Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

Manfaat dan Cara Membuat QR Code Untuk Toko Online

by Lakuuu Team Updated at 5 October 2022

manfaat-qr-code
Membuat QR Code saat ini diperlukan untuk kepentingan toko online. Mobile payment kini  memang telah mengalami perkembangan lebih pesat. Pada awalnya mobile payment hanya dapat dilakukan dengan layanan mobile banking.

Kini sudah dapat dilakukan melalui layanan Scan QR Code. Belakangan ini, transaksi menggunakan QR Code semakin ramai. Hal ini karena adanya perubahan gaya transaksi masyarakat yang lebih menyukai sistem digital. 

Inilah Beberapa Manfaat Membuat QR Code Untuk Toko Online

Manfaatnya akan lebih terasa untuk era modern saat ini. Kebutuhan mengenai bisnis segala sesuatunya ingin cepat dan praktis. Untuk itu ketahui beberapa manfaat QR Code berikut ini.

Meningkatkan Transaksi Penjualan

Dengan adanya scan tentunya akan terasa lebih mudah. Selain itu juga tidak memerlukan waktunya lebih lama. Bagi pelanggan, QR Code juga akan memudahkan menemukan promo produk lebih cepat.

Selain itu membantu memproses pembeliannya menjadi tidak repot. Semakin banyak pelanggan yang melakukan transaksi dengan scan tersebut. Maka semakin besar juga kesempatan transaksi terjadi pada toko online Sobat Lakuuu.

Mengingkatkan Akurasi

Menggunakan scan tentunya akan meningkatkan akurasi dalam penghitungan penjualan barang. Berbeda dengan label harga manual yang memungkinkan adanya kesalahan perhitungannya. Selain itu kemungkinan adanya selisih angka karena human error.

Membuat QR Code juga akan meminimalisir kesalahan saat menginput angkanya. QR Code pastinya akan lebih menguntungkan pemilik toko online. Selain itu, data penjualannya juga akan tersimpan pada sistem yang terpusat. Sehingga dapat menurunkan resiko kesalahan yang mungkin terjadi.

Mempersingkat Penghitungan

Menggunakan scan menjadikan waktu dalam penghitungannya lebih singkat. Hal itu karena sudah terkomputerisasi dalam sistemnya. Apabila dibandingkan dengan menggunakan penghitungan secara manual. Pastinya malah akan lebih menyita banyak waktu.

Inventory Control

Melalui sistem scan tersebut, maka proses keluar masuknya barang dan stok lebih mudah terlihat. Hal ini juga mengurangi resiko terjadinya kehilangan barang. QR Code yang fungsinya sebagai informasi barang. Sehingga lebih mudah mengetahui stok barang yang ada di gudang.

Menggunakan scan akan lebih memudahkan dalam distribusinya. Sobat Lakuuu akan memperoleh datanya dengan mudah. Mengenai produk yang sudah memiliki stok yang menipis. Sehingga dapat segera menyediakan produknya lagi.

Mudah Digunakan

Membuat QR Code menjadikan pekerjaan dalam bisnis retail lebih mudah. Bentuk dan ragam ukurannya juga akan tersedia. Tanpa perlu repot-repot lagi saat Sobat Lakuuu sedang bertransaksi. Biasanya jasa penyedia layanan scan akan menginstal harganya ke dalam sistem. Sehingga Sobat Lakuuu hanya perlu menempelkan barcode pada scanner.

Biaya Promosi Lebih Hemat

QR Code akan menjadikan upaya promosinya yang lebih efektif dan irit. Sobat Lakuuu tidak perlu menghabiskan biaya cetak ratusan lembar pamflet. Terlebih setelah memilih menggunakan QR Code. Sobat Lakuuu dapat menggunakannya sebagai promosi dalam postingan media sosial.

Meningkatkan Pelayanan

Manfaat lainnya dari QR Code akan meningkatkan pelayanan bisnis yang lebih baik. Saat ini kualitas pelayanan sebagai kunci utama memenangkan persaingan. Terlebih untuk sektor retail yang kini semakin banyak.

Pelayanan menggunakan sistem QR Code menjadikan proses pembelian lebih cepat. Hal ini akan mengurangi jumlah antrian saat akan membeli.

Cara Membuat QR Code

Dengan menggunakan QR Code akan menjadikan semuanya lebih mudah. Untuk itu ketahui beberapa cara membuatnya berikut ini. 

Merancang Fungsi Barcode

Cara membuatnya yang pertama dengan menentukan fungsi barcode yang akan digunakan. Biasanya fungsi QR Code dapat menampilkan kode yang terdeteksi dengan kamera smartphone. 

Namun kebanyakan pelaku bisnis yang menampilkan quick response code dan barcode. Hal itu sebagai metode pembayaran digital dan mencantumkan tautan tertentu. Sesuai fungsinya QR Code akan menampilkan kode untuk mempercepat prosesnya dalam hitungan detik. 

Memilih Tools Barcode

Saat ini tersedia tools barcode online yang dapat Sobat Lakuuu pilih. Hal itu sebagai metode atau cara membuat QR Code lebih cepat. Seperti halnya Kaywa, QR stuff, QRCode Monkey, Visualead, dan yang lainnya. 

Merancang Bentuk dan Opsi Konten

Barcode umumnya menampilkan garis-garis vertikal dan bisa dibaca scanner. Sedangkan quick response code dibaca dengan kamera smartphone agar dapat scan barcode-nya. Meskipun tampak sederhana, nantinya dapat merancang berbagai bentuk. Selain itu juga opsi konten quick response code. 

Menambahkan Link Website

Cara membuat selanjutnya, dengan menambahkan link situs web dari toko online. Pada quick response code tools yang memiliki opsi URL link. Sebaiknya tidak lupa untuk menambahkan tautan website. Hal itu agar dapat melakukan scan QR code lebih praktis. 

Tampilan Desain

Meskipun quick response code biasanya memiliki warna hitam dan putih. Namun pada quick response code tools generator, Sobat Lakuuu dapat merancangnya sendiri. Dengan menggunakan berbagai warna dan bentuknya. Dengan melengkapi kolom isian sesuai petunjuknya. Sobat Lakuuu dapat merancang tampilan desainnya sesuai kebutuhan bisnis.

Dengan membuat QR code Sobat Lakuuu akan memperoleh banyak manfaatnya. Tentunya akan meningkatkan akurasi dalam penghitungan penjualan barang.