Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Tips & Trik

Ikuti 5 Tips Ini untuk Meningkatkan Repeat Order dari Customer

by Lakuuu - 18 November 2021

meningkatkan-repeat-order
Selaku penggiat bisnis, tips meningkatkan repeat order pastinya sangat dibutuhkan untuk menambah omzet bisnis. Khusus untuk Sobat Lakuuu, kami sudah merangkumnya selengkap mungkin agar dapat dipraktikan secara langsung.

Repeat order merupakan perilaku konsumen dalam bertransaksi membeli ulang barang dari toko yang sama. Repeat order hanya akan dilakukan jika konsumen merasa suka dan cocok dengan barang yang dibeli tersebut.

Oleh sebab itu, repeat order dapat dijadikan peluang yang sangat jitu untuk meningkatkan omzet tanpa harus mencari konsumen baru setiap waktunya. Sayangnya, dalam dunia bisnis hal ini cukup sulit tercapai.

Sebab, konsumen akan terus mencari produk yang lebih baik lagi dan tentu dengan harga paling sesuai dengan kantongnya. Selain itu, mereka juga akan mempertimbangkan hal lainnya sehingga menemukan yang paling cocok.

Namun, bukan berarti mendapatkan repeat order dari customer tidak bisa diusahakan. Berikut ini kami akan memberikan tipsnya untuk Sobat Lakuuu.

5 Tips Meningkatkan Repeat Order

Seperti yang sudah disinggung di atas, saat ingin melakukan repeat order, customer akan mempertimbangkan beberapa faktor. Oleh sebab itu, Sobat Lakuuu harus memberikan produk dan layanan yang sesuai keinginan konsumen.

Berikut ini adalah tips yang sangat jitu dan pastinya dapat dipraktikkan untuk menarik perhatian customer agar melakukan repeat order.

1. Jual Barang Berkualitas Baik

Tips pertama yang harus Sobat Lakuuu perhatikan jika ingin customer melakukan repeat order adalah dari segi kualitas barangnya. Pastikan Sobat Lakuuu hanya menjual barang yang berkualitas, meski harganya murah.

Selain itu pada tips meningkatkan repeat order, jangan melakukan over claim pada proses promosi. Sebab, customer akan merasa kecewa jika nyatanya barang yang mereka terima tidak sesuai ekspektasi.

Apa lagi, jika barang tersebut benar-benar berkualitas buruk. Oleh sebab itu, Sobat Lakuuu harus pintar-pintar mencari distributor barang yang berkualitas tapi dengan harga murah.

Lihat barangnya terlebih dahulu secara langsung sebelum akhirnya dipasarkan kepada customer. Jika Barang yang dijual adalah handmade, maka pastikan dikerjakan sebaik mungkin agar hasilnya maksimal dan memuaskan.

Berikan deskripsi sesuai dengan kondisi barang sebenarnya. Untuk lebih menarik customer, Sobat Lakuuu boleh membungkusnya dengan kalimat menarik. Tapi ingat, jangan melakukan over claim.

2. Responsif Terhadap Customer

Tips meningkatkan repeat order yang kedua adalah bersikap responsif terhadap pelanggan. Dalam dunia bisnis tentu bukan hanya tentang menjual barang, tapi juga mengenai pelayanan terhadap customer.

Meski barang yang Sobat Lakuuu jual memiliki kualitas baik, namun jika tidak responsif terhadap pelanggan, maka sia-sia saja. Customer akan merasa kecewa, bahkan tersinggung jika tidak dilayani dengan baik.

Responsif artinya adalah Sobat Lakuuu merespon dengan cepat dan detail atas semua pertanyaan yang diajukan oleh customer. Gunakan perkataan yang sopan dan penuh penghargaan terhadap mereka.

Dengan begitu, customer akan merasa spesial dan dihargai. Mereka juga akan nyaman dan percaya saat berbelanja kepada Sobat Lakuuu. Jika sudah demikian, maka peluang melakukan pesanan ulang semakin tinggi.

3. Kirim Barang Customer Secepat Mungkin

Tips meningkatkan repeat order yang sangat penting berikutnya adalah dengan mengirim barang secepat mungkin. Saat customer membeli barang kepada Sobat Lakuuu, pasti mereka menunggu barangnya agar cepat sampai.

Jika pengiriman dilakukan terlalu lama dan bahkan melenceng dari jadwal seharusnya, mereka akan kecewa. Bahkan, tidak jarang memberikan rating yang buruk terhadap toko Sobat Lakuuu.

Oleh sebab itu, usahakan mengirim barang pesanan secepat mungkin. Jika memang ada kendala di luar rencana, maka Sobat Lakuuu bisa mengatakannya kepada customer agar mereka memahaminya.

Jangan sampai tidak sama sekali tidak ada kabar dan sulit dikonfirmasi oleh pelanggan. Saat ini, kecepatan pengiriman menjadi tolok ukur dalam penilaian di berbagai e-commerce. Semakin cepat pengiriman, maka semakin baik toko tersebut.

4. Harga Barang Harus Kompetitif

Dalam membeli barang, harga merupakan faktor penting yang dipertimbangkan oleh customer. Mereka akan membandingkan harga barang yang sama dari toko berbeda. Jika harganya terlalu mahal, maka akan dihapus dari list.

Oleh sebab itu, pastikan Sobat Lakuuu mengikuti tips meningkatkan repeat order satu ini. Buat harga yang kompetitif dengan toko lainnya. Kalau bisa lebih murah, tapi jika tidak bisa maka jangan memasang harga terlalu jauh dari pesaing.

Jika harga yang ditawarkan terus kompetitif, maka bukan hal yang tidak mungkin customer akan membeli ulang barang tersebut kepada Sobat Lakuuu. Bahkan, mereka bisa merekomendasikannya kepada orang lain.

5. Berikan Bonus untuk Pelanggan

Agar membuat pelanggan lebih spesial, maka Sobat Lakuuu dapat memberikan bonus berupa barang ketika mereka membeli barang tertentu. Bonus barang ini sering disebut sebagai freebies.

Usahakan memberi freebies yang fungsional dan bermanfaat untuk customer meski harganya murah. Mereka akan sangat senang dan merasa spesial saat berbelanja di toko Sobat Lakuuu.

Bahkan, besar kemungkinan customer akan melakukan repeat order lagi dan lagi, selama pelayanan freebies masih tersedia. Tidak hanya itu, mereka juga akan melihat barang lainnya yang ada di toko Sobat Lakuuu dan bisa jadi membelinya juga.

Membuat customer melakukan repeat order memang tidak mudah. Tetapi dengan tips meningkatkan repeat order di atas, peluangnya akan semakin tinggi dan menguntungkan.
Bagikan artikel

Artikel Terkait

foto-produk-fashion-yang-menarik
Tips & Trik
Perhatikan 7 Hal Penting Ini Untuk Mendapatkan Hasil Foto Produk Fashion yang Menarik
Sobat Lakuuu, cara terbaik untuk meningkatkan penjualan bisnis selain melakukan branding adalah dengan menghasilkan foto produk katalog yang mampu ...
memilih-nama-dan-logo-brand-bisnis
Tips & Trik
Tips Memilih Nama dan Logo Brand Bisnis Kamu
Ketika kita hendak membangun suatu bisnis, salah satu langkah awal yang harus dilakukan adalah menentukan nama dan logo dari bisnis...
rahasia-sukses-berjualan-di-website
Tips & Trik
Kupas Sampai Tuntas 5 Rahasia Sukses Berjualan di Website
Sobat Lakuuu tertarik dengan bisnis perniagaan online? Sudah tahu belum rahasia sukses berjualan di website? Atau malah ...
membuat-copywriting-terlihat-menarik
Tips & Trik
5 Cara Agar Membuat Copywriting Terlihat Menarik
Perlunya membuat copywriting terlihat menarik. Copywriting adalah kegiatan menulis teks yang digunakan untuk ...