Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memulai Jualan Online

by Lakuuu Team Updated at 5 October 2022

memulai-jualan-online
Saat ini, apalagi di masa pandemi banyak masyarakat memilih untuk mulai usaha sendiri dan tak bergantung pada orang lain. Ya, salah satu yang paling banyak diminati adalah melakukan usaha online. Akan tetapi, memulai usaha secara online tak semudah dengan apa yang diceritakan oleh orang lain. Tetap saja banyak tantangan yang akan Sobat Lakuuu dapatkan sehingga harus tetap diperhatikan.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan saat Mulai Jualan Online

Jika Sobat Lakuuu memang sangat tertarik untuk berbisnis secara online maka ada beberapa hal yang harus diketahui. Apa saja itu? Ini dia penjelasan yang selengkapnya:

1. Sebaiknya Gunakan Semua Platform Digital untuk Memulai Bisnis Online Tersebut

Pertama, Sobat Lakuuu harus tahu bahwa untuk melakukan bisnis online itu ada banyak tempat yang bisa dimanfaatkan. Mulai dari media sosial hingga e-commerce memiliki penggemarnya masing-masing.

Salah satu yang saat ini banyak diminati adalah marketplace e-commerce yang mana keamanannya lebih terjamin. Sobat Lakuuu juga harus sadar bahwa di Indonesia juga punya banyak pilihan e-commerce.

Oleh karena itu, Sobat Lakuuu harus memiliki sistem pengelolaan stok yang baik dan benar sehingga bisa memberikan ketersediaan secara aktual. Pelanggan menjadi tidak bingung dan lebih mudah dalam mendapatkan apa yang diinginkan.

2. Perhatikan Kemasannya Menarik

Selain itu, Sobat Lakuuu  juga harus memperhatikan kemasan dari produk Sobat Lakuuu itu menarik. Misalnya Sobat Lakuuu berjualan sepatu menggunakan kardus dengan desain yang cantik. Dengan ini, pelanggan tak akan membuang kardusnya karena terlalu cantik dan akan tetap mengingat brand sepatu tersebut.

3. Pastikan Barang Dikirim dengan Aman

Berikutnya adalah pastikan jika barang yang dipesan oleh pelanggan dikirim dengan aman sehingga selamat sampai di tempat tujuan apalagi barang pecah belah. 

Salah satu caranya adalah dengan memberikan bubble wrap, kemasan kayu untuk barang elektronik, dan memberikan tanda barang mudah pecah.

4. Jangan Lupa Buat Pelanggan Selalu Ingin Membeli di Tempat Sobat Lakuuu Lagi

Selanjutnya adalah jangan lupa untuk membuat pelanggan untuk selalu ingin membeli di tempat Sobat Lakuuu lagi. Caranya bagaimana? Salah satu caranya adalah dengan memberikan kartu promo yang bisa digunakan oleh mereka untuk membeli lagi di tempat Sobat Lakuuu.

Promo bisa berbentuk voucher diskon, voucher cashback, voucher hadiah gratis, dan lain sebagainya. Dengan hal tersebut pastinya mereka tak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk mendapatkan harga yang lebih murah, hemat, atau barang gratis.

5. Ajak Pelanggan untuk Memberikan Ulasan dan Jangan Lupa Berikan Tanggapan

Salah satu hal yang membuat orang percaya dengan toko Sobat Lakuuu adalah alasan dari para pembeli sebelumnya. Ya, apakah mereka itu puas dengan produk yang didapatkan? Apakah ada yang kurang atau mengecewakan?

Ya, dorong pelanggan Sobat Lakuuu untuk memberikan ulasan khususnya yang membeli melalui e-commerce. Jika alasannya kurang baik, tanggapi dengan fakta yang ada agar calon pembeli tak memiliki sentimen negatif sebelum membeli.

6. Berikan Respons yang Cepat dan Tanggap untuk Pelanggan

Pastikan juga Sobat Lakuuu memberikan respons yang cepat dan tanggap kepada pelanggan. Jika mereka tanya, komplain, dan lainnya harus segera ditanggapi. Ingat! kompetitor Sobat Lakuuu bukan hanya satu desa atau satu kecamatan, tapi seluruh dunia. Semakin lama maka mereka akan beralih ke kompetitor, perhatikan betul-betul!

Nah, itulah dia beberapa hal yang harus Sobat Lakuuu perhatikan saat mulai bisnis online. Karena tak ada pertemuan secara langsung antara penjual dan pembeli maka Sobat Lakuuu harus memanfaatkan semuanya dengan sangat baik. Selamat memulai bisnis online dan semoga sukses untuk kedepannya!