Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

Cara Terbaik Untuk Meningkatkan Omset Toko Online

by Lakuuu Editorial 21 November 2022

meningkatkan-omset-toko-online

Sebagai seorang pebisnis, Anda tentu harus tahu bagaimana cara meningkatkan omset toko online dengan jitu. Menjalankan bisnis online memang mudah dan bisa mendapatkan banyak omset penjualan karena peminat toko online cukup banyak dari pembeli karena praktis. Meskipun demikian, terkadang omset penjualan toko online menurun karena satu dan lain hal. 

Oleh sebab itu, sebagai pebisnis tentu saja harus mencoba berbagai cara untuk meningkatkan omset penjualan toko onlinenya. Bagi Anda yang memiliki toko online dan masih bingung bagaimana caranya meningkatkan omset tokonya dengan jitu tidak perlu cemas. Di bawah ini adalah cara dan trik jitu meningkatkan omset bisnis online yang wajib Anda terapkan. 

Trik Jitu Meningkatkan Omset Toko Online 

Trik dan cara jitu meningkatkan omset toko online adalah :

Memperkuat Brand Produk 

Cara jitu yang bisa dilakukan untuk meningkatkan omset bisnis online adalah memperkuat brand produk Anda supaya dapat mendukung penjualan produk. Brand yang kuat tentu bisa membuat harga produk Anda lebih aman meski terbilang cukup tinggi. Hal seperti ini memang benar adanya berdasarkan fakta yang ada saat ini. 

Oleh sebab itu, Anda harus lebih memperkuat brand dengan berbagai cara yang jitu dan menarik. Salah satu contoh caranya adalah dengan membuat konten menarik, relevan serta sesuai berdasarkan trend yang terjadi saat ini. Tidak dipungkiri, dengan mengikuti trend promosi produk dengan membuat konten yang unik dan menarik adalah cara yang sangat jitu. 

Simak Juga: Cara Jualan Online Untuk Pemula

Mencari Pelanggan Lebih Luas 

Cara meningkatkan omset toko online berikutnya adalah usahakan mencari pelanggan lebih banyak. Sebagai pebisnis online tentu saja cukup akrab dengan media sosial karena bisa dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan omset bisnis online Anda. Dari sanalah Anda bisa mendapatkan dan meningkatkan omset penjualan bisnis online dengan mudah. 

Media sosial bisa mendapatkan omset berkali-kali lipat untuk bisnis Anda karena lebih mudah menjangkau konsumen secara luas. Cara mempromosikan produk melalui media sosial juga lebih efektif dan efisien sehingga Anda harus mencobanya. Cobalah melakukan Sosial Media Marketing atau SMM dengan cara memanfaatkan Facebook Ads supaya dapat meningkatkan leads, website SEO atau optimasi Instagram.

Cara lain untuk mencari pelanggan lebih luas adalah dengan menggunakan jasa digital marketing, salah satunya Lakuuu. Lakuuu.id adalah e-commerce builder dengan layanan lengkap yang akan membantu bisnis online menjangkau target pasar yang lebih luas. 

Meningkatkan Kualitas dan Inovasi Produk 

Ada banyak pebisnis yang menutup usahanya karena kerugian yang cukup besar. Nah, agar Anda mengalami hal yang sama seperti ini harus berusaha bisa meningkatkan kualitas dan inovasi produk. Tentu saja Anda harus bersaing dengan kompetitor sehingga salah satu hal yang perlu dicoba adalah memperhatikan kualitas produk agar tidak kalah dengan mereka. 

Cara meningkatkan kualitas dan inovasi produk adalah pastikan produk Anda memiliki keunikan dan karakter sendiri. Karakter produk dapat ditampilkan dari segi warna, rasa, kemasan atau apa saja yang sesuai dengan jenis produk yang Anda miliki. 

tingkatkan omset toko online

Memberikan Diskon dan Penawaran Khusus yang Menarik 

Cara meningkatkan omset toko online selanjutnya adalah coba memberikan diskon dan penawaran khusus yang menarik kepada konsumen. Cara ini terbilang cukup ampuh untuk meningkatkan omset penjualan bisnis online Anda. Anda juga harus ingat saat memberikan diskon harus menyesuaikan dengan harga pokok produksinya. 

Hal ini perlu dipertimbangkan supaya Anda tidak mendapatkan kerugian yang cukup besar. Buat program diskon yang tepat dan tidak memberatkan agar bisa meningkatkan omset penjualan bisnis online Anda dengan baik. Anda bisa menawarkan diskon di waktu-waktu tertentu, misalnya diskon akhir bulan maupun hari raya agar konsumen tertarik. 

Menerapkan Strategi Bundling 

Menerapkan strategi bundling cukup ampuh untuk meningkatkan omset penjualan Anda dengan cepat. Bundling merupakan salah satu strategi pemasaran dengan cara menyatukan dua atau lebih produk di dalam satu paket. Biasanya strategi pemasaran seperti ini bisa membuat konsumen tertarik karena merasa bisa mendapatkan banyak produk sekaligus dengan harga lebih murah. 

Meningkatkan Pelayanan Kepada Pelanggan 

Cara meningkatkan omset toko online jitu lainnya adalah meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Pelanggan mau datang lagi ke toko online Anda untuk melihat dan kemudian membeli produk lainnya jika merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Buatlah pelanggan merasa terkesan dengan pelayanan yang Anda berikan. 

Salah satu caranya adalah membalas pertanyaan atau chat yang dikirimkan oleh pelanggan di aplikasi chat. Berikan ucapan terima kasih setelah pelanggan membeli produk Anda supaya mereka merasa puas. 

Memberikan Testimoni Positif 

Testimoni merupakan salah satu modal yang tidak terhingga untuk pebisnis dalam meningkatkan omset penjualan mereka. Melalui testimoni, tingkat kepercayaan pelanggan akan semakin naik sehingga memungkinkan mereka untuk memberikan rekomendasi toko online Anda ke orang lain. Pelanggan juga akan lebih mudah dalam mengenal produk sehingga tidak perlu sosialisasikan produk Anda ke pelanggan baru. 

meningkatkan omset toko online

Melakukan Evaluasi 

Cara terakhir adalah melakukan evaluasi untuk mengukur seberapa jauh peningkatan omset penjualan Anda. Anda bisa mengetahui apa yang harus diperbaiki dan ditingkatkan demi kemajuan toko online lebih baik kedepannya sehingga toko online Anda mendapatkan omset yang juah lebih besar dari sebelumnya. 

Evaluasi jadi hal yang penting bagi pebisnis sehingga tahu apa kekurangan atau kelemahan yang ada di produk atau bisnisnya. Anda bisa memperbaiki semuanya demi mendapatkan omset penjualan yang meningkat dengan tepat. 


Manfaatkan Layanan Lakuuu

Lakuuu Id menyediakan layanan all in one digital marketing bagi pemilik toko online. Layanan dengan nama Kreafinity ini dapat membantu Anda meningkatkan omset penjualan toko online Anda. Lihat lebih detail disini.