Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

5 Manfaat Landing Page Untuk Penjualan Online

by Lakuuu Editorial Updated at 8 November 2022

manfaat-landing-page

Landing page merupakan hal yang cukup penting diperhatikan jika akan melakukan pemasaran digital bagi produk Anda. Hal tersebut karena penggunaan landing page ini ternyata terbukti bisa menaikkan lead hingga 50%. Seperti yang diketahui, dengan semakin banyaknya halaman dari website sebuah perusahaan, kenaikan leadnya juga semakin tinggi.

Manfaat landing page itu sendiri diketahui cukup banyak sekali loh. Apa saja itu? Simak informasinya di bawah ini.

Manfaat Landing Page Bagi Bisnis Anda

Landing page ini ditujukan agar membuat orang untuk tergerak melakukan sesuatu terkait CTA (Call to Action) yang ada. Nah selain hal tersebut, sebenarnya apa saja manfaat landing page itu sendiri? 

1. Sebagai media promosi

Manfaat landing page yang pertama yaitu sebagai media promosi untuk bisa mencapai goals bisnis Anda. Hal tersebut karena cara ini dinilai sangat efektif jika dibandingkan dengan memposting promosi di website. 

Jika dibandingkan dengan website, fokus perhatian pengunjung akan terbagi sedangkan pada landing pagi pengunjung hanya fokus pada satu tujuan khusus saja dengan adanya informasi yang singkat.

Biasanya, landing page ini kebanyakan akan ditampilkan dengan informasi singkat dan padat namun memakai tulisan dengan font yang besar sehingga akan sangat menarik audiens saat melihatnya. Mungkin di benak Anda muncul kekhawatiran apakah landing page ini akan bergabung dengan iklan lainnya bahkan bergabung dengan iklan pesaing?

Jawabannya tidak, hal tersebut karena landing menjadi bagian dari website sehingga Anda dapat dengan bebas menuliskan informasi sesuai dengan yang dimiliki perusahaan Anda dan sekali lagi ditekankan bahwa landing page ini hanya berisi promosi milik Anda saja jadi Anda tidak perlu khawatir dengan adanya pesaing.

2. Berguna untuk meningkatkan conversion rate

Manfaat landing page selanjutnya yaitu bisa meningkatkan conversion rate. Conversion rate yang dimaksud di sini tidak selalu berhubungan dengan penjualan ya namun berbagai aksi yang ditunjukkan pada CTA juga bisa meningkatkan conversion rate tersebut. 

Berbagai aksi seperti membuat akun, mendaftar akun maupun kegiatan lainnya yang berhubungan dengan pengisian data form bisa dilakukan dengan landing page ini dan termasuk ke dalam strategi marketing juga.

Tahukah Anda ternyata dari 7000 bisnis yang ada kebanyakan dari mereka memiliki 10 sampai 15 landing page loh. Bukan tanpa alasan karena landing page ini sudah terbukti bisa meningkatkan prospek bisnis mencapai 55%. Sangat menarik bukan?

Hal inilah yang didapatkan dari conversion rate yang bisa memperluas prospek. Agar bisa memiliki landing page yang menarik, sebagai strategi marketing Anda juga bisa memanfaatkan keahlian dari desainer web maupun penyedia layanan penulis konten juga loh.

3. Mengumpulkan data lead

manfaat landing page

Data lead yang dimaksud disini merupakan isian seperti email, nama, jenis kelamin, usia maupun data lainnya yang bisa diisikan oleh pengunjung ketika masuk ke landing page. 

Data yang dikumpulkan ini ternyata sangat bermanfaat untuk memperkaya database. Hal tersebut karena dengan adanya data ini bisa dilakukan analisis lebih lanjut mengenai strategi marketing yang bisa dilakukan.

Selanjutnya database juga bisa bermanfaat untuk dilakukan strategi email marketing. Jadi ketika pengunjung data isian form tadi pastinya akan mengisi email yang dimiliki. Melalui email inilah perusahaan bisa mengirimkan iklan atau promosi ke kontak yang telah diberikan.

Yang juga menarik: Cara Jualan Online Untuk Pemula

4. Berfungsi untuk meningkatkan efisiensi dari iklan berbayar

Sebelum masuk ke landing page, beberapa perusahaan atau pemilik bisnis juga akan memanfaatkan iklan yang akan meneruskan ke landing page. Iklan yang dimaksud di sini bisa berupa Facebook Ads, Google Ads maupun platform iklan yang lain. Diketahui iklan ini termasuk ke dalam iklan berbayar.

Menggunakan iklan berbayar untuk mengenalkan landing page Anda tentunya akan menambah budget dan pengeluaran perusahaan. Maka, budget iklan tersebut tidak percuma, strategi yang bisa Anda lakukan adalah memikirkan cara bagaimana jika target tersebut tidak tercapai dan bagaimana jika banyak orang yang mengabaikan landing page milik Anda.

Anda tidak perlu khawatir karena jika iklan yang Anda pilih adalah Facebook Ads, karena Anda akan memanfaatkan fitur Facebook Pixel yang bisa menyimpan data dari semua pengunjung yang ada. Jadi jika pengunjung tersebut mengabaikan iklan atau landing page milik Anda, iklan tersebut akan muncul kembali atau fokus terhadap orang yang mengabaikan landing page Anda.

Cara ini dinilai termasuk cara yang sangat efisien untuk membuat seseorang melakukan CTA yang diinginkan.

5. Menambah brand awareness

Manfaat landing page selanjutnya yaitu bisa meningkatkan brand awareness dari usaha yang Anda miliki. Diketahui landing page akan membuat bisnis yang Anda miliki terlihat lebih profesional serta kredibel. Jadi dengan brand awareness ini akan membuat kepercayaan pelanggan juga bisa meningkat.

Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan menampilkan testimoni yang berasal dari pembeli sebelumnya maupun nama-nama besar yang pernah menjadi klien perusahaan. 

Testimoni, di bidang marketing, dipercaya dapat meningkatkan social proof yang bisa meningkatkan kredibilitas dari bisnis Anda. Tak lupa dengan testimoni dan kepercayaan dari para pembeli yang dimiliki harus selalu mempertahankan kualitas produk juga ya. 

Itulah beberapa manfaat landing page dalam bisnis yang perlu Anda ketahui. Ingin buat landing page menarik agar bisnismu makin melesat? Yuk segera gabung bersama Lakuuu.id!