Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

Landing page: Definisi, Manfaat, Contoh dan Cara Membuatnya

by Lakuuu Updated at 5 October 2022

landing-page
Jika toko online Sobat Lakuuu belum memiliki landing page, maka Sobat Lakuuu sudah kehilangan banyak pelanggan yang potensial untuk menciptakan transaksi dan melakukan proses pembelian.

Nyatanya, kehadiran landing page sangat dibutuhkan, agar niche atau target market paham dan mengetahui solusi untuk menyelesaikan masalah mereka, dan Sobat Lakuuu bisa menghasilkan banyak pundi-pundi rupiah.

Tapi, sebelumnya, jangan bilang Sobat Lakuuu tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan landing page? Tenang saja! Lakuuu akan kupas tuntas apa yang dimaksud dengan landing page, kelebihan dan manfaat, cara membuatnya hingga contoh landing page yang baik.

Apa yang dimaksud dengan landing page?

Sederhananya, landing page merupakan halaman yang berada di dalam situs itu sendiri, yang bertujuan dan memiliki mindset marketing.

Artinya, halaman tersebut dikhususkan untuk menginformasikan kepada calon pembeli, kelebihan atau keunggulan, dan benefit yang akan mereka dapatkan, jika menggunakan atau memilih layanan suatu perusahaan.

Umumnya, landing page juga berisikan sebuah data valid sebagai pendukung, serta social-proof agar target market semakin percaya untuk menggunakan produk dari merek tersebut.

Landing page ini biasanya ditampilkan, ketika seorang visitors mengakses situs dari hasil pencarian berbayar atau yang disebut dengan paid search seperti tampilan di atas.

Contoh di atas merupakan landing page yang diakses melalui paid search. Di dalamnya, akan terdapat sejumlah informasi-informasi yang bersifat persuasif, sehingga nantinya calon pelanggan tertarik dan melakukan transaksi.

Manfaat Landing page bagi perusahaan

Sobat Lakuuu, di atas sudah dikatakan, bahwa tidak memiliki landing page sama seperti kehilangan banyak jumlah pelanggan yang memiliki potensi besar untuk mengadakan transaksi. Dengan demikian, peran landing page sangat besar dalam meningkatkan pendapatan.

Setidaknya, ada dua manfaat utama dari landing page. Pertama, landing page memungkinkan Sobat Lakuuu untuk mengumpulkan sejumlah data visitors yang sangat potensial.

Nah, dari sini perusahaan bisa memberikan sejumlah penawaran menarik setiap ada campaign atau promo-promo terbatas, dengan harapan leads ini akan melakukan transaksi lagi di masa yang akan datang.

Kedua, landing page minim dengan distraksi. Tidak seperti homepage yang penuh dengan banyak katalog produk, banner promo, iklan, dan lainnya, landing page dikhususkan untuk mempercepat proses pembelian yang dirancang khusus agar minim gangguan.

Dengan kata lain, landing page memberikan pengunjung kemudahan untuk segera mengakses produk atau layanan yang hendak dibeli.

4 Langkah Membuat Landing Page Mudah dan Cepat dari WordPress

WordPress memang memudahkan para penggunanya untuk membuat, adjusting, hingga kustomisasi layout website tanpa harus coding. Nah, tidak hanya homepage, WordPress juga memungkinkan para penggunanya untuk membuat landing page dengan mudah dan cepat.

Berikut 4 tahapan membuat landing page dengan WordPress yang dilansir Niagahoster

1.    Unduh WordPress

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah tentu meng-instal WordPress. Setelah berhasil meng-instal WordPress, langkah selanjutnya adalah unduh Beaver Builder.

2.    Unduh Beaver Builder

Pasang dan lakukan aktivasi plugin Beaver Builder. Kemudian, buka menu Setting Beaver Builder untuk melakukan konfigurasi.

Klik “Enter License Key”. Lalu, masukkan kode lisensi tersebut dari akun Beaver Builder yang sudah dibuat sebelumnya.  

3.    Buat Kerangka Landing Page

Setelah siap, buka menu Pages kemudian klik Add New untuk membuat kerangka landing page. Jika Sobat Lakuuu tidak ingin ambil pusing dengan membuat kerangka dari nol, WordPress sudah menyediakan template yang bisa dimanfaatkan.

Jika Sobat Lakuuu ingin membuat landing page secara customize, klik kolom Page Attributes, lalu klik Page Builder Blank.

Kemudian, isi judul landing page di kolom judul, lalu klik Save. Agar membuka tampilan editor Beaver Builder, klik tab Beaver Builder di atas post editor. 

Beaver Builder juga memiliki beberapa pilihan template landing page yang bisa disesuaikan dengan toko online atau perusahaan Sobat Lakuuu. Setelah Sobat Lakuuu memilih salah satu template, Beaver Builder akan langsung menampilkan preview.

4.    Edit Konten Landing Page

Nah, sekarang yang butuh Sobat Lakuuu lakukan adalah dengan memilih poin-poin apa saja yang nantinya akan ditampilkan di landing page, apa saja yang perlu diedit dan yang perlu ditambahkan.  

Jika Sobat Lakuuu ingin mengurangi item kolom atau menambah kolom, Sobat Lakuuu dapat dengan mudah klik tab Row.

Untuk mengganti teks, warna, warna latar belakang, heading, tombol, audio, dan bahkan countdown timer, klik tab Module Beaver Builder dan ubah sesuai keinginan. Setelah dirasa sudah cukup puas dengan tampilan yang sekarang, klik Done.

Contoh Landing Page dari Berbagai E-commerce dan Website Bisnis

Sobat Lakuuu pasti sudah tidak asing dengan Tiket.com bukan? Tampilan landing page yang mereka miliki sangat sederhana dan user-friendly, sehingga banyak dari calon pelanggan mereka dapat dengan mudah menggunakannya.

Zalora pun juga memiliki tampilan landing page yang straight to the point dengan memberikan tab-tab promo dan katalog.