Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
UMKM

Jangan Dianggap Remeh, Ini Berbagai Manfaat Pembukuan Bagi UMKM

by Lakuuu 18 November 2021

manfaat-pembukuan-bagi-umkm
Manfaat pembukuan bagi UMKM tentu sangat besar. Namun masih banyak orang yang menyepelekannya dengan alasan ribet atau tidak mengerti. Padahal dengan berlandaskan pada pembukuan seperti ini.
Pengembangan usaha bisa dilakukan dengan lebih mudah. Semuanya pasti setuju kalau peminat UMKM semakin meningkat saja di era modern ini. Namun tidak semua bisa mempertahankan usahanya hingga ke titik puncak.

Tidak sedikit dari pelaku UMKM yang justru malah mengalami kebangkrutan. Kesalahannya memang beragam. Namun jika dilihat penyebab utamanya, manajemen menjadi alasan utama.

Mengembangkan jenis usaha satu ini bukanlah hal yang mudah. Ada banyak sekali strategi yang harus diterapkan agar bisnis yang dijalankan bisa berjalan dengan sukses. Tentu saja menerapkan sistem pembukuan yang detail menjadi salah satu poin pentingnya.

Apa Saja Manfaat Pembukuan Bagi UMKM?

Ada alasan kenapa kami menyebut pembukuan menjadi salah satu hal yang begitu penting. Di dalam pembukuan ini tertulis progres usaha yang Sobat Lakuuu jalankan secara detail.
Jadi jika terjadi masalah, Sobat Lakuuu bisa merujuk solusinya pada buku itu sendiri. Ada banyak sekali manfaat dari sistem pembukuan seperti ini.

1. Sebagai Perencana

Pembukuan menjadi landasan bagi perencanaan usaha Sobat Lakuuu kedepannya. Dengan pembukuan yang detail, semua biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan bisa dianalisis dengan jelas.
Dengan kondisi seperti ini, tentu saja perencanaan kedepannya bisa dilakukan dengan lebih mudah. Jika tidak ada pembukuan, bagaimana mungkin perencanaan bisa dilakukan?

2. Sebagai Alat Penilaian

Manfaat lain yang bisa Sobat Lakuuu dapatkan dari pembukuan adalah alat penilaian. Semua pasti setuju kalau tingkat kesuksesan sebuah bisnis bisa dilihat dari seberapa besar jumlah produk yang mereka jual.
Untuk menganalisa hal ini, pembukuan menjadi salah satu sarana terbaiknya. Tidak hanya melihat jumlah barang yang terjual, Sobat Lakuuu juga bisa melihat total penghasilan di dalamnya.

3. Sarana Untuk Melihat Jumlah Transaksi

Manfaat pembukuan bagi UMKM adalah menjadi sarana untuk melihat jumlah transaksi yang dilakukan oleh perusahaan selama jangka waktu tertentu.
Semakin cepat Sobat Lakuuu menerapkan sistem pembukuan pada perusahaan, semakin mudah juga melihat jumlah transaksi yang dilakukan. Ini penting untuk menilai pengembangan usaha Sobat Lakuuu.

4. Alat Untuk Pengambilan Keputusan

Tidak bisa disangkal lagi, pembukuan yang tepat juga menjadi salah satu sarana untuk mengambil keputusan di dalam sebuah perusahaan. Jadi ketika Sobat Lakuuu harus mengambil keputusan yang penting di dalam perusahaan.
Pembukuan yang ada bisa menjadi salah satu pertimbangan yang kuat. Jadi keputusan yang dibuat benar-benar berdasarkan fakta, bukan hanya sekedar pendapat.

5. Mengetahui Jumlah Kerugian dan Keuntungan Perusahaan

Manfaat pembukuan bagi UMKM lainnya adalah untuk mengetahui seberapa besar keuntungan dan kerugian yang sudah Sobat Lakuuu dapatkan sebelumnya.
Hal ini bisa Sobat Lakuuu lihat secara detail dengan merujuk pada pembukuan yang sudah dibuat sebelumnya. Jika pembukuan tidak dilakukan, tentu saja range dari keuntungan dan kerugian ini sangat sulit untuk dianalisis.

6. Memudahkan Penghitungan Pajak

Keberadaan pembukuan juga memberikan Sobat Lakuuu kemudahan ketika hendak menghitung biaya pajak yang dibebankan kepada perusahaan.
Seperti kita ketahui, biaya pajak yang dibebankan sangat berkaitan dengan seberapa besar penghasilan yang didapat oleh pemilik usaha. Jika tidak ada pembukuan, bagaimana mungkin bisa memberikan nilai pajak yang tepat dan objektif?

7. Alat Untuk Mengecek Modal, Aset, Dan Hutang

Keberadaan pembukuan ini juga menjadi sarana untuk melakukan pengecekan detail terhadap hutang, aset dan modal yang dimiliki oleh perusahaan hingga titik ini.
Jadi pergerakan usaha yang dijalankan terekam dengan jelas melalui pembukuan yang dibuat tersebut. Ini sangat penting bagi Sobat Lakuuu untuk mengukur seberapa positif perkembangan usaha yang dirintis.

8. Memudahkan Pemilik Dalam Mengontrol Biaya

Manfaat pembukuan bagi UMKM lainnya adalah memudahkan pengusaha untuk mengontrol biaya yang dikeluarkan. Tentunya tahu kalau biaya di dalam perusahaan dibagi menjadi biaya produksi dan biaya operasional. Hanya dengan melakukan pembukuan yang detail Sobat Lakuuu bisa mendapatkan angka yang benar-benar tepat untuk kedua jenis biaya tersebut.

9. Sumber Informasi Untuk Manajemen

Bagi perusahaan yang sudah berkembang, pembukuan ini juga sangat bermanfaat sebagai sumber informasi bagi manajemen. Data tersebut akan menjadi rujukan apakah usaha akan tetap pada titik tersebut, dikembangkan menjadi lebih besar, atau mungkin ditutup saja karena tidak ada perkembangan sama sekali.

10. Memudah Pemilik Untuk Mendapat Pinjaman

Manfaat pembukuan bagi UMKM lainnya adalah menjadi salah satu persyaratan bagi pemilik untuk mendapatkan pinjaman modal dari bank maupun Instansi lainnya. Apabila sebuah perusahaan memiliki pembukuan yang benar-benar jelas.

Pihak pemberi pinjaman akan lebih mudah dalam menilai kualitas Sobat Lakuuu dan memberikan pinjaman dalam waktu yang cepat. Apapun jenis usaha yang dijalankan, pembukuan memegang peranan yang begitu penting.

Karenanya jangan pernah menyepelekan sistem pembukuan bagi bisnis Sobat Lakuuu. Jika diperlukan, Sobat Lakuuu bisa menggunakan jasa profesional agar Manfaat pembukuan bagi UMKM ini benar-benar bisa dirasakan.