Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

7 Ide Konten Instagram Reels Unik dan Kreatif

by Lakuuu Updated at 5 October 2022

konten-instagram-reels
Sejak kehadiran Instagram Reels di Tanah Air, banyak dari pengguna Instagram, khususnya datang dari para pebisnis yang secara jor-joran membuat konten Instagram Reels.

Memang, Instagram Reels yang baru saja tiba di Tanah Air itu mampu menghasilkan engagement yang tinggi. Maka tak heran, banyak orang yang memanfaatkan momentum ini untuk mendongkrak pendapatan dan meningkatkan brand awareness ke tengah publik.

Sobat Lakuuu juga ingin ikutan memeriahkan Instagram Reels ini? Berikut 7 topik konten Instagram Reels yang unik dan menarik, agar bisa meningkatkan engagement dan penjualan.

7 Ide Konten Instagram Reels


1. Behind-The-Scenes

Konten Instagram Reels yang dijamin pasti akan mendapatkan perhatian adalah BTS atau Behind-The-Scenes.

Konten Behind-The-Scenes akan menampilkan kegiatan suatu perusahaan di balik layar, sehingga hal ini meningkatkan rasa percaya kepada calon pelanggan.

Adapun Behind-The-Scenes seperti merekam kegiatan pengemasan, kedatangan produk dari supplier, proses melakukan sesuatu, hingga kegiatan sehari-hari para pegawai bisa menjadi topik konten yang menghibur untuk disaksikan.

2. Tips dan trik

Konten dengan jenis yang satu ini banyak digemari oleh para pengguna media sosial karena bersifat edukatif dan interaktif untuk dilihat.

Sobat Lakuuu bisa membuat video tips dan trik melakukan sesuatu yang masih relevan dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

3. Video tutorial

Konten Instagram Reels berupa video tutorial singkat bisa meningkatkan engagement media sosial, seperti likes, comment dan bahkan save.

Tidak hanya meningkatkan engagement, video tutorial juga mendatangkan leads yang berpotensi untuk menciptakan transaksi. 

4. Fakta mencengangkan

Salah satu konten Instagram Reels yang menyita banyak orang adalah fakta mencengangkan dari industri bisnis Sobat Lakuuu. Biasanya, fakta-fakta unik, menarik, dan yang belum diketahui oleh banyak orang akan meningkatkan engagement, khususnya dalam hal “save” konten.

5. Video edukasi

Coba buatlah video yang edukatif yang tidak hanya menghibur, tetapi para niche juga mendapatkan insight yang bermanfaat dari video berdurasi singkat tersebut.

Sobat Lakuuu bisa menyisipkan soft-selling dengan menunjukkan produk atau layanan/jasa yang dijual, sehingga seakan-akan produk Sobat Lakuuu merupakan solusi atas permasalahan mereka.

6. Before after

Konten yang menarik untuk dilihat dan juga menyita perhatian publik adalah before after. Konten jenis yang satu ini memang mampu meningkatkan engagement, serta mendatangkan leads yang berpeluang besar untuk menciptakan transaksi.

Sobat Lakuuu bisa merekam keadaan atau kondisi sebelum dan sesudah pelanggan menggunakan produk atau jasa dari Sobat Lakuuu.

Selain digunakan untuk konten yang Instagram Reels yang menarik, before after content juga merupakan salah satu bagian dari social-proof, yang akan meningkatkan trust calon pembeli.

7. Buat konten yang sedang ngetren

Salah satu cara yang bisa Sobat Lakuuu lakukan untuk mendapatkan banyak perhatian dan engagement adalah dengan membuat konten Instagram Reels yang sedang trending. Tentu saja, konten yang dibuat harus tetap relevan dengan produk yang Sobat Lakuuu jual.