Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
UMKM

Ketahui 3 Manfaat Digital Payment Bagi UMKM

by Lakuuu 7 November 2021

manfaat-digital-payment
Fakta unik yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang adalah banyak UMKM yang kini telah go-digital dengan menyediakan berbagai macam pilihan metode pembayaran, yang tentunya tidak hanya memudahkan para pembeli, tetapi juga pelaku bisnis dalam melakukan transaksi.

Di samping itu, Pemerintah Indonesia juga mendukung gerakan pembayaran digital bagi para pelaku UMKM, dengan menggalakkan gerakan 8 juta pelaku usaha UMKM untuk bisa segera melakukan go-online.

Lantas, apa saja manfaat yang akan didapat oleh para pelaku UMKM yang menggunakan digital payment? Berikut informasinya untuk Sobat Lakuuu.

3 Manfaat Digital Payment Bagi UMKM


Banyak dari UMKM yang masih enggan dan mungkin tidak paham bagaimana pembayaran digital bekerja.

Tapi, setidaknya ada 3 manfaat yang akan didapat, baik dari sisi pembeli dan pelaku bisnis UMKM dengan memanfaatkan digital payment ini. Apa saja manfaat tersebut? Berikut informasinya.

1. Omset penjualan semakin meningkat

Sebagian besar masyarakat Indonesia kini sudah melek dengan dunia digital, begitu pula dengan penggunaan transaksi secara online.

Dilansir Paper dari Demografi UI menunjukkan bahwa pelaku UMKM yang melibatkan transaksi digital nyatanya meraup keuntungan yang tinggi sebesar 55% dengan kontribusi transaksi sebesar 1,7 triliun Rupiah per tahunnya kepada negara.

Data di atas juga sekaligus mendukung pernyataan yang menyatakan, masyarakat Indonesia kini sudah mulai nyaman menggunakan transaksi digital, daripada transaksi konvensional.

2. Proses transaksi lebih aman

Data pembeli yang menggunakan transaksi digital telah dijamin keamanannya selama proses transaksi berlangsung.

Tidak hanya pelanggan saja yang diuntungkan dengan keamanan datanya, para pelaku UMKM juga terhindar dari adanya usaha penipuan yang berpeluang dilakukan oleh para pembeli yang tidak bertanggung jawab.

Tentu saja, keuntungan di atas menyebabkan semakin banyak orang yang ingin melakukan proses transaksi pembelian dengan menggunakan alat pembayaran yang lebih modern.

3. Cepat dan mudah dilakukan

Jika transaksi konvensional mengharuskan pembeli dan penjual saling bertemu untuk melakukan transaksi, maka digital payment mendobrak permasalahan  di atas.

Dengan memangkas semua proses yang melelahkan, kini proses pembayaran modern bisa dilakukan kapan saja, dan di mana saja asalkan tetap terhubung ke jaringan internet.

Selain itu, metode pembayaran digital  juga menjadi lebih cepat, karena pembeli bisa langsung membayarkan produk atau jasa yang ia gunakan, kepada penjual hanya dengan melakukan pembayaran transfer antar bank melalui aplikasi digital payment.

Agar memudahkan proses transaksi, Sobat Lakuuu memerlukan sebuah website jualan bisnis sendiri yang telah terintegrasi dengan berbagai macam bank yang menyediakan sejumlah metode pembayaran digital.

Sobat Lakuuu bisa menyewa jasa pembuat website profesional, yang tidak hanya dapat memberikan pilihan pembayaran modern, tetapi juga segudang tools untuk melakukan marketing secara online, serta dashboard yang dapat me-monitoring dan menarik data penjualan dengan mudah.

Lakuuu adalah solusi yang tepat bagi para pelaku UMKM dalam membuat website jualan yang bisa dimodifikasi sesuai dengan keinginan. Selain itu, Sobat Lakuuu juga bisa membuat campaign dan promo sesuai kebutuhan yang tentu saja dapat meningkatkan penjualan.

Klaim website bisnis GRATIS di sini dan nikmati semua fitur menarik di dalamnya!