Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

Top 3 Online Payment yang Sering Digunakan di E-commerce

by Lakuuu Updated at 5 October 2022

online-payment
Diketahui, tingginya transaksi yang dilakukan secara online, khususnya di e-commerce membuat sistem pembayaran juga mengalami inovasi dan kian mempermudah para pelanggan dalam hal bertransaksi.

Selain menggunakan jenis pembayaran kartu kredit, ada beberapa pilihan metode pembayaran yang disediakan oleh e-commerce sebagai salah satu layanan untuk memfasilitasi segmen pasarnya yang terdiri dari berbagai kalangan.

Tapi, dari sekian banyaknya metode pembayaran yang disediakan, setidaknya ada 3 jenis pembayaran favorit yang kerap digunakan di e-commerce karena tingkat keamanan dan aksesibilitasnya yang mudah. Apa saja metode-metode tersebut? Berikut informasinya untuk Sobat Lakuuu.

1. Transfer bank

Tidak diragukan lagi transfer bank menjadi salah satu metode pembayaran yang kerap digunakan oleh para pelanggan dalam berbelanja melalui e-commerce. Tidak hanya convenient digunakan, tetapi prosesnya yang terbilang gampang menjadi alasan kenapa transfer bank umum digunakan.

Umumnya, transfer bank ini bisa diakses bagi nasabah yang sudah mengaktifkan internet banking atau mobile banking, sehingga mereka bisa melakukan pembayaran tanpa harus ke bank dan mengantre seharian.

Terlepas dari keamanannya dan proses pembayarannya yang mudah, memilih metode pembayaran transfer bank di e-commerce umumnya memerlukan manual confirmation, di mana saat proses pembayaran selesai, Sobat Lakuuu harus mengirimkan bukti pembayaran ke pihak e-commerce.

2. Virtual Account

Virtual Account adalah sederetan nomor rekening bank virtual berbentuk nomor ID yang tidak nyata. Nomor ID yang tertera pada VA umumnya dibuat oleh bank yang dipilih oleh pengguna, agar mempermudah proses pengecekan dana.

Tentu saja, nantinya setiap pelanggan akan mendapatkan nomor ID atau nomor virtual yang berbeda-beda. Nomor ID tersebut juga akan berubah pada setiap transaksi yang berbeda, walau menggunakan akun pelanggan yang sama.

Pelanggan cukup memasukkan deretan nomor tersebut, dan sistem secara otomatis akan menampilkan nama pelanggan, dan jumlah nominal yang harus dibayarkan.

Setelah pembayaran selesai, pelanggan tidak perlu mengirimkan bukti pembayaran ke penjual, karena penjual akan mendapatkan notifikasi secara otomatis bahwa pembayaran telah berhasil dilakukan.

3. Kartu kredit

Metode pembayaran terakhir yang menjadi pilihan favorit para pelanggan e-commerce adalah kartu kredit. Hal ini bukan tanpa alasan. Banyak dari pihak e-commerce memberikan potongan harga khusus bagi para pemegang kartu kredit dari bank-bank tertentu.

Selain itu, e-commerce juga sering memberikan promo cicilan bunga 0% kepada seluruh pemegang kartu kredit. Ini juga yang menjadi salah satu faktor, kenapa banyak orang yang ingin memiliki kartu kredit dan dapat berbelanja tanpa bunga melalui e-commerce.