Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

5 Cara Meningkatkan Audience Engagement di HUT RI

by Andrea Updated at 5 October 2022

meningkatkan-audience-engagement
Setiap tanggal 17 Agustus adalah momen yang paling meriah bagi seluruh rakyat Indonesia. Berbagai lomba dan perayaan dilakukan untuk merayakan HUT RI setiap setiap tahun nya.  Banyak orang memanfaatkan momen ini untuk mempererat hubungan sosial nya dengan orang terdekat atau orang sekitar. Salah satu caranya yaitu dengan mengikuti lomba dan acara acara 17an lainnya. 
 
Kesempatan ini juga biasa digunakan oleh para pemilik bisnis online untuk mempererat hubungan nya dengan para pelanggan mereka. Karena dalam membangun dan mengembangkan sebuah bisnis, dibutuhkan peran kuat dari para pelanggan nya. Dengan membangun hubungan yang positif dan erat dengan para pelanggan, maka bisnis Sobat Lakuuu akan semakin mudah dikenal.
 
Inilah Beberapa Cara Meningkatkan Audience Engagement di HUT RI
 
Untuk menjalin hubungan antara bisnis Sobat Lakuuu dengan pelanggan, dibutuhkan trik trik tertentu, terlebih lagi dengan di momen HUT RI. Untuk itu, ketahui beberapa cara meningkatkan hubungan berikut ini.
 

Konten Interaktif

Konten media sosial akun bisnis adalah salah satu hal yang dapat menarik perhatian para pengguna media sosial, terlebih bagi para pelanggan Sobat Lakuuu. Oleh sebab itu, usahakan untuk menyebar konten konten yang menarik dan bermanfaat agar dapat di sebarkan oleh para pengguna sosial media.
 
Konten yang menarik saja tidak cukup, namun juga harus interaktif agar Sobat Lakuuu dapat berinteraksi dengan para pelanggan Sobat Lakuuu secara virtual. Contoh konten konten interaktif seperti yaitu mengadakan mini games di Instagram story atau memberikan pertanyaan menarik yang dapat membuat para pembaca penasaran. 
 
Pada 17 Agustus ini, Sobat Lakuuu bisa memberikan pertanyaan ringan yang mengetes pengetahuan para pelanggan Sobat Lakuuu dengan memberikan pertanyaan umum seputar fakta kemerdekaan Indonesia. 
  

Lomba 

Perayaan kemerdekaan Indonesia identik dengan Lomba 17-an, seperti makan kerupuk, tarik tambang, panjat pinang, lompat karung dan lomba lomba unik lainnya. Nah, di sosial media Sobat Lakuuu juga dapat melaksanakan lomba 17-an dengan cara Sobat Lakuuu sendiri. Tidak harus seperti lomba-lomba diatas.
 
Lomba yang dapat Sobat Lakuuu lakukan di akun sosial media bisnis Sobat Lakuuu seperti mengadakan permainan permainan di Instagram story atau sosial media lain nya. Lomba ini juga berkaitan dengan poin diatas, yaitu konten interaktif. 
 
Misal, Sobat Lakuuu dapat memberikan lomba cerdas cermat dengan memberikan pertanyaan dan answer box. Akun dengan jawaban yang benar dan tercepat akan mendapatkan hadiah berupa produk Sobat Lakuuu. Cara ini dapat meningkatkan engagement dan antusiasme audience Sobat Lakuuu. 
 

Promo dan Diskon

Promo dan diskon pada hari 17 Agustus adalah yang sudah biasa dan tidak asing lagi. Banyak toko bisnis online maupun offline yang memberikan diskon kepada para pelanggan nya dalam rangka memeriahkan HUT RI. Beberapa cara unik bagi para pemilik bisnis untuk memberikan diskon kepada para pelanggan nya. 
 
Salah satu contoh nya adalah memberikan potongan diskon sebesar 17% pada produk mereka, atau memberikan produk atau jasa gratis pada mereka yang berulang tahun pada 17 Agustus. Cara marketing tersebut juga dapat Sobat Lakuuu implemen di bisnis Sobat Lakuuu untuk menaikkan engagement. 
 

Giveaway 

Giveaway adalah memberikan produk atau jasa secara gratis kepada para pelanggan Sobat Lakuuu kepada beberapa orang terpilih dan beruntung. Namun, biasanya pemberian giveaway dilakukan dengan beberapa cara seperti mencari likes terbanyak, mencari komen terbanyak dan lain lain. 
 
Pastikan Sobat Lakuuu memberikan syarat syarat yang mudah dalam mengikuti giveaway ini agar para pelanggan mau berpartisipasi. Selain itu, pastikan juga bahwa produk atau jasa yang akan dimenangkan adalah produk yang bernilai dan cukup menarik bagi para pelanggan. 
 
Untuk membuat giveaway yang menarik, Sobat Lakuuu dapat memposisikan diri Sobat Lakuuu sebagai pelanggan agar dapat mengerti kebutuhan dan kemauan mereka. Dengan cara giveaway ini, akan meningkatkan engagement audience bisnis Sobat Lakuuu. 
 

Mengenal Audience

Dari semua cara cara diatas, hal yang terpenting adalah Sobat Lakuuu harus mengenal siapa audience sosial media Sobat Lakuuu. Dengan mengetahui karakter dan kebiasaan mereka, akan lebih mudah Sobat Lakuuu untuk membuat konten yang sesuai dengan interest mereka. 

Jika sulit untuk Sobat Lakuuu mengenal audience, Sobat Lakuuu dapat melakukan tanya jawab, polling atau menanyakan pendapat mereka. Dengan ini, pelanggan Sobat Lakuuu lebih akan merasa dihargai dan didengar oleh Sobat Lakuuu. Maka dengan melakukan hal konsisten seperti ini, audience engangement Sobat Lakuuu akan meningkat. 
 
Kini Sobat Lakuuu dapat mengetahui cara meningkatkan audience engagement untuk HUT RI. Banyak cara yang dapat dilakukan agar dapat menjalin hubungan yang erat dengan para pelanggan Sobat Lakuuu. Jangan lupa di coba ya Sobat Lakuuu!