujuan dari bisnis tersebut. Kebanyakan kesalahan bisnis kuliner sama sekali tidak memiliki tujuan dalam jangka panjang. Sehingga saat bisnis sepi kebanyakan akan menutup usaha tersebut dan memilih bisnis lainnya.

Dengan memiliki visi dan misi, Sobat Lakuuu akan memiliki arah kemana bisnis ini bisa berkembang. Dengan begitu bisnis Sobat Lakuuu akan semakin fokus. Mungkin awalnya sepi jika dijalankan pantang menyerah pasti ke depan akan semakin ramai.

3. Administrasi Buruk

Meski bisnis hanya rumahan setidaknya dalam membangunnya Sobat Lakuuu juga harus menyiapkan administrasi yang jelas. Usaha tanpa memiliki administrasi pasti akan gagal karena kaitannya dengan modal dan laba. Silahkan memulai memisahkan uang pribadi dengan uang dari hasil bisnis tersebut. Dengan menjalankan secara berkala, administrasi akan menolongmu kedepannya.

Lakukan perhitungan modal dengan cermat baik dari uang masuk dan keluar juga harus jelas. Jika perlu silahkan membuat sistem promosi dengan menganggarkan dana untuk membuat selebaran, aktif di media sosial dan posting bisnis Sobat Lakuuu disana. Dijamin bisnis rumahan sekalipun akan ramai diburu pelanggan.

4. Selalu Berpikir Gagal

Meski hanya bisnis makanan minuman namun jika tidak yakin pasti akan gagal. Banyak orang yang hanya memikirkan gagal tapi tidak berusaha membangun bisnis yang dirintis dengan benar. Ini menjadi kesalahan yang sering kali dilakukan pebisnis pemula. Untuk itu silahkan mempersiapkan diri lebih dulu supaya tidak takut dalam melangkah dan menjalankan bisnis.

5. Pelayanan Buruk

Banyak pelanggan yang tidak kembali membeli makanan dan minuman karena sistem pelayanan buruk. Meski dipandang sekilas, pelayanan menjadi faktor suksesnya pebisnis dalam menjajakan dagangannya. Silahkan memperhatikan sisi pelayanan baik kurir, pelayanan di toko, bungkus makanan minuman dan kesan kepada para pelanggan.

Meski sepele jika pelayanan yang diberikan kurang maksimal juga membuat pelanggan malas datang dan membeli dagangan. Ada pepatah mengatakan pembeli adalah raja, silahkan melayani dan memberikan yang terbaik kepada mereka.

Nah, itulah beberapa ulasan kesalahan bisnis kuliner yang bisa menjadi gambaran jika Sobat Lakuuu ingin menjalankan bisnis ini. Dengan banyaknya masukan dari ulasan diatas, tentu saja akan banyak masukan berharga jika Sobat Lakuuu ingin memulai bisnis ini sekarang juga. Semoga bermanfaat bagi rekan bisnis semuanya!