Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Apakah Tepat Mendapatkan Modal Usaha Melalui Crowdfunding?

by Lakuuu Team 22 October 2021

modal-usaha-melalui-crowdfunding
Bagi Sobat Lakuuu yang memiliki minat yang tinggi terhadap dunia financial technology atau fintech, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Crowdfunding, bukan?

Crowdfunding menjadi alternatif pendanaan yang terbilang efektif, khususnya bagi para pelaku usaha yang ingin membangun bisnis atau menjangkau lebih banyak market.

Tapi, apakah Crowdfunding menjadi langkah yang tepat untuk mendapatkan pendanaan bagi para pelaku usaha? Simak informasinya berikut ini!

Latar belakang Crowdfunding

Photo by Karolina Grabowska from Pexels
Hal utama yang harus ada bagi pelaku bisnis adalah modal yang cukup untuk membangun usaha yang diinginkannya, betul?

Biasanya, para pelaku bisnis akan pergi ke bank konvensional untuk mendapatkan pinjaman modal usaha, yang nantinya akan digunakan untuk mengelola dan mengembangkan bisnisnya. 

Tapi sayangnya, pinjaman modal usaha di bank memiliki persyaratan yang rumit, serta prosesnya yang memakan waktu yang cukup lama.

Di samping itu, adanya suku bunga yang tinggi menjadi penyebab lain, kenapa banyak pelaku usaha yang enggan untuk melakukan pinjaman ke bank.

Agar para pelaku bisnis ini bisa mendapatkan modal dengan cepat dan tanpa dikenakan bunga yang tinggi, maka munculah satu pendanaan alternatif yang diberi nama dengan Crowdfunding.

Konsep dari Crowdfunding adalah memanfaatkan sistem kolektif. Di mana, para investor yang terdiri dari berbagai individu akan menanamkan modalnya pada bisnis yang mereka pilih secara online melalui website.

Cara Kerja Crowdfunding

Photo by Ketut Subiyanto from Pexels
Para pelaku bisnis cukup mendaftarkan nama dan kategori bisnis yang dikelola. Kemudian setelah selesai verifikasi, platform Crowdfunding akan menginformasikan kepada para investor adanya bisnis baru yang membutuhkan modal.

Siapapun investor yang tertarik dengan bisnis tersebut, nantinya akan mengirimkan sejumlah dana ke platform Crowdfunding.

Jika modal sudah terkumpul sesuai dengan angka yang ditentukan, maka dana dari pemilik modal akan cair ke rekening pelaku usaha. Bagaimana? Sangat mudah, bukan?

Tapi ingat! Di dalam platform Crowdfunding terdapat puluhan bahkan ratusan usaha yang memiliki visi misi menarik, target market yang berpotensi, serta didukung dengan produk yang berkualitas tinggi.
Jadi, cobalah untuk membuat presentasi yang menarik, agar mampu memikat hati para investor.

3 Keuntungan Crowdfunding


Setidaknya, ada 3 keuntungan lain yang didapat dari para pelaku usaha, jika menggunakan Crowdfunding. Apa saja kah itu?

1. Mudah dan Menghemat waktu

Umumnya, mencari investor akan memakan waktu berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun lamanya.

Itulah sebabnya, kenapa banyak para pelaku usaha yang memerlukan waktu yang cukup lama untuk bisa memulai atau bahkan mengembangkan bisnisnya.

Dengan adanya Crowdfunding, mendapatkan investor semudah membalikkan telapak tangan.

Semua investor berada di dalam satu tempat. Siap memberikan suntikan modalnya untuk para pebisnis yang memiliki konsep unik dan menarik.

2. Mendapatkan Investor yang Tepat

Sebelumnya sudah dijelaskan, agar menarik perhatian para investor, menyiapkan bahan presentasi yang menarik perlu dilakukan.

Nantinya, presentasi itu akan dilihat dan dibaca oleh para investor yang memang memiliki minat tinggi terhadap kelangsungan bisnis tersebut.

Investor yang tepat dan memiliki harapan yang tinggi terhadap suatu bisnis, tentu akan menciptakan koneksi dan relasi yang baik, karena kedua belah pihak memiliki visi misi yang sama.

3. Kesempatan Emas untuk Melakukan Perkenalan Bisnis

Tidak hanya mendapatkan investor yang tepat, Crowdfunding juga bisa menjadi ajang untuk memperkenalkan produk atau jasa dari bisnis yang sedang dibangun.

Satu sisi, ini bisa menjadi peluang emas untuk menjangkau lebih banyak orang bagi para pebisnis yang hendak memperluas wilayah pasarnya.

Lagi dan lagi, mengemas presentasi yang baik harus dilakukan, agar para calon pemberi dana dapat mengetahui lebih dalam mengenai bisnis tersebut, serta langkah-langkah perkembangannya.

Apakah Crowdfunding langkah yang tepat untuk bisnis?


Mengandalkan pinjaman modal usaha di bank dengan suku bunga yang tinggi, nampaknya bukan menjadi opsi yang menguntungkan.

Dengan adanya opsi alternatif, yaitu Crowdfunding tentu akan memudahkan para pelaku usaha untuk mempercepat proses pendanaan.

Di samping itu, persyaratan yang mudah, cepat, serta suku bunga yang kompetitif menjadi alasan kenapa Crowdfunding menjadi pilihan terbaik untuk mendapatkan modal.